Header Ads

Inilah 6 Lokasi Hutan Wisata di Indonesia Yang Menyajikan Pemandangan Indah dan Menyejukkan

Indonesia yang terletak di garis khatuliastiwa ini memang memiliki banyak hutan. Hal ini bisa Anda lihat dari peta Indonesia sendiri yang berwarna hijau. Fungsi utama dari hutan itu sendiri adalah sebagai paru-paru yang menyaring udara yang ada di sekitar.

Hutan Wisata - Tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru saja bagi wilayah disekitarnya. Hutan juga memiliki fungsi sebagai tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Untuk lebih jelasnya berikut akan bahas mengenai hutan wisata di Indonesia yang bisa Anda kunjungi. 

Taman Hutan Juanda
Berlokasi di kawasan Dago Pakar Hutan yang awalnya merupakan hutan lindung ini dipersiapkan sebagai hutan wisata atau kebun raya sejak tahun 1963. Setelahnya hutan ini pun di resmikan sebagai hutan rekreasi oleh Ir. H. Djuanda yang namanya diabadikan hingga sekarang. Salah satu hutan wisata di Indonesia ini memiliki kurang lebih 2500 pohon yang diantaranya adalah hutan Kayu Jati, Cemara Sumatera, Jati Jawa, Mahoni Uganda, Pinus,  hingga Kaliandra. Tidak hanya rimbunnya pepohonan yang ada di sini, RedTraveler juga bisa melihat berbagai jenis satwa seperti halnya  Elang, Perkutut, Musang, Tupai Hingga Bajing.

Taman Nasional Gunung Halimun
Masih berlokasi di daerah Jawa Barat, Gunung Halimun juga memiliki satu hutan wisata lagi yang bisa dikunjungi saat akhir pekan. Di sini RedTraveler bisa menikmati ketenangan hutan dan suasana pegunungan yang ada di sini. RedTraveler bisa datang ke Hutan Wisata di Indonesia ini pada pagi dan sore hari. Karena pada waktu tersebut lokasi wisata ini akan diselimuti kabut tipis atau dalam bahasa Sunda disebut sebagai Halimun. Inilah yang menjadi dasar hutan wisata ini dinamakan demikian. Ada berbagai macam keanekaragaman hayati ada di Taman Nasional Gunung Halimun ini. Ada satu spot menarik yang bisa Anda kunjungi selama berkunjung ke sini yaitu jembatan penyebrangannya yang terbuat dari kayu dan tali. Dari atas jembatan ini Anda bisa melihat keindahan hutan wisata Halimun ini. Untuk sampai ke sini RedTraveler bisa menempuh perjalanan dari Jakarta dengan menuju Lido dan langsung ke Taman Nasional Gunung Halimun ini.

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk
Tidak hanya hutan lindung saja, di kawasan Jakarta juga ada satu hutan wisata yang bisa Anda kunjungi yaitu Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Fungsi dari hutan bakau atau hutan mangrove ini sebenarnya adalah untuk mencegah abrasi.  Selain dikelola  untuk fungsi utamanya Hutan Wisata di Indonesia ini juga dijadikan tempat wisata bagi warga Jakarta. Di sini Anda bisa menyusuri rawa-rawa yang ada dengan menggunakan perahu sampan.

Hutan Mangrove Kuala Langsa
Hutan bakau ini disebut-sebut menjadi salah satu kawasan bakau terlengkap di dunia. Hutan mangrove atau hutan Bakau ini terletak di Desa Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Setidaknya ada 38 spesies  mangrove atau bakau, tumbuh di kawasan hutan bakay Kuala Langsa. Kawasan  hutan mangrove yang memiliki luas sekitar 8 ribu hektar ini ditetapkan menjadi salah satu ikon Kota Langsa.

Tak hanya sekadar berkunjung, para wisatawan entah  seberapun usianya, juga dapat melakukan penelitian dan kajian terkait mangrove. Pelajar, mahasiswa, dan masyarakat dapat mengetahui lebih jauh manfaat dari keberadaan hutan mangrove karena jenis-jenis mangrove diberi keterangan singkat seperti nama latin, nama daerah, dan kegunaannya. 

Hutan Pinus Mangunan
Mungkin para pecinta traveling sudah sangat mengenal Hutan Pinus Mangunan di Yogyakarta ini. Karena keindahannya tidak jarang hutan ini sering digunakan sebagai tempat berfoto bagi wisatawan yang datang ke sini. Hutan Pinus Mangunan ini berlokasi tidak jauh dari tempat wisata tebing keraton. Tempat wisata ini sering dijadikan tempat mendaki oleh para wisatawan yang datang ke sini.  Selain itu RedTraveler juga bisa berkeliling  salah satu hutan wisata di Indonesia ini dengan menggunakan sepeda. Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap seperti gardu pandang  hingga toilet umum.

Hutan Pinus Kragilan
Satu lagi hutan cantik yang bisa Anda kunjungi sebagai objek wisata yaitu Hutan Pinus Kragilan. Salah satu hutan wisata di Indonesia ini memang terbilang masih baru. Tidak hanya sekedar menikmati keindahan hutan yang ada di sini, RedTraveler juga bisa berfoto di hutan wisata ini. Fasilitas yang ada di Hutan Pinus Kragilan ini memang sudah sangat lengkap mulai dari spot foto rumah pohon, gardu pandangn hingga ayunan hitsnya bisa Anda coba di sini. Anda bisa bersantai dan menikmati keindahan di Hutan Pinus Kragilan ini dengan fasilitas tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai hutan wisata di Indonesia yang bisa Anda kunjungi. Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta.

Penulis: RedDoorz
Diberdayakan oleh Blogger.