Header Ads

Pianemo Merupakan Keindahan Gugusan Pulau Yang Tersembunyi di Tanah Papua

Banyak orang yang mendambakan bisa berlibur dan menikmati keindahan Pulau Raja Ampat. Gugusan Pulau karangnya yang eksotik dengan keindahan alam bawah lautnya yang mempesona.

Keindahan Raja Ampat -  Sayangnya, tidak banyak orang punya waktu yang cukup untuk mengitari seluruh gugusan pulau itu. Selain karena, Wisata Raja Ampat dianggap wisata paling mahal, jarak gugusan antar pulaunya pun lumayan jauh. Namun dengan keterbatasan itu, sebenarnya kita bisa memaksimalkan kunjungan kita.

Raja Ampat yang oleh Avant Premiere menyebutnya Amazon lautan dunia ini, merupakan gugusan pulau dengan 610 pulau yang tersebar. Namun dari banyaknya pulau itu baru hanya 35 pulau yang dihuni oleh penduduk. Sebagai daerah kepulauan, angkutan laut merupakan satu-satunya alternatif untuk berkunjung ke Raja Ampat, itu karena bandara paling dekat hanya ada di Kota Sorong. Dari Sorong kita melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal cepat menyeberang ke Waisai ibukota RajaAmpat. Perjalan ini memakan waktu 1,5 hingga 2 jam.

Dari Waisai inilah kemudian kita menentukan kemana akan berkunjung. Serjumlah kapal cepat berukuran kecil sudah menunggu di Pelabuhan Waisai, siap mengantar kemana anda akan berkunjung.

Salah satu tempat paling populer di Raja Ampat adalah gugusan pulau karang di Wayag. Gugusan ini menjadi brand keindahan Raja Ampat. Hanya saja untuk sampai kesana kita membutuhkan waktu yang cukup lama, enam jam perjalanan dengan kapal cepat. Selain itu kita memang harus merogoh kocek lebih. Untuk trip dari Waisai ke Raja Ampat, pemilik kapal menawarkan biaya 9 hingga 12 juta sekali trip, itu belum termasuk akomodasi.

Namun, Sebenarnya kita bisa tetap menikmati keindahan gugusan pulau Raja Ampat dengan biaya dan waktu yang tidak terlalu mahal. Di antara Waisai dan Wayag, ada gugusan pulau yang tak kalah indahnya dibanding Wayag. Pianemo. Meski gugusan pulaunya tak seterkenal Wayag, namun keindahannya pun membuat mata tebelalak, saat menikmati barisan gugusan bukit karangnya. Bukit-bukit karang terjal yang di atasnya ditumbuhi pepohonan.

Pianemo terletak di bagian barat Pulau Gam, Raja Ampat, Untuk menuju ke sana, kita bisa menggunakan speedboat dari Pelabuhan Waisai dengan waktu kurang lebih dua jam. Biayanya 50 persen lebih murah daripada berkunjung ke Wayag.

Kita bisa melihat pulau-pulau karang dengan aneka ukuran yang ada dalam satu kawasan luas. Airnya biru jernih dan pemandangannya sungguh menakjubkan. Wajar jika sebagian orang menyebut Pianemo sebagai 'Wayag Kecil'. Itu karena pemandangannya dari atas bukit karang terjal, mirip gugusan pulau di Wayag, tapi dalam ukuran mini. Bedanya, gugusan pulau karang di Wayag lebih besar dan memanjang, sementara di Pianemo, lebih kecil dan membentuk garis horisontal.

Untuk menyaksikan pamandangan itu, kita tak perlu repot mendaki tebing. Kita cukup menyiapkan tenaga menaikii 330 anak tangga untuk menuju ke puncak, spot paling pas untuk mengabadikan keindahan Pianemo. Untuk memperoleh hasil maksimal, sebaiknya perhitungkan waktu saat berangkat. Pastikan tiba di Pianemo setelah tengah hari. Itu karena saat mengabadikan keindahan gugusan Pulau Pianemo ini tidak berlawanan dengan arah cahaya matahari.

Ketika sampai di puncak, barulah Kita akan paham kenapa Pianemo disebut Wayag Kecil. Gugusan pulau karangnya sungguh mempesona. Tempat ini menjadi spot paling sering dikunjungi. Saat musim liburan, kadang orang harus antree naik.

Pulau ini didominasi oleh karang yang ditumbuhi pepohonan hijau. Seluruh pulau diisi oleh tebing kokoh yang berasal dari karang. Biru air laut menjadi pemandangan menyejukkan dari puncak.

Lelah setelah naik dan menuruni tangga, di bawah, sudah menunggu penduduk asli yang menawarkan air kelapa muda yang segar. Untuk mengembalikan stamina.

Kunjungan ke Pulau Pianemo, kita tidak hanya disuguhi keindahan gugusan pulau karang. Seolah menjadi bonus trip, sepanjang perjalanan pulang dari Pianemo, sunset sudah menanti. Pulau tumbuh yang hadir saat air surut, menjadi tempat transit yang indah.

Dan jangan lupa untuk singgah di Pulau Arborek, salah satu pulau di Raja Ampat yang menyiapkan penginapan. Kita bisa mengunjungi "Manta Point" yang ada di pulau itu untuk menyaksikan keindahan bawah laut dengan berbagai macam biota laut dengan diving atau hanya dengan snorkling.

Keindahan yang disuguhkan lautan Raja Ampat seolah tak pernah ada habisnya. Hampir di setiap sudutnya mampu memberikan pesona alam yang luar biasa cantiknya.

Penulis: Yusuf Ahmad | Lion Mag
Diberdayakan oleh Blogger.