Header Ads

Inilah 5 Objek Wisata Populer di Tana Toraja Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Mengunjungi tempat-tempat wisata yang sudah biasa berada di daerah indonesia tengah pasti cukup sering dilakukan oleh banyak orang, Bagaimana jika kita mengulas dan meninjau ada apa sajakah di pulau sulawesi yang lebih tepatnya di Toraja. Tana Toraja memiliki tradisi yang unik dan ke indahan alam nya yang luar biasa, kekayan budaya yang dimiliki membuat Tana Toraja menjadi maknet tersendiri dalam masalah Objek Wisata.


Wisata Tana Toraja - Wisatawan banyak yang datang ke Tana toraja selain ingin melihat ke indahan alamnya, juga ingin melihat tradisi yang berbeda, tradisi upacara adat, seperti Pernikahan Rambu Tuka dan upacara kematian Rambu Solo, bagi anda yang ingin menikmati objek wisata tana Toraja di sarankan datang ketempat ini pada bulan Desember, karna di bulan ini banyak sekali pertunjukan yang diu suguhkan.

Namun tak hanya itu saja masih banyak objek wisata Tana Toraja yang perlu anda ketahui, berikut dibawah inilah sedikit ulasan dan penjelasanya.

Tradisi Ma’nene
Tradisi ini adalah tradisi khas Tana Toraja, yang juga masuk kedalam 5 objek wisata populer tana toraja yang mendunia, yang unik dari tradisi ini adalah pembersihan dan mengganti baju mayat leluhur Tana Toraja, yang berlokasi di Toraja Utara.

Masyarakat di sekitar yang lebih tepatnya di baruppu mempercayai leluhur wajib di hormati, leluhur tetap akan berhubungan dan mengamati dari alam lain. Tradisi ini di lakukan pada bulan Agustus pada kurun waktu 3 tahun sekali

Upacara Rambu Solo
Masyarakat pada umumnya tidak melakukan upacraa ritual kematian, bila anda ingin menyaksi upacaar ritual kemataian bisa datang ke Tana torajadan melihat, Upacara Rambu Solo yang merupakan objek wisata populer di Tana Toraja.

Orang Toraja percaya bahwa orang yang meninggal adalah orang yang sedang sakit. Oleh sebab itu, orang yang telah meninggal tetap dirawat dan diperlakukan seperti orang hidup. Mereka masih menyediakan makanan, minuman, rokok, dan segala macam keperluan lainnya.

Upacara Rambu Solo ini adalah upacara kematian masyarakat Toraja yang penuh dengan aturan adat dengan rangkaian kegiatan serta biaya yang banyak. Ada juga acara pemotongan babi dan kerbau hingga 100 ekor. Harga upacara ini diperkirakan sekitar 500 juta sampai satu miliar rupiah.

Kete Kesu
Kete Kesu merupakan salah satu objek wisata yang ada di tana toraja, yang terletak di desa adat Tana Toraja Utara , yang berjarak kurang lebih 4 km dari Ratenpao. Di sini anda dapat menikmati rumah tongkonan Toraja.

Di tempat ini juga anda akan menemukan situs peninggalan Purbakala, yang berupa kuburan batu.

Yang unik dari desa ini adalah adanya peti mati yang menyerupai bentuk perahu di tebing paling atas Kete Kesu. Di sana ada banyak tengkorak dan tulang belulang manusia yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Londa
Komleks makam tebing batu toraja yang di sebut Londa ini, juga meru
pakan Objek wisata populer yang ada di Tana Toraja , yang berjarak kurang lebih 7 km dari Rantepao. Di sana ada banyak oa atau lubang di tebing yang dipahat untuk meletakkan peti mati. Penempatan peti mati pun disesuaikan dengan aturan adat, yaitu sesuai garis keturunan.

Batutumonga
Selesai menikmati tradisi unik Tana Toraja saatnya menikmati Objek wisata populer di tana toraja lainya, yaitu wisata alam lereng Gunung Sesean. Di tempat ini anda dapat melihat Tana toraja dari ketinggian, lokasi ini berjarak cukup jauh dari Rantepao jaraknya 24 km. Udara yang sejuk di Batutumonga juga tentu akan mampu membuat suasana menjadi lebih tenang dan nyaman.

Nah Inilah 5 Objek Wisata Populer di Tana Toraja Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Penulis: Travel Aja

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.