Header Ads

6 Lokasi Wajib Untuk Berwisata Kepulau Dewata Bali Selain Menikmati Keindahan Pantai

Bali terkenal dengan pantai-pantainya yang indah. Di pantai-pantai tersebut telah banyak diberikan fasilitas pendukung oleh pihak-pihak yang mengelola wisata pantai. Dijamin, bagi wisatawan yang berkunjung pasti akan betah berada di Bali menikmati pesona keindahan pantai dan lautnya.

Pesona Bali - Tidak cuma pantai saja yang dimiliki Bali, ada tempat wisata wajib dikunjungi di Bali, seperti pasar seni, desa adat, taman burung, taman wisata, dan banyak lagi lainnya. Semua tempat-tempat tersebut memang diperuntukkan bagi wisatawan sebagai pemuas diri,saat ingin mendapatkan situasi baru yang jauh dari rutinitas yang membosankan. Bali memang bisa dianggap sebagai surga wisata, yang cocok dijadikan sebagai pilihan untuk dikunjungi.

Berikut ini ulasan tentang tempat wisata wajib dikunjungi di Bali selain pantai:

Tenganan Pegringsingan
Jika mendengar istilah Tenganan, maka mengarah ke salah satu desa yang ada di Bali yang masih menjunjung tinggi adat istiadatnya. Desa tradisional ini lokasinya berada di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, timur pulau Bali. Sebagai acuan bandara Ngurah Rai, desa ini kira-kira berjarak sekitar 70 kilometer. Desa ini disebut sebagai kategori Bali Aga. Maksudnya sebagai desa yang gaya hidup masyarakatnya, masih berpedoman pada peraturan dan adat istiadat peninggalan leluhur, terlihat pada arsitektur balai pertemuan, rumah, dan pura yang dibangun, masih mempertahankan aturan adat secara turun-temurun. Desa ini terkenal dengan kerajinan berupa kain Gringsing. Oleh karena itu disebut sebagai desa Tenganan Pegringsingan. Budaya lainnya adalah adanya tradisi mageret pandan atau perang pandan pada sekitar bulan Juli.

Ubud Monkey Forest
Tempat wisata ini berlokasi di daerah Ubud Bali yaitu di desa Padangtegal, dimana terdapat hutan yang dihuni oleh banyak kera atau monyet yang ada di dalamnya. Nama lain dari Ubud Monkey Forest ini adalah Mandala Wisata Wenara Wana. Objek wisata ini termasuk dalam kompleks candi cagar alam di Ubud Bali, dengan nama lengkapnya rumah kompleks Padangtegal Mandala Wisata, Wanara Wana Sacred Monkey Forest Sanctuary.

Bali Bird Park
Sesuai dengan namanya, merupakan suatu objek wisata berupa taman burung. Taman ini di atas lahan seluas dua hektar, dengan berbagai macam koleksi burung, baik burung lokal maupun dari mancanegara. Koleksinya terdiri dari kurang lebih 1.000 satwa jenis unggas dari 250 species, seperti burung cendrawasih, kaswari, merpati, pelican, bangau, kakak tua dan yang terkenal adalah jalak Bali karena terancam punah. Alamat Bali Bird Park di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, kabupaten Gianyar – Bali. Sekitar 12 km ke arah timur kota Denpasar.

Pasar Sukawati
Merupakan sebuah bentuk pasar seni yang sangat terkenal di pulau Bali ini. lokasinya berada di Desa Sukawati Kabupaten Gianyar, Bali. Jarak dari airport Denpasar sekitar 30 kilometer.

Pasar ini terdapat penjual  yang menjual pakaian dan kerajinan traditional khas Bali dengan harga yang murah, seperti Batik ciri khas Batik, celana, baju, dan lukisan. Proses jual belai dilakukan dengan cara tawar menawar.

Pasar Sukawati Bali (GWK)
Merupakan salah satu ikon wisata Bali yang sangat terkenal berupa sebuah taman budaya yang memiliki luas 240 hektar. Lokasinya berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Daya tarik utama dari GWK adalah patung Garuda Wisnu. Ikon ini dibangun dan di ukir oleh pengukir dan pematung bernama I Nyoman Nuarta. Rencana awalnya patung ini di bangun dengan tinggi 126 meter dan lebar 60 meter. Namun hingga saat ini, tinggi patung hanya 20 meter.

Joger Bali
Lokasi alamat Joger Bali berada di Jalan Raya Kuta, Bali. Di sini, wisatawan bisa membeli oleh-oleh khas Bali, berupa kaos, mug, gantungan kunci, dan lainnya. Joger diambil dari nama pemiliknya sendiri yaitu bapak Joseph Theodorus Wulianadi dan Bapak Gerard (Josep-Gerard). Selain di jalan raya Kuta, Joger memiliki cabang di jalan raya menuju ke Bedugul.

Penulis: Serba Serbi Indonesia
Diberdayakan oleh Blogger.