Header Ads

Air Terjun Menawan Dibalik Perbukitan Aceh Tamiang Bernama Sangka Pane

Air Terjun Sangka Pane atau biasa juga disebut dengan Air Terjun 17 Tingkat merupakan sebuah air terjun yang tersembunyi dibalik perbukitan Aceh Tamiang.

Pesona Tamiang - Aceh Tamiang menyimpan berjuta tempat wisata mempesona yang masih perawan serta belum banyak dijamah oleh wisatawan. Dibalik hutan yang lebat, di kaki gunung, serta perbukitan masih banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan pemerintah untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah ini. Salah satunya adalah Air Terjun Sangka Pane yang menjadi tempat wisata favorit bagi masyarakat lokal.

Air Terjun Sangka Pane merupakan sebuah air terjun eksotis yang berada dibalik perbukitan. Tak seperti air terjun lainnya, tempat wisata ini memiliki kontur tebing berkelok disekelilingnya sehingga nampak cantik dan indah. Konon, air terjun ini merupakan air terjun terpanjang yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang.

Air Terjun Sangka Pane
Secara geografis, Air Terjun Sangka Pane terletak pada Desa Pengidam, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi air terjun ini wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 50 kilometer atau melakukan perjalanan kurang lebih satu jam dari Karang Baru yang merupakan ibukota dari Aceh Tamiang.

Pengunjung disarankan untuk menggunakan kendaraan seperti motor untuk menuju ke lokasi air terjun ini. Karena jika membawa mobil, bisa dipastikan wisatawan akan mengalami kesulitan dalam melalui jalan yang sempit, menanjak, berkelok, serta dipenuhi dengan tikungan tajam. Hal ini memang tak aneh karena lokasi dari Air Terjun Sangka Pane yang tersembunyi dibalik lereng perbukitan.

Terdapat dua jalur yang bisa dipilih wisatawan untuk menuju lokasi air terjun, yang pertama yaitu dengan melalui tangga darurat pada tebing bebatuan yang terbuat dari batang kayu sederhana. Sayangnya, kondisi tangga ini sangat memprihatinkan karena banyak anak tangga yang rusak sehingga berbahaya bagi keselamatan wisatawan.

Jika pengunjung memilih untuk melewati jalur kedua, maka wisatawan harus memutar melewati sungai dengan jarak tempuh yang lebih jauh. Karena itu banyak wisatawan yang lebih memilih untuk menggunakan jalur pertama daripada jalur ini. Perjalanan menuju ke Air Terjun Sangka Pane memang melelahkan, namun perjuangan tersebut akan segera terbayar dengan panorama air terjun yang sungguh menawan.

Pesona Air Terjun Sangka Pane
Ketika wisatawan tiba dilokasi air terjun akan terpampang sebuah panorama air terjun alami dengan derasnya air yang jatuh mengenai bebatuan. Gemericik air seolah mengundang wisatawan untuk segera melompat dan mandi disegarnya air yang berasal dari sumber mata air pegunungan ini.

Air Terjun Sangka Pane ini memiliki beberapa tingkatan air terjun sehingga banyak masyarakat sekitar yang menyebut air terjun ini dengan nama Air Terjun Tujuh Tingkat. Namun sebagian dari pengunjung mengatakan bahwa air terjun ini sebenarnya memiliki 17 tingkatan air terjun bahkan lebih. Hal ini pula yang membuat wisatawan semakin penasaran untuk berkunjung ke tempat wisata di Aceh Tamiang ini.

Saat berada dilokasi air terjun wisatawan bisa merasakan suasana alam yang masih lestari, serta dipenuhi dengan rimbunnya pepohonan hijau disekelilingnya. Udara di lokasi air terjun juga sangat sejuk, yang membuat wisatawan akan betah berlama-lama menikmati maha karya Sang Kuasa ini.

Air Terjun Sangka Pane juga dihiasi dengan banyaknya bebatuan yang dapat ditemukan oleh wisatawan. Berbagai batu dengan bentuk dan ukuran yang berbeda seolah menjadi pelengkap keindahan dari air terjun ini. Tak jarang wisatawan memanfaatkan bebatuan tersebut untuk beristirahat, atau sekedar menikmati derasnya air yang membasahi seluruh tubuh.

Pengunjung bisa dengan bebas bermain air atau mandi di air terjun ini. Terdapat sebuah rongga yang ada dibawah air terjun, tempat ini sering digunakan wisatawan untuk merasakan dingin dan segarnya air yang berasal dari pegunungan tersebut. Namun wisatawan disarankan untuk tetap waspada, karena bebatuan di sekitar air terjun yang sangat licin serta terdapat kolam yang cukup dalam.

Keistimewaan dari Air Terjun Sangka Pane adalah adanya beberapa tingkatan air terjun dengan karakteristik serta keindahan yang berbeda. Bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang dapat mencari tingkatan demi tingkatan air terjun tersebut serta menghitung sendiri jumlah dari tingkatan air terjun yang ada di tempat wisata ini.

Fasilitas Air Terjun Sangka Pane
Sayangnya, keindahan yang dimiliki oleh Air Terjun Sangka Pane tidak diimbangi dengan fasilitas-fasilitas disekitar lokasi wisata ini. Masih belum ditemukan fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi, atau mushola untuk beribadah. Untungnya, wisatawan masih bisa menemukan tempat parkir yang berjarak 2 kilometer sebelum tempat wisata. Tempat parkir ini sudah dijaga oleh penduduk setempat, sehingga wisatawan tak perlu takut jika kendaraannya akan hilang.

Kondisi jalan yang menuju ke tempat wisata juga dalam keadaan yang cukup buruk, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan bermotor. Jalanan yang sempit, berliku serta ekstrim memaksa wisatawan berjalan kaki setidaknya 2 kilometer dari tempat parkir. Perlu adanya campur tangan pemerintah dalam membangun infrastruktur ini, karena mengingat potensi wisata Air Terjun Sangka Pane yang cukup besar.

Disekitar lokasi air terjun wisatawan juga akan kesulitan untuk menemukan warung yang menjajakan makanan atau minuman, sehingga wisatawan disarankan membawa perbekalan dahulu sebelum bertolak ke air terjun. Jika wisatawan ingin menginap, dapat menyewa beberapa hotel dan penginapan di Kota Babo yang jaraknya hanya sekitar 8 kilometer dari lokasi air terjun.

Air Terjun Sangka Pane memang memiliki pesona luar biasa yang menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke tempat wisata ini. Terlepas dari minimnya fasilitas yang ada, air terjun ini masih layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada di air terjun.

Menikmati Keindahan Alam
Jika kamu tengah berada di Aceh Tamiang, maka tak ada salahnya untuk berkunjung Air Terjun Sangka Pane. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam berupa air terjun dengan tingkatan-tingkatan yang berbeda. Jika kamu berkunjung di air terjun ini, maka matamu akan disuguhkan dengan keindahan air terjun lengkap dengan bebatuan, serta alam sekitar yang masih alami dan lestari.

Kamu bisa dengan bebas bermain air, berenang, atau menikmati keindahan alam yang dipenuhi dengan pepohonan rindang yang enak untuk dipandang mata. Lokasi dari air terjun yang tersembunyi menjadikan tempat ini sangat cocok untuk refreshing serta menghilangkan stress dari aktivitas sehari-hari yang menjemukan.

Lokasi Kamping
Selain memiliki panorama alam yang mempesona, tempat ini memiliki sebuah lahan yang cukup luas sehingga sering digunakan sebagai tempat untuk bercamping. Tak jarang, wisatawan menghabiskan waktu akhir pekan dengan mendirikan tenda serta menghabiskan malam di dekat air terjun eksotis ini.

Disekitar air terjun terdapat sebuah tebing batu yang berongga, tempat inilah yang sering dijadikan wisatawan untuk bercamping dan membuat api unggun. Tentunya akan menjadi pengalaman tersendiri ketika menghabiskan malam bersama teman dan orang terdekat di dekat air terjun yang menawan.

Hunting Foto
Seakan menjadi suatu kewajiban ketika berada di tempat yang indah, maka harus berpose didepan kamera untuk berfoto selfie. Kamu bisa hunting foto di air terjun yang indah ini, terdapat beberapa objek menarik yang bisa kamu gunakan sebagai background untuk berselfie seperti bebatuan, atau derasnya air terjun. Tak jarang banyak pengunjung yang rela menempuh perjalanan melelahkan hanya untuk memotret di Air Terjun Sangka Pane.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sangka Pane
Untuk memasuki kawasan air terjun ini wisatawan sama sekali tak dikenakan biaya masuk atau gratis. Hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000 saja.

Tips Berwisata Air Terjun Sangka Pane 
  • Persiapkanlah kondisi fisik terlebih dahulu, sebelum bertolak ke air terjun ini karena perjalanan yang cukup menguras energi. 
  • Sebaiknya datanglah ke air terjun bersama teman atau orang yang mengetahui lokasi dari tempat wisata ini.
  • Bawalah perbekalan makanan dan minuman karena sangat sulit menemukan warung dilokasi wisata.
  • Bawalah baju ganti jika ingin bermain air atau berenang di air terjun.
  • Berhati-hatilah ketika berada di air terjun, karena bebatuan yang licin.
  • Jangan nekat berkunjung ke air terjun ketika hujan, karena jalanan yang becek dan licin.
  • Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di air terjun.
  • Selalu jaga kelestarian air terjun dan jangan merusak alam sekitar.
  • Berdoalah sebelum bertolak ke Air Terjun Sangka Pane agar diberi keselamatan dalam perjalanan.
Penulis: Bagus Setyo Utomo | Webma
Diberdayakan oleh Blogger.