Header Ads

Keindahan Pantai Sendiki Merupakan Surga Tersembunyi Nan Cantik Di Kota Malang

Malang terkenal sebagai salah satu tujuan wisata dengan pilihan yang tak terbilang. Hampir semua jenis objek wisata ada disini. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi, hingga wisata mistis.


Pantai Malang - Destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Malang adalah wisata pantai. Malang diberkahi dengan garis pantai yang panjang, membentang hampir 77 km. Salah satunya adalah Pantai Sendiki.

Menurut data Pemerintah Daerah Kabupaten Malang, terdapat 14 pantai yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Malang dan telah dikelola baik oleh Pemerintah Daerah maupun Masyarakat Setempat.


Cobalah Pantai Sendiki.

Pantai di bagian selatan Malang ini menawarkan semua itu. Pantai pasir putih yang asri dan menawan namun sepi dan butuh perjuangan untuk mencapainya.

Pantai Sendiki memiliki keindahan yang sangat menakjubkan, dan yang paling penting, masih asri, bersih dan SEPI. Pantai dengan hamparan luas pasir putih halus serta pantai berbatu di beberapa bagian menjadikan pantai ini tempat yang nyaman untuk menghilangkan segala kepenatan.


Seperti halnya pantai lain yang ada di bagian selatan Pulau Jawa, dengan ombaknya yang terkenal besar dan deras, Pantai Sendiki kurang cocok untuk dijadikan tempat untuk berenang. Namun untuk sekedar bermain air dan bercengkerama di pinggir pantai masih dapat dilakukan.


Hal lain yang menjadikan Pantai ini menarik dan bikin betah adalah hutan lebat yang mengelilingi pantai. Ini membuat kondisi di sekitar pantai tidak terlalu panas, tidak seperti pantai lain yang hanya ditumbuhi tanaman perdu di sekitar pantai.


Mitos Pantai Sendiki

Menurut warga sekitar, pantai ini dahulu ditemukan oleh 4 orang sahabat. Tiga diantara mereka setuju untuk membagi lahan tersebut dengan cara menancapkan patok kayu sebagai penanda wilayah. Sementara orang terakhir, bernama Mbah Singo Lelono, merasa bingung untuk memilih wilayahnya. Ia kemudian bertanya kepada 3 temannya “Punyaku Seng Ndi Iki?”.

Akhirnya, dengan kesal Mbah Singo Lelono menancapkan patok kayu di sekitar pantai yang saat ini dikenal dengan nama Pantai Sendiki. Entah benar atau tidak cerita itu, tidak ada yang bisa memastikannya. Namun bila anda berjalan ke arah kiri pantai, anda akan menemukan sebuah makam batu dengan tulisan “Singo Lelono” yang dianggap leluhur oleh warga sekitar.


Lokasi Pantai Sendiki Malang

Pantai Sendiki terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Tamban (berjarak sekitar 2km).

Jadi, apabila anda datang ke Tambakrejo, anda dapat mengunjungi 2 pantai sekaligus.


Dari pusat Kota Malang, tempat liburan ini berjarak 68 km yang dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan.


Rute Jalan Menuju Pantai Sendiki

Untuk mencapai Pantai Sendiki, belum ada kebdaraan umum yang melintasi. Jadi satu-satunya cara untuk mengunjunginya adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Rute yang digunakan jika anda berangkat dari Kota Malang adalah Kota Malang menuju Pakishaji. Dari Pakishaji lanjut ke arah Kepanjen kemudian Gondanglegi. Dari sini lanjutkan perjalanan ke arah Turen hingga Sumbermanjing Wetan. Dari Sumbermanjing Wetan, anda dapat mengikuti jalur jalan menuju Pantai Tamban di daerah Tambakrejo.


Tiba di kawasan Pantai Tamban, perjalanan dilanjutkan dengan menuruni jalan hingga anda menemukan pertigaan. Dari pertigaan tersebut, ambillah arah ke kiri. Tidak jauh dari pertigaan terdapat pos kamling dari bambu. Dari pos kamling ini, pilihlah jalan ke arah kanan.


Tantangan utama menuju Pantai Sendiki dimulai dari pos kamling ini, karena jalan yang akan anda lalui hanya muat untuk sepeda motor. Jadi anda yang menggunakan mobil, sebaiknya menitipkan kendaraan anda di rumah penduduk. Selain hanya bisa dilalui sepeda motor, kondisi jalan pun agak rusak, bahkan di beberapa bagian masih berupa tanah merah berlumpur yang licin ketika musim penghujan. Setelah berjalan sekitar 3 km, maka anda akan tiba di Pantai Sendiki.


Harga Tiket Masuk Pantai Sendiki

Setiap pengunjung yang datang ke Pantai Sendiki dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000 per orang ditambah biaya parkir sebesar Rp. 5.000 per motor (Rp. 10.000 jika anda menginap).

Fasilitas di Pantai Sendiki

Sebagai objek wisata yang masih baru (dibuka untuk umum pada tahun 2015), pengelolaannya masih dilakukan oleh pemerintah dusun setempat.

Meski begitu, memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti toilet, mushola, pemandian umum, camping ground hingga warung-warung warga yang menjual makanan dan minuman, dan semuanya tertata dengan baik.


Masyarakat setempat pun bekerja sama menjaga dan mempercantik Pantai Sendiki. Hal ini dapat dilihat dengan adanya pos jaga, ayunan kayu dan gazebo sebagai tempat berteduh. Bahkan saat ini pengelola pantai menyediakan penginapan berupa cottage kecil di atas pohon sekitar pantai.


Hotel Yang Terdapat Di Sekitar Pantai Sendiki

Bagi wisatawan luar kota yang ingin mengunjungi Pantai Sendiki, ada beberapa hotel/penginapan yang dapat anda pilih sebagai tempat transit maupun beristirahat.

Beberapa diantaranya adalah:

  1. Homestay Sendang Biru, Jl. Sendang Biru RT. 27 RW. 03, Desa Tambak Rejo, Kec. Sumber Manjing Wetan, Kab. Malang 65176.
  2. Home Stay Berkah Alam, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur. No telepon: 082234632562
Bercamping Ria Di Pantai Sendiki
Bagi anda yang ingin berlama-lama menikmati keindahan dan ketenangan Pantai Sendiki, anda dapat bermalam disini dengan ber-camping. Dengan luas dataran yang lumayan lapang dan cukup jauh dari bibir pantai, ada banyak spot yang dapat anda gunakan untuk mendirikan tenda dengan aman.

Untuk urusan ini anda tidak perlu khawatir, jika anda tidak membawa tenda anda dapat menyewa kepada pengelola dengan membayar Rp. 75.000 (tenda kapasitas 4-5 orang).


Namun kalau anda membawa tenda sendiri, anda akan dikenakan biaya buka tenda sebesar Rp. 20.000.


Penulis: Irvan | Native Indonesia
Diberdayakan oleh Blogger.