Header Ads

Surga Tersembunyi di Pulau Ora Pulau Seram, Maluku Tengah Yang Penuh Misteri

Ada yang bilang surga itu hanya bisa dilihat kelak setelah manusia tiada, tapi surga yang identik dengan keindahan juga bisa dilihat Indonesia dalam bentuk tempat wisata. Indonesia memang gudangnya tempat wisata.

Pesona Pantai Ora - Terbentang dari ujung barat Sabang sampai ujung Timur Merauke, tentu negara kepulauan ini memiliki ribuan tempat wisata, terutama pantai-pantai yang sangat indah. Salah satu pantai yang menjadi surganya pecinta diving adalah Pantai Ora.

Pantai Ora berada di Pulau Seram, Maluku Tengah. Bagi wisatawan yang berada di luar daerah Maluku, untuk sampai ke pulau seram ini pertama-tama arahkan tujuan ke Ambon dulu tepatnya Bandara Pattimura. Setelah sampai di Ambon, kemudian lanjutkan perjalanan dengan tujuan ke Masohi. Untuk sampai ke Masohi, Anda harus naik taksi dari Bandara ke Pelabuhan Tulehu. Kemudian dengan menggunakan perahu dari pelabuhan Tulehu Anda akan sampai di Masohi. Setelah sampai di Masohi, perjalanan masih cukup jauh untuk sampai ke Pantai ini, namun perjalanan ini bisa di tempuh dengan jalur darat yang akan memakan waktu hingga 4 jam perjalanan.

Jauh, sulit, dan mahal memang perjalanan untuk sampai ke Pantai Ora. Namun ketika Anda sampai di sini, Anda akan lupa dengan kesulitan-kesulitan yang Anda alami sebelumnya. Bak serasa di surga, Anda akan langsung disuguhi dengan hamparan lautan dengan pasir putih di tepiannya yang menyejukkan mata. Selain itu, Anda juga akan melihat bukit-bukit hijau dengan tebing yang tinggi dan rumah-rumah panggung kecil yang terbuat dari kayu dan beratap jerami berada di tepian pantai menjorok ke laut yang menambah suasana alami di tempat ini. Tenang dan damai, itulah kesan yang akan Anda peroleh pertama kali ketika menginjakkan kaki di sini.

Baca Juga: Menguak Silsilah Suku Bati di Pedalaman Pulau Seram Maluku Yang Penuh Dengan Misteri

Pantai Ora memiliki daya tarik utama berupa keindahan alam bawah laut. Di sana terumbu karang dan hewan-hewan lautnya sangat beranekaragam dan semuanya masih terjaga kealamiannya. Airnya jernih dengan wilayah perairan di sekitar pantainya yang dangkal, dan ombaknya yang tenang benar-benar membuat Anda semakin dimanjakan ketika ingin melakukan snorkeling di sini. Anda tidak perlu menyelam dalam-dalam untuk menikmati surga bawah laut ini, pada kedalaman 2 hingga 3 meter saja biota-biota laut sudah bisa Anda amati dengan jelas. Biota laut tersebut antara lain ikan kaisa, sikuda, dan lain-lain.

Dalam liburan ke Pantai Ora ini, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti trekking ke Pusat Pendidikan dan Rehabilitasi Satwa (PPRS) dusun Masihulan.

Dalam kegiatan trekking tersebut, Anda akan melihat panorama Hutan taman Nasional Manusela yang masih lestari. Selain itu Anda juga akan melewati sungai sambil mendengarkan kicauan burung-burung yang ada di hutan sepanjang aliran sungai, jika beruntung Anda juga bisa mengabadikan keindahan burung khas Indonesia timur yang memiliki warna cerah dan mencolok. Di PPRS Anda akan melihat burung pulau seram yaitu kakak tua nuri kepala hitam, dan burung kesturi.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Pantai Ora, Anda tidak perlu khawatir mengenai tempat menginap. Di sana sudah banyak dibangun penginapan-penginapan ataupun resort di sekitar pantai. Untuk menikmati keindahan pantai ini memang akan lebih lengkap bila Anda juga menginap di sana sehingga dapat menyatu dengan alamnya. Keindahan pantai ini memang tiada dua, oleh karena itu menjadi kewajiban kita untuk terus menjaganya agar tetap lestari dan indah seperti saat ini.

Penulis: Hendra Setyo Adi Nugroho | Wisata Ku
Diberdayakan oleh Blogger.