Header Ads

Pesona Keindahan Kebun Raya Batam Cocok Sebagai Sarana Wisata Edukasi

Batam merupakan salah satu kota industri, dagang serta pariwisata dan dikunjungi lebih dari 1 juta wisatawan dari luar negeri setiap tahun. 

Kebun Raya Batam - Perkembangan kota ini menjadi tantangan tersendiri untuk kelestarian lingkungan, apalagi kawasan pesisir dan hutan yang semakin tergerus oleh abrasi sehinga luas wilayah menjadi terus berkurang.

Agar bisa menjaga kelestarian lingkungan, pemerintah pun mendatangi MOU di tahun 2012 serta mulai di bangun 2014.

Kebun Raya Batam merupakan bentuk konservasi alam sehingga 58,57 daratan atau kurang lebih 23.430 ha dari luas Batam bisa diselamatkan.

Tema koleksi dari kebun ini ialah tumbuhan pulau kecil serta pesisir Indonesia. Alamat lokasi ini berada di Jalan Hang Lekiu, Sambau, Nongsa, Batam.

Koleksi tumbuhan Kebun Raya Batam
Tema wisata ini ialah konservasi tumbuhan pulau kecil di Indonesia. Rencana koleksinya berdasarkan pada biogeographic region meliputi koleksi kepulauan wilayah Sundaland, wilayah Wallacea, wilayah New Guinea, wilayah Oceanea, dan wilayah dunia lainnya.

Taman tematik ini seperti maze garden, flower garden, children garden dan lain juga direncanakan menjadi kekuatan kebun raya ini. Selain itu kawasan pesisir seperti hutan mangrove tetap dipertahankan untuk daerah dihutankan.

Wilayah ini bisa diakses dengan menggunakan jembatan track dari kayu. Pembibitan terdapat 452 jenis dengan 7,574 spesimen, dan kebun 25 jenis dengan 88 spesimen.

Di dalam perannya sebagai sebuah National Single Window pada dunia perdagangan internasional, Batam telah berkembang menjadi sebuah kota modern dan mempunyai arsitektur bangunan modern. Namun tidak meninggalkan fakta budaya melayu yang melekat.

Apalagi banyak penggunaan nama tokoh Melayu digunakan sebagai nama fasilitas umum, sehingga pengembangan wisata ini di desain ruang terbangun dan menjadi kombinasi arsitektur modern dan akar budaya Melayu.

Sebagai cara untuk menarik pengunjung, nantinya akan dibangun wahana botanical skyway yang bisa menghubungkan zona penerimaan utama dan zona penerimaan kedua. Wahana ini bisa memberi kesempatan pada pengunjung untuk menikmati koleksi dari atas.

Sudah membayangkan, seperti apa menyenangkannya kita mengunjungi lokasi wisata ini? 

Menghabiskan waktu di Kebun Raya
Ada berbagai hal yang bisa kita lakukan setelah menginjakkan kaki di tempat ini. Anda bisa melihat berbagai fauna di Kebun Raya. Pasti sangat mengasyikkan, mengunjungi berbagai fauna sarat akan pengetahuan bersama dengan buah hati yang masih balita.

Sebetulnya bukan hanya melihat-lihat fauna, namun kita bisa berfoto dan melengkapi koleksi di Instagram. Hal terlihat sederhana ini bisa menjadi begitu menyenangkan, apalagi jika belum banyak orang mengetahui keberadaan tempat rekreasi ini.

Kebun ini sendiri belum dibuka secara resmi, dan dibuka di bulan Maret mendatang. Namun, sekarang kita sudah bisa mengunjunginya.

Fasilitas Kebun Raya Batam
Seperti kebun raya pada umumnya, sudah pasti fasilitas yang berada di dalamnya sangat lengkap. pengelola memberi fasilitas mulai dari kamar mandi umum, tempat duduk. Untuk tempat makan, belum banyak warung makan buka di sekitar tempat wisata.

Sehingga, jika ingin mengunjungi bersama dengan keluarga, Anda bisa membawa bekal minuman dan makanan dari rumah.

Rute Kebun Raya Batam
Secara administratif, kawasan ini berada di Samabu, Nongsa dan berada di tepi Hang Lekiu Km 4 – Nongsa. Lokasi ini memiliki luas 86 ha serta berjarak kurang lebih 10 km dari Hang Nadim Bandara atau kurang lebih 15 km dari Batam Center.

Lokasi tersebut adalah kawasan pariwisata serta pintu masuk internasional. Kawasan wisata ini berada di kawasan resort serta wisata alam Nongsa seperti Palm Springs Golf, Tering Bay Golf hingga Beach Resort.

Karena begitu strategisnya tempat rekreasi ini, kita bisa mengunjunginya dengan mudah. Apalagi jika Anda membawa kendaraan pribadi. Kita bisa menggunakan Google Map. Kita cukup mengetikkan tujuan dan titik tempat berangkat.

Setelah itu, Google Map menunjukkan jalan lokasi yang paling cepat untuk menuju ke tempat rekreasi ini. Rute menuju lokasi wisata ini cukup mudah, apalagi berada di tepi jalan. Penduduk yang berada di sekitar pun sudah mengetahui lokasi tersebut.

Anda akan melewati berbagai macam pemandangan yang indah, pepohonan hijau yang rindang dan masih banyak lagi.

Tips untuk mengunjungi Kebun Raya Batam
Jika ingin mengunjunginya, terdapat beberapa tips yang dapat Anda ikuti yaitu:
  • Hindari datang saat weekend. Ketika weekend, biasanya wisatawan yang mengunjungi tempat rekreasi ini sangat padat. Lebih baik kita mengunjunginya ketika weekday, selain itu penginapan yang terdapat di sekitar Kebun Raya juga lebih senggang.
  • Membawa bekal makanan. Karena belum terdapat banyak warung di lokasi ini, lebih baik Anda membawa bekal makanan. Kita bisa membeli makanan di supermarket Batam, atau membeli makanan di lokasi yang tidak jauh dari lokasi wisata.
  • Anda bisa membawa minuman seperti air mineral dan beberapa makanan-makanan ringan atau bahkan nasi. 
  • Pilih cuaca yang baik. Atur waktu berkunjung dengan memperhatikan cuaca. Usahakan mengunjunginya ketika cuaca sedang cerah, sehingga Anda bisa bebas berkeliling dari satu tempat ke tempat lain.
  • Apalagi, saat hujan melanda jalanan akan terasa licin, perjalanan bisa menjadi kurang menyenangkan.
Wisata lain di BatamSesudah lelah mengunjungi tempat rekreasi ini, kita bisa berkunjung ke kawasan wisata yang lainnya, seperti:
  • Pantai Marina. Pantai Marina adalah salah satu pantai terkenal serta populer di Batam. lokasi pantai ini berada di sebelah barat. Pulau ini juga digunakan untuk pelabuhan kapal Ferry. 
Bukan hanya menyajikan keindahan alam, namun terdapat taman hijau yang bisa digunakan sebagai taman bermain anak. untuk memasukinya, tarif tiket masuk sebesar Rp 3000.
  • Pantai Tanjung Pinggir. Kota ini memang mempunyai begitu banyak pantai yang indah serta sangat layak untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Tanjung Pingir, Sekupang. Pantai ini berhadapan secara langsung dengan Singapura.
Dari pantai, jarak untuk menuju Pulau Sentosa hanya 14 km. Gedung Marina Bay Sands pun juga terlihat sangat jelas berdiri dengan tegaknya. Pantai ini sangat terawat, pasir lembut dengan warna krem membentang 250 meter dari timur hinga barat.
  • Golden Prawn. Sesudah berkeliling, waktu makan tidak boleh ketinggalan. Golden Prawn menjadi lokasi wisata kuliner yang sangat terkenal. Kuliner di sini sangat lezat dan sesuai dengan harga dimiliki.
Bukan hanya restoran, karena tempat ini juga mempunyai fasilitas lain yang tak kalah hebat. Ada juga hotel berbintang lima yang lokasinya tak jauh dari tempat ini.
  • Queen Garden Waterboom. Lokasi ini adalah lokasi keluarga yang sayang untuk kita lewatkan. Untuk menikmati segala fasilitasnya, harga tiket masuk sebesar Rp 35.000 ketika weekdays dan Rp 55.000 ketika weekend.
Waterboom ini ada di depan kantor kecamatan di Bengkong dan lahan dengan luas 17 ha. Pengelola menyediakan 4 seluncuran tinggi serta 6 seluncuran pendek.

Penulis: Mister Yellow
Diberdayakan oleh Blogger.