Header Ads

5 Lokasi Wisata Ini Sangat Cocok Untuk Edukasi Anak - Anak

Liburan sekolah sering dijadikan orangtua sebagai waktu yang pas untuk melakukan perjalanan wisata. Selain memberikan penghargaan atas capaian yang dilakukan oleh anak selama satu semester, aktivitas berlibur pun dijadikan orangtua sebagai ajang memberikan pengetahuan umum kepada anak-anak.


Wisata Edukasi - Lalu, di mana saja Bunda dan sekeluarga bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama dengan anak-anak? Yuk, coba mengunjungi beberapa lokasi wisata edukasi di berbagai daerah di Indonesia ini. Berikut ini, lima destinasi edukatif rekomendasi VIVA yang dilansir dari berbagai sumber.

#Planetarium Jakarta
Bagi Anda yang bosan mengunjungi destinasi wisata di Jakarta yang itu-itu saja, dan ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda di Jakarta, mungkin planetarium menjadi salah satu destinasi wisata yang perlu Anda coba. Wisata pengetahuan astronomi (perbintangan) ini bisa dikunjungi di kawasan Taman Ismail Marzuki Jakarta melalui pertunjukkan teater bintang.

Namun, berhubung ruang tersebut ditutup per 8 April lalu, untuk untuk melanjutkan proses perbaikan komponen proyektor utama M-VIII. Meski demikian ruang pameran astronomi tetap dibuka seperti biasa dan sesuai jadwal (kecuali hari Sabtu dan Minggu, ruang pameran ditutup).

Selama kegiatan pertunjukan ditutup pihak observatorium planetarium membuka peneropongan matahari yang terbuka untuk umum secara gratis namun apabila cuaca mendung atau hujan, kegiatan peneropongan Matahari dibatalkan.

#Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) di Taman Mini Indonesia Indah
PP IPTEK ini bisa menjadi salah satu lokasi edukuasi yang bisa menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif anak-anak bunda semua.

Di sini, anak-anak bisa memahami prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mudah dan berkesan melalui 250 alat peraga yang bisa disentuh, dipegang dan dimainkan. Beberapa alat peraga menantang misalnya sepeda layang, roket air, try science, generator van de graft, dan simulator gempa bumi.

Di tempat ini, anak-anak pun bisa mengikuti berbagai kegiatan seru yang meliputi sanggar kerja dan demo ilmu pengetahuan dan teknologi, pelatihan perancangan alat peraga, science fair, pelatihan proses ilmu pengetahuan alam, pelatihan peduli lingkungan hidup, science camp, peneropongan bintang, aneka lembar kreatifitas dan kuis, dan lomba perancangan alat peraga.

#Wisata Edukasi di Agrowisata Bhumi Merapi
Terletak di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, ini bisa membuat anak-anak belajar mengenai budidaya peternakan kambing jenis Ettawa. Pengunjung diberi kesempatan untuk praktek memberi pakan ternak, mencoba memerah susu kambing dan memberi minum susu dot pada anakan kambing ettawa.

Tak hanya itu, anak-anak pun di sini bisa belajar teknologi pengolahan hasil susu kambing menjadi yoghurt dan ice cream,belajar teknologi pengolahan pakan ternak, pengolahan limbah kambing menjadi pupuk organik dan biogas serta pemanfaatan pupuk organik untuk tanaman jahe dan pisang organik.

Selain kambing di sini, pun menyediakan wisata edukasi kelinci. Nantinya, anak-anak akan diberi kesempatan untuk memberikan makanan kepada kelinci sekaligus bisa bermain dengan para kelinci yang menggemaskan tersebut.

Tak hanya itu saja loh, tempat ini juga menyediakan taman reptil, di mana terdapat beberapa koleksi ular, kura-kura dan reptil lainnya sebagai sarana edukasi. Pemandu akan menjelaskan bagaimana sebaiknya memegang ular dan reptil lainnya agar aman.

#Kuntum Neuseries farmfield
Terletak di kawasan Bogor Jawa Barat, lokasi ini bisa menjadi salah satu cara Bunda untuk mengenalkan kehidupan binatang dengan cara yang asyik melalui beragam kegiatan wisata.

Di sini, bunda bisa mengenalkan beragam binatang seperti kambing, kelinci hingga kuda. Anak-anak pun bisa berinteraksi langsung loh dengan binatang-binatang, mulai dari kegiatan menangkap ikan, berinteraksi dengan memberikan makan kepada kelinci dan marmut, menunggang kuda hingga belajar menanam sayuran secara organik.

Padepokan Dayang Sumbi Bandung
Terletak di Cimeyan Bandung, destinasi ini akan mengajarkan anak-anak mengenai sutera. Di sini, kita bisa melihat langsung bagaimana bentuk ulat sutera. Mereka pun akan belajar untuk mengenal apa itu ulat sutera.

Bagaimana cara merawat dan memberi makan ulat, karena di sini anak-anak akan diajarkan atau melihat langsung proses pemberian makan untuk ulat sutera. Dan, pada akhirnya mereka akan diberikan workshop cara mengolah benang-benang sutera yang akan di jadikan sebuah kain dengan cara ditenun.

Penulis: Tim Viva
Diberdayakan oleh Blogger.