Header Ads

Pesona Keindahan Alam Air Terjun Pemandian Punai di Kabupaten Rejang Lebong

Air terjun Pemandian Punai merupakan salah satu objek wisata alam baru yang ada di Dusun Air Lang Desa Empat Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran, Kabupaten Rejang Lebong, di lokasi wisata ini para pengunjung dapat menikmati air terjun yang indah dengan menikmati kopi Robusta khas Rejang Lebong yaitu kopi Sindang Dataran Robusta atau disebut Sintaro.

Pesona Alam Bengkulu - Dilokasi ini pengelola menyediakan pondok-pondok/ saung bersantai untuk para pengunjung, yang disekitar lokasi itu pula terdapat lapak para penjual kopi setempat yang dapat langsung dinikmati sambil berwisata.

Air terjun Pemandian Punai itu masuk dalam pengeloaan Agro Wisata Sintaro tersebut diketahui dikelola oleh Kelompok Tani Perkasa desa setempat, yang baru digarap sejak Desember 2017 lalu.

Ketua Kelompok Tani Perkasa Budi Utomo mengatakan, selama ini potensi wisata air terjun tersebut belum dikelola oleh masyarakat maupun Pemerintah Desa setempat, namun setelah adanya saran dari perwakil Kementerian Pusat, potensi wisata alam itu baru dibuka.

"Pada akhir November kita kedatangan tamu dari Kementrian pusat, bagian Pemasaran kalau tidak salah namanya ibu Zukarini, beliau berkunjung dan ingin melihat potensi wisata di sini, dan beliau menyarankan agar objek wisata air terjun itu dikembangkan," ungkap Budi.

Dia menjelaskan Kelompok Tani Perkasa sendiri merupakan kelompok tani yang fokus dalam kegiatan usahatani kopi yakni Kopi Sintaro, sementara pengelolaan objek wisata yang dilakukan tersebut merupakan salah satu upaya dalam mengenalkan daerah serta produk kopi kepada masyarakat luas.

Proses pengerjaan berupa membuka akses masuk lokasi tersebut menurut dia setidaknya membutuhkan waktu selama 50 hari, pengerjaannya dilakukan secara bergotong royong yang melibatkan masyarakat setempat, dan pada awal 2018 kemarin objek wisata air terjun Pemandian Punai sudah dapat dinikmati para pengunjung.

"Nama dari Pemandian Punai itu sendiri diambil dari nama burung yakni burung Punai, karena dilokasi itu merupakan tempat pemandian burung punai, bahkan pengunjung dapat melihat burung tersebut mandi pada pagi hari sebelum matahari terbit," imbuhnya.

Untuk menuju objek Agro Wisata Sintaro air terjun Pemandian Punai, pengunjung cukup menempuh jarak berkisar 50 meter dari jalan lintas desa Empat Suku Menanti menuju parkiran, sedangkan untuk mengakses ar terjun sendiri pengunjung dapat berjalan kaki dengan jarak berkisar 150 meter.

"Saat ini masih promo, pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat, serta tiket masuk sebesar Rp 2.500 per orang," ujarnya.

Budi menambahkan, dikelolanya objek wisata didesa itu juga sebagai bentuk dukungan masyarakat dalam mewujudkan Rejang Lebong kota wisata, terlebih saat ini tengah mempersiapkan event naaional Garden Flower Pesona Visit Bengkulu 2020, untuk iru menurut dia, objek wisata itu akan terus pihaknya kembangkan hingga menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Rejang Lebong. [nat/ard]

Penulis: Irman Dinata | RMOL Bengkulu
Diberdayakan oleh Blogger.