Header Ads

Pesona Keindahan Alam Perairan Teluk Cendrawasih di Papua

Perairan Teluk Cendrawasih di sebelah utara Papua adalah Taman Nasional dengan perairan terluas di Indonesia. Teluk Cendrawasih juga merupakan kawasan konservasi laut terbesar di Indonesia, sekaligus merupakan pusat penelitian hiu paus (whale shark).

Pesona Papua - Di sinilah, tepatnya di Desa Kwantisore, hiu paus sering muncul ke permukaan dan terbiasa berinteraksi dengan wisatawan. Hewan raksasa yang jinak ini panjangnya 14 meter, namun hanya memakan ikan teri kecil (ikan puri) dan plankton. Hiu paus dapat dipanggil dengan cara melempar ikan puri ke laut. Mereka pun, terkadang berkelompok, langsung menyembul ke permukaan air.


“Dulu hiu paus ini sempat diburu oleh masyarakat. Kemudian Kemenhut dan WWF Indonesia bekerjasama dengan pihak Taman Nasional untuk membuat desa konservasi berbasis wisata di Kwantisore.

Jadilah sekarang hiu paus mendatangkan penghasilan untuk masyarakat setempat. Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC) merupakan teluk yang dikelilingi beberapa pulau. Ada Pulau Biak, Yapen, Yoop, Nusrowi, Mioswaar, Numfor, dan Rumberpon. Teluk Cendrawasih berada di tepi Samudera Pasifik dan merupakan lempengan benua, sehingga sangat kaya akan flora dan fauna.

Penulis: Pesona Wisata Indonesia
Diberdayakan oleh Blogger.