Header Ads

Kisah Unik dan Pesona Keindahan Alam Pantai Pandawa di Pulau Dewata

Ulin-ulin tim kami kali ini sampai di Secret Beach. Pantai Pandawa, yang terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung. Pantai indah yang tersembunyi ini memiliki pasir putih yang bersih dan ombak yang tenang. 

Pesona Bali - Jarak tempuh dari airport Ngurah Rai adalah 18 km. Kurang lebih 30 – 60 menit. Karena jalan menuju lokasi berliku dan melewati beberapa titik kemacetan, termasuk tempat wisata GWK. Dari jalan utama akan ada rentang sejauh kurang lebih 1,5 km sebelum akhirnya sampai di sisi pantai.

Menuju pantai, kita akan melewati tebing kapur di sisi kanan kiri perjalanan. Setelah pantai hampir terlihat, ada lima patung Panca Pandawa yang akan membuat kamu berhenti dan mengabadikannya. Patung-patung ini terletak didalam celuk-celuk di tebing kapur itu sendiri.

Sejarah Pantai Pandawa 
Di dalam Epos Mahabharata, diceritakan kehidupan Sang Panca Pandawa yang dikurung di dalam Goa Gala-Gala. Sampai akhirnya keluarga Pandawa membuat sebuah terowongan yang memungkinkan keluarga Pandawa bisa menyelamatkan diri. Setelah berhasil menyelamatkan diri, Panca Pandawa yang terdiri dari Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa membuka suatu kawasan hutan belantara yang sangat angker sebagai daerah kekuasaan, berkat kerja keras dan dukungan dari seluruh pengikutnya, Panca Pandawa dapat membangun kerajaan Amertha yang dipimpin oleh Raja Yudhistira.

Pada tanggal 27 Desember 2012, Pantai ini ditetapkan menjadi Pantai Pandawa, sebelumnya dikenal sebagai Pantai Melasti. Pada tanggal itu pula diselenggarakan Pandawa Beach Festival yang pertama. Diambil nama Pantai Pandawa karena ada kemiripan cerita yang ditulis dalam epos Maha Bharata dengan fakta perjalanan nasib masyarakat Desa Kutuh, sehingga masyarakat sepakat memberi  nama Pantai MELASTI (secret beach) dengan sebutan Pantai Pandawa agar cerita keduanya bisa selalu dikenang sepanjang masa.

Aktivitas di Pantai Pandawa 
Sebelum akhirnya bisa menikmati keseruan Pantai Pandawa, ada tiket masuk yang harus dibayar, hanya Rp 5.000,- saja per orang, dan Rp 5.000 lagi untuk kendaraan beroda empat.

Membawa sanak keluarga atau rekan tentu lebih asyik. Jangan khawatir, banyak tempat-tempat makan yang menjual berbagai makaman lokal, seperti nasi goreng, mie goreng dan hidangan laut bakar. Ada pula beberapa café yang menjyediakan menu makanan barat. Ada pula kursi untuk berjemur berserta payung yang dapat anda sewa dengan harga Rp 50.000,- tanpa batas waktu penggunaan.

Jasa pijat refleksi pun tersedia, cukup merogoh kocek sebesar Rp 40.000 - Rp 100.000, kenyamanan sudah bisa kita dapatkan.

Pantai ini cukup ramah, ombaknya tenang, selain berenang, di pantai ini juga tersedia jasa sewa kano untuk rekreasi air. Untuk penyewaan 1 kano akan dikenakan biaya Rp 50.000/jam, tapi tim kami mendapat tawaran harga tersebut untuk sewa dua kano, satu kano bisa dinaiki 2 orang. Jangan  khawatir tenggelam, harga itu termasuk sewa pelampung. Jika anda tidak ingin menyewa kano tapi ingin menyewa jaket pelampung, biaya sewanya Rp 20.000,-/jam.

Jadi, kalau mencari pilihan lokasi liburan yang cocok untuk keluarga, Pantai ini memang jawabannya. Berminat mengunjungi?

Penulis: Basita | Ulin Ulin
Diberdayakan oleh Blogger.