Header Ads

Kemanakah Anda Berlibur? Bali Ataukah Lombok, Ini 10 Perbedaannya

Pulau Bali dan Lombok adalah primadona wisata di Indonesia, selain memiliki keindahan alam yang tidak terbantahkan, dua pulau terbaik di Asia ini juga punya banyak fasilitas wisata yang akan memanjakan para pelancong atau wisatawan baik yang datang dari dalam ataupun luar negeri.

Wisata Lombok Vs Wisata Bali - Kamu pasti dibingungkan jika harus memilih harus pergi kemana? Sebagai referensi, kamu bisa cek sepuluh hal berikut yang membandingkan wisata Bali dan Lombok. Kira-kira kamu bakal pilih yang mana?

Waktu Liburan
Hal yang jadi perbandingan pertama antara Bali dan Lombok adalah menyangkut waktu liburan yang kamu punya guys! Bali punya lebih banyak fasilitas wisata yang bisa ditempuh dan dikunjungi dalam waktu yang relative singkat karena selain lebih dekat jarak tempat wisatanya, aksesnya juga lebih mudah. Jadi jika kamu punya waktu yang relatif sempit dan ingin mengunjungi banyak tempat wisata sekaligus, Bali bisa jadi pilihan yang tepat dibanding Lombok.

Fasilitas Wisata
Fasilitas wisata yang ditawarkan dua pulau wisata ini memang hampir sama tapi karena Lombok belum begitu berkembang seperti Bali, Lombok tidak begitu banyak memiliki fasilitas penginapan seperti hotel-hotel mewah yang ada di Bali. Selain itu Bali juga menyediakan villa-villa cantim lengkap dnegan berbagai fasilitas seperti di daerah Ubud dan Seminyak. Jadi jika kamu mencari hotel atau fasilitas wisata yang mewah kamu bisa datang berkunjung ke Bali atau jika tidak begitu mementingkan fasilitas dan kemewahan, kamu bisa pilih Lombok, Guys!

Wisata Alam
Sama-sama punya wisata alam yang cantik, tapi mana yang lebih baik? Bali punya wisata alam pantai yang terkenal seperti pantai Kuta, Sanur dan Nusa Dua yang juga memiliki pemandangan indah. Meskipun demikian pesona alam Lombok yang terkenal dengan pantai, pulau-pulau kecil seperti Gili Trawangan juga tak kalah menarik. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Lombok hanya untuk melihat alamnya yang indah seperti suasana alam di negara Maladewa. So, kalau kamu mencari objek wisata alam yang indah dan epik, Lombok adalah tempat yang akan membuat kamu terkagum-kagum.

Biaya Perjalanan
Sebagai seorang wisatawan atau traveler kamu juga harus memperkirakan biaya yang dibutuhkan dalam perjalanan dan budget yang kamu miliki. Perlu kamu ketahui, biaya wisata menuju dan selama di Lombok masih tergolong lebih tinggi daripada biaya wisata di Bali. Contohnya saja untuk harga penginapan, jika di Bali kamu bisa menginap dengan uang 200 ribu disuatu penginapan, di Lombok kamu harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 700 ribu untuk kamar dengan fasilitas yang sama. Wah, untuk urusan yang satu ini hitung dengan cermat ya!

Diving atau Surfing?
Hobi juga bisa jadi acuan saat membandingkan Bali dan Lombok. Kamu yang hobi berselancar dan bermain dengan ombak pantai pasti akan lebih suka datang ke Bali karena disini banyak peselancar yang berkumpul dan menikmati aktifitas surfing terutama di pantai Kuta. Sementara jika kamu menyukai aktifitas diving atau snorkeling, kamu bisa datang ke Lombok yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya seperti yang ada di Gili Trawangan. Kamu lebih suka diving atau surfing, nih?

Area Shopping
Wah, aktifitas liburan yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan terutama bagi para wanita. untuk area shopping, Bali yang merupakan tempat wisata populer punya banyak area shopping mall dan shopping center mewah yang bisa dikunjungi seperti Discovery Shopping Mall dan Beachwalk. Bisa dibilang Bali adalah surganya belanja karena disini kamu juga bisa menemukan produk dari brand-brand ternama. Selain itu ada banyak pasar tradisional yang juga menjual banyak souvenir dengan harga murah. Sementara di Lombok, meskipun ada beberapa area shopping, mungkin tidak selengkap yang ada di Bali karena pariwisata disini memang belum sebesar dan setenar Bali.

Kuliner
Soal kuliner, Bali dan Lombok punya ciri khas masing-masing. Bali terkenal dengan sajian nasi Bali, ayam betutu, sate lilit dan hidangan lain yang menggoda selera sementara Lombok punya hidangan ayam taliwang yang pedas. Selain itu, dari segi kehalalan makanan, menemukan hidangan halal di Lombok lebih mudah daripada di Bali karena mayoritas penduduknya beragama muslim sementara di Bali yang mayoritas penduduknya beragama Hindu kamu akan sedikit kesulitan mencari makanan halal. Wah susah juga ya!

Akses Menuju Objek Wisata
Untuk masalah akses menuju daerah wisata mungkin Bali lebih baik karena hampirseluruh kawasan wisata dapat dijangkau baik dengan kendaraan roda empat, roda dua atau kendaraan umum dan tentunya dengan ongkos yang lebih terjangkau. Sementara di Lombok, akses menuju kawasan wisata masih belum begitu berkembang dan ongkos perjalanan relative lebih mahal. Meskipun demikian di Lombok kamu bisa mencoba naik kereta kuda atau andong saat menuju tempat wisata Lho, menarik bukan?

Keramaian
Dari segi keramaian jelas Bali lebih ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun internasional. Sebagai perbandingan, jumlah wisatawan yang datang ke Bali setiap tahunnya mencapai lima ratus ribu pengunjung sementara Lombok hanya dikunjungi sekitar tiga ratus ribu wisatawan setiap tahunnya. Kalau kamu suka suasana alam yang sepi dan tidak suka keramaian, datanglah ke Lombok. Bagi sebagian orang Bali mungkin sudah terlalu ramai dan antimainstream, sehingga banyak wisatawan yang lebih memilih Lombok sebagai tempat liburan.

Tempat Hiburan Malam
Kamu yang hobi clubbing atau berpesta pastinya tahu bahwa di Bali kamu bisa menemukan banyak tempat hiburan malam karena disini peraturannya tidak begitu ketat terutama menyangkut minuman beralkohol. Sementara di Lombok, hampir tidak ada tempat hiburan malam yang bisa kamu temui atau mungkin hanya beberapa karena mayoritas penduduk Lombok yang muslim pasti tidak membebaskan penggunaan alkohol dan hal-hal yang semacamnya. Kamu yang suka pesta dan ke klub malam jangan datang ke Lombok ya, hehehe!

Nah, dari sepuluh hal diatas kamu sudah bisa membandingkan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. So, which one you choose, Bali or Lombok?

Penulis: Anggiros | Cintai Hidup

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.