Header Ads

Apakah Anda Kurang Piknik, Inilah Alasan Anda Wajib Mengunjungi Tempat - Tempat Wisata Alam

Pasti banyak di antara kita yang menyukainya, mengharapkannya, bahkan sudah tak sabar ingin segera mewujudkannya.

Wisata Alam - Bayangkan pasir putih, deburan ombak di lautan yang berpadu dengan angin sepoi-sepoi, serta pepohonan hijau di pesisirnya. Ibarat khayalan yang membuat kita ingin segera berlibur dan menghilangkan penat akibat rutinitas sehari-hari.

Jika begitu, segera mulai liburan Anda! Sebagai kaum urban yang memiliki tuntutan pekerjaan berat, keadaan lingkungan dan segudang persoalan sehari-hari seperti polusi dan kemacetan, Anda berhak untuk sejenak menenangkan diri. Mengapa? Sebab liburan bukan merupakan pemborosan, melainkan kebutuhan penting untuk menyegarkan diri Anda sepenuhnya.

Apalagi kalau Anda memilih wisata alam sebagai destinasinya. Alasannya, berlibur ke alam terbuka bukan hanya menyenangkan, tapi juga membawa sederet manfaat lainnya, yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya.

Apa saja manfaat baik wisata alam itu? Yuk kita ikuti ulasan berikut ini.

Pikiran yang tadinya mumet, bisa jadi segar kembali berkat pepohonan hijau yang menyejukkan

Bekerja terus setiap hari selama sepekan, berulang-ulang, tanpa kita sadar bisa membuat kita ibarat sebuah mesin. Pikiran yang sebetulnya dinamis pun teredam rasa bosan, maka itu perlu "dirawat" dan wisata ke alam bisa jadi salah satu cara memulihkannya.

Kenapa begitu? Karena konon katanya, alam punya kemampuan spesial untuk membuat pikiran kita lebih segar. Hal ini diungkapkan dalam riset yang dilakukan Marc Berman dari University of Michigan, Amerika Serikat pada 2009.

Disebutkan di studi itu kalau orang yang badannya tidak fit atau terserang penyakit relatif lebih cepat pulih setelah melihat rimbunnya pepohonan di alam bebas, dibandingkan mereka yang hanya melihat susunan gedung.

Bahkan dalam penilitian itu juga disebut kalau orang yang tinggal di perumahan yang rimbun pepohonannya atau indah hamparan rumputnya punya kemampuan fokus yang lebih baik dari mereka yang menetap di apartemen di tengah kota.

Jadi kalau Anda ingin menenangkan pikiran yang sedang ruwet, cobalah mengunjungi alam bebas untuk memulihkannya.

Untuk inspirasi, Anda mungkin bisa mencoba mengunjungi Gunung Bawakaraeng di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Menjelang akhir tahun ini, sepanjang perjalanan pendakian sedang bermunculan lumut yang memberi kesan hijau pada bebatuannya, hingga berpadu indah dengan sungai berkelok yang membelah tanah Sulawesi. Dijamin, pikiran Anda akan kembali segar!

Pikiran segar akibat desiran angin bebas polusi pun membuat rasa stres lenyap!

Setelah pikiran kembali rileks, berbagai tekanan akibat rutinitas sehari-hari pun perlahan hilang. Hati jadi kembali senang, dan berbagai beban seperti langsung sirna. Maka itu alam disebut-sebut memiliki kekuatan dahsyat untuk meredam stres.

Untuk menguatkan kesimpulan tersebut, seorang dokter dari Inggris pernah merilis penelitian dari kegiatannya mengumpulkan bukti-bukti bahwa orang cenderung lebih bahagia saat berada di pedesaan, perkebunan, atau sekadar taman.

Sebabnya, desiran angin di tengah perpaduan pepohonan, bebatuan, dan sungai mampu menimbulkan efek rileks dan membuat pikiran lebih adem, sehingga rasa mumet atau pusing akibat berbagai urusan atau rutinitas sehari-hari pun teredam, dan kita jadi lebih bisa fokus dan berpikir tenang setelahnya.

Sebaliknya, orang yang jarang bersentuhan dengan alam cenderung mudah merasakan depresi dan kegelisahan. Jadi, kalau kepenatan Anda sudah terasa mengarah ke stres, jangan tunda lagi untuk mengajak teman atau keluarga berlibur ke alam bebas.

Jika membutuhkan ide wisata alam anti-stres, Anda mungkin bisa mencoba pusat retreat yoga di daerah Dharamkot, Goa, India. Selain memang terletak di pedesaan yang terletak di tengah alam pegunungan Himalaya, destinasi ini memang akan mengajak kita mengikuti kelas yoga yang menyejukkan mata, hati, dan pikiran. Stres? Anda pasti sudah melupakannya sesampainya di sana.

Setelah stres hilang, kita jadi bersemangat lagi, dan tubuh pun kembali fit

Berawal dari pikiran yang sehat dan bebas dari stres, kondisi fisik pun akhirnya mengikuti energi positif itu.

Banyak yang bilang, kalau penyakit kebanyakan orang di perkotaan seperti obesitas, tekanan darah tinggi, sampai masalah jantung, tak hanya diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, tapi juga pikiran yang mumet dan stres.

Ada hasil penelitian menyebutkan kalau tekanan menjalani kegiatan sehari-hari di dalam ruangan yang terlalu kuat adalah sumber masalahnya. Maka itu, sangat dianjurkan untuk mengimbangi aktivitas sehari-hari dengan aktivitas luar ruangan.

Bahkan, untuk berolahraga saja dianjurkan untuk melakoninya di luar ruangan, karena lebih baik dampaknya terhadap tekanan darah dan meredam tingkat stres seseorang, dibandingkan olahraga di dalam ruangan.

Anda mungkin bisa mencoba pantai Nihiwatu di Sumba, yang juga termasuk dalam daftar CNN World’s 100 Best Beaches In The World. Di pantai ini, kita tak hanya bisa menikmati sunset, tapi juga melakukan berbagai kegiatan olah tubuh, mulai dari jogging, diving, sampai bergabung dengan warga setempat dalam kegiatan menangkap gurita dan kepiting. Seru kan?

Begitulah alasan tentang kenapa wisata alam baik untuk pikiran dan tubuh kita. Tak hanya itu, mengunjungi destinasi wisata alam akan membuat kita juga makin mencintai alam, hingga akhirnya terdorong untuk ikut menjaga dan melestarikannya.

Penulis: Dbs Indonesia
Diberdayakan oleh Blogger.