Header Ads

Mengintip Lebih Dekat Kemegahan Masjid 99 Kubah, Tempat Paling Rekomendasi Saat Berkunjung Ke Makassar

Meski masih proses pembangunan, Masjid 99 Kubah sudah menjadi buah bibir di kalangan netizen. Foto keelokan masjid yang didesain Ridwan Kamil ini beredar di dunia maya dan membius siapa saja yang melihatnya. Seperti apa gaya arsitektur masjid yang unik lagi cantik ini?

Wisata Religi - Dalam sebuah foto yang diunggah akun Instagram @unearthedname, cantiknya masjid 99 kubah begitu menakjubkan. Keindahannya makin memesona ketika cahaya sunset meneduhkannya. Puluhan kubah bak berbaris simetris menuju puncak kubah inti yang terbesar. Warna jingga masjid begitu senada dengan warna langit di kala matahari terbenam.

Foto tersebut kemudian direpost banyak akun, baik akun pribadi maupun media. Salah satu yang mengunggah ulang foto cantik ini yakni sang arsitek masjid, Ridwan Kamil. Gubernur Jawa Barat tersebut bersyukur karena masjid 99 kubah akan segera rampung dalam waktu dekat.

ALHAMDULILLAH, Masjid Raya Provinsi Sulawesi Selatan sudah mendekati rampung. Semoga selesai sesuai jadwal. Salam hangat untuk masyarakat Sulsel dari masyarakat Jawa Barat,” tulis akun @ridwankamil, beberapa hari lalu.

Gaya Arsitektur yang Unik
Saat ini, masjid yang berlokasi di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar tersebut belum lengkap memiliki 99 kubah. Masih terdapat 17 kubah lagi yang akan dipasang tahun depan. Selain kubah yang banyak, masjid yang dibangun di lokasi reklamasi Pantai Losari itu juga akan memiliki menara. Kolam air mancur juga akan menambah kecantikan masjid tersebut.

Adapun bagian dalam masjid akan difasilitasi pelataran suci. Konsepnya meniru pelataran di Masjid Al Haram Makkah supaya dapat menampung banyak orang. Terdapat pula lantai mezzanine di lantai dua yang dikhususkan untuk jamaah wanita. Diperkirakan, Masjid 99 Kubah akan mampu menampung 10 ribu orang jamaah pria dan seribu jamaah wanita.

Destinasi Wisata Kota Makassar
Meski belum rampung sempurna, Masjid 99 Kubah sudah memikat hati banyak orang dan diprediksi menjadi destinasi unggulan wisata Makassar. Bangunan indah yang menghabiskan anggaran 176 miliar ini diprediksi akan menjadi 10 masjid terbaik di Indonesia, dan salah satu dari 30 masjid terunik di dunia. Lebih dari itu, Masjid 99 Kubah bahkan disinyalir akan menjadi icon baru Kota Makassar.

Dalam ulasan Google, local Gide Makassar memberikan tanggapan yang positif. “Ikon wisata baru Makassar,” tulis akun Ibrahim Assawala. “Bagus banget diliat waktu sunset. Masih dalam tahap pengerjaan. Moga aja deh entar dapet kesempatan sholat disana,” komentar akun Andi Azizah.

Komentar lain datang dari akun bernama Mutiah Sari. Ia berharap Masjid 99 Kubah bukan hanya sebagai destinasi wisata, melainkan menjadi pelecut semangat warga ibu kota Sulawesi Selatan untuk memakmurkannya. “Kemarin dari lihat mesjidnya, Alhamdulillah pembangunannya sdh hampir selesai. Semoga masyarakat dapat memakmurkan mesjidnya. Semoga dengan adanya mesjid ini masyarakat sekitar sdh tdk mals2 lagi ke mesjid?

Rampung Total Ramadhan 2019
Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (PSDA-CKTR) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Darmawan Bintang, menuturkan, saat ini pembangunan Masjid 99 Kubah memang telah mencapai 94 persen. Pihaknya menargetkan pembangunan tersebut akan rampung total pada tahun 2019 mendatang.

“Saat ini sudah selesai kecuali mezzanine untuk lantai dua perempuan dan ornamen dinding. Untuk bagian laki-laki sudah (selesai). Soundsistem, plafon, pencahayaan, semuanya sudah selesai,” ujarnya, dilansir sindonews.

Pemasangan dinding, lanjut Andi, memerlukan biaya besar. Alhasil, membutuhkan pengerjaan yang lebih lama. Adapun 17 kubah yang tersisa, masih menunggu anggaran yang saat ini masih dalam proses audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulawesi Selatan.

Meski demikian, Andi yakin pihaknya dapat merampungkan proyek tepat waktu. “Masjid itu, insya Allah, bisa digunakan Bulan Ramadhan 2019,” ujarnya kepada kompas. Semoga Masjid 99 Kubah yang indah ini dapat segera rampung dan menjadi salah satu rumah Allah yang diberkahi.

Penulis: Afrizal Hanifa | Muslimah Daily

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.