Header Ads

Pulau Pahawang Merupakan Surga Tersembunyi Wisata Bahari di Lampung

Lampung merupakan salah satu daerah yang kaya akan wisata bahari nya, terdapat banyak surga untuk menikmati wisata bahari seperti snorkeling di Pantai Sari Ringgung, Pantai Mutun, Pulau Pisang, dan di Pulau Pahawang. Lalu yang mempnyai hobby surfing bisa ke Lampung Barat untuk menikmati ombak tingi dan sunset yang indah di Pantai Tanjung Setia.

Pesona Lampung - Tapi kali ini kita akan membahas Wisata Pulau Pahawang di Lampung Surganya Snorkeling. Pulau Pahawang terletak di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran Lampung. Pulau nan indah ini tediri dari Pahawang besar, pahawang kecil dan pulau kelagian. Lalu, kenapa saya sebut surganya snorkeling? Karena Pahwang memang terkenal akan kekayaan biota lautnya, beragam terumbu karang tumbuh di perairan pulau Pahawang, Sudah banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung kesini.

Biaya snorkeling di Pulau Pahawang
Biasanya terdapat agen wisata yang menawarkan Trip Pulau Pahawang, harganya sekitar 150-250ribu untuk full day trip, tapi jika tripnya menginap 2 hari 1 malam harganya sekitar 450ribu. Biaya tersebut termasuk, sewa kapal, trip ke pulau-pulau kecil di pahawang, makan, kamera bawah air, dan sewa alat snorkeling. Cukup murah untuk sebuah trip yang eksotis demi menikmati keindahan bawah air Pulau Pahawang.

Namun jika ingin trip sendiri bersama rombongan atau bersama pacar juga bisa, biasanya untuk menyewa kapal untuk menyebrang PP Pulau Pahawang besar, Pahawang kecil, Dermaga dikenai biaya sekitar 400-500 ribu. Tapi alangkah baiknya jika kita pergi dengan rombongan agar meminimaliris biaya yang dikeluarkan. Lalu untuk menyewa alat snorkeling nya biasanya dikenai harga 75-100 ribu. Namun, jika kita punya perlengkapan snorkeling pribadi bisa juga membawanya.

Perjalanan Menuju Pulau Pahawang
Nah, untuk menuju ke Pulau Pahawang jika anda dari Jakarta menggunakan transportasi darat berpatokan dari Pelabuhan Merak Banten menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung. Kemudian, jika berpatokan dari Bandar Lampung memakan waktu sekitar 40 menit untuk sampai di Dermaga Ketapang, kita menuju pesisir Pesawaran, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan keindahan laut Teluk Lampung nan biru lalu melewati pantai queen artha, pantai mutun, pantai dewi mandapa, lalu akan melewati Pasar Hanura, daan sampailah kita di Dermaga Ketapang. Perjalanan belum usai, dari Dermaga Ketapang inilah kita akan menyeberang dengan Kapal, perjalanan sekitar 20 menit untuk sampai di Pulau Pahawang besar. Saat perjalanan di kapal kita akan menikmati cantiknya laut biru yang sangat menyejukan hati.

Spot Snorkeling di Pulau Pahawang
Di lokasi wisata Pulau Pahawang ini ada beberapa spot snorkeling yang recomended yaitu: Pahawang besar, Pahawang Kecil, pulau Kelagian, dan Tanjung Putus. Namun jarak ke Tanjung Putus lumayan jauh jarak tempuh sekitar 20 menitan lagi. Overall, dari semua spot yang ada semua nya sangat indah dan banyak sekali ikan-ikan indah yang berenang kesana kemari. Dan jangan lupa mengabadikan moment bawah air untuk oleh oleh media sosial.

Perhatikan juga keselamatan dalam ber-snorkeling bagi yang tidak bisa berenang, ada baiknya memperhatikan intruksi dari guide. Jangan lupa enggunakan pelampung, sepatu katak dan alat bernafas. Dan jangan iseng untuk memegangi hewan-hewan yang beresiko beracun seperti bulu babi atau bintang laut berduri.

Sekian review tentang Wisata Pulau Pahawang di Lampung, semoga bermanfaat sebagai acuan informasi bagi anda yang ingin berkunjung ke Pulau Pahawang. Jangan lupa selalu persiapkan secara matang perlengkapan anda untuk berlibur. Terimakasih.

Penulis: Tukang NgeTrip
Diberdayakan oleh Blogger.