Header Ads

4 Lokasi Wisata Budaya Yang Wajib Dikunjungi di Kota Yogyakarta

Yogyakarta adalah salah satu propinsi yang masih memegang dengan teguh kebudayaan serta adat istiadat Jawa yang sangat kental.

Wisata Budaya - Pesona ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing maupun juga domestik untuk belajar lebih dekat lagi. So, buat ladies yang mau  berkunjung ke Yogyakarta, selain kulineran atau main ke pantai, bolehlah sekalian mampir untuk wisata budaya ke tempat-tempat ini.

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta ini lebih sering dikenal dengan nama Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang merupakan istana atau puri resmi dari kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Kesultanan ini baru menjadi bagian dari republik Indonesia di tahun 1950. Kompleks dari bangunan keraton masih digunakan sebagai tempat tinggal bagi sultan dengan kebudayaan serta tradisi Jawa kental yang masih dijaga sampai saat ini. Para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta pasti menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat ini guna melihat peninggalan bersejarah yang diletakan dan dilestarikan dengan rapi dalam museum milik kesultanan. Barang-barang yang disimpan di dalam museum diantarannya adalah peralatan gamelan sebagai alat musik tradisional jawa, replika dari beberapa pusaka atau senjata keraton, koleksi pribadi sultan-sultan, serta hadiah-hadiah yang diberikan oleh raja-raja Eropa pada kesultanan.

Taman Sari
Taman Sari lebih sering dikenal dengan julukan taman kerajaan yang berupa kebun istana milik Keraton Yogyakarta. Taman ini juga bisa disandingkan dengan kebun raya yang ada di Bogor namun Taman Sari sudah dibangun sejak tahun 1758-1765 pada masa kepemimpinan Sultan Hamengkubuwono I. Sejak awal dari terbangunnya taman, kebun ini diberi julakan The Fragrant Garden yang memiliki ukuran luas total yang lebih dari 10 hektar dengan sekitar 57 bangunan yang terdiri atas lorong bawah air, pulau buatan, danau buatan, kanal air, jembatan gantung, kolam pemandian dan berbagai gedung administrasi lainnya. Kolam pemandian merupakan tempat yang paling terkenal disini dan sering dijadikan sebagai tempat untuk berfoto karena keindahan bentuk dan juga keasrian tempat yang masih terjaga.

Museum Sonobudoyo
Bangunan ini diresmikan di tahun 1953 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII yang memiliki koleksi budaya serta sejarah Jawa yang terlengkap dan berada di posisi kedua setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Museum ini memang dibuka untuk umum mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 2 sore, namun museum akan ditutup pada hari tertentu yaitu Senin, hari libur ataupun hari besar lainnya. Dengan harga tiket yang terjangkau, kamu bisa menikmati keseluruhan dari koleksi asli yang masih terjaga. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan secara langsung pagelaran wayang kulit yang dimulai sejak pukul 8 malam hingga 10 malam.

Kotagede
Apabila Anda ingin melihat peninggalan kerajaan Mataram, maka Kotagede merupakan tempat yang paling tepat. Di sini merupakan lokasi dari Panembahan Senopati yang merupakan pendiri dari kerajaan Mataram pada tahun 1575 yang merupakan keturunan dari penguasa kerajaan Mataram yang membangun candi-candi seperti Borobudur serta Prambanan. Di sini sangat terkenal dengan kerajinan peraknya yang terkenal sampai ke mancanegara dengan harga yang relatif terjangkau untuk wisatawan domestik.

Seru kan, bisa jalan-jalan sambil terus nambah wawasan soal kebudayaan? Kalau ladies punya rekomendasi wisata budaya di Yogya lainnya, jangan ragu untuk kasih tahu di kolom komentar ya.

Penulis: Mera Muda
Diberdayakan oleh Blogger.