Header Ads

Pulau Kelor di Kepulauan Seribu Merupakan Pulau Kecil Yang Memiliki Sejuta Keindahan

Salah satu peninggalnnya ialah Benteng Martelo

Wisata di Jakarta - Bro, pernah ke Pulau Kelor, Kepulauan Seribu enggak? yoi pulau ini berdekatan dengan Pulau Onrust dan Pulau Bidadari. Di Pulau Kelor ada peninggalan Belanda berupa galangan kapal dan benteng yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke 17.

Pulau ini memang kecil, tapi menyimpan banyak sejarah pada masa Belanda. Salah satu peninggalnnya ialah Benteng Martelo. Kalo lo dateng ke Pulau Kelor, dari jauh pasti lo bakal ngeliat Benteng Martelo.

Pulau Kecil Ini Simpan Sejuta Sejarah Masa Lalu
Benteng ini melingkar 360 derajat. Benteng Martelo dibuat oleh VOC untuk menghadang serangan musuh pada abad ke-17. Benteng ini terbuat dari batu bata merah yang kokoh. Enggak cuma itu, di Pulau Kelor juga banyak para pejuang dan tahanan politik negeri kita yang gugur.

Nah, pulau ini jadi kuburan mereka yang memberontak dari jajahan Belanda. Kuburan itu sendiri bernama Kapal Tujuh atau Sevent Provincien. Pulau Kelor memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih. Karena abrasi di sekitar pulau ini cukup tinggi, makanya dipasang pilar-pilar pemecah ombak agar pulau ini terjaga kelestariannya dan tidak habis dimakan ombak.

Penulis: Lazone
Diberdayakan oleh Blogger.