Header Ads

5 Kuliner Khas Provinsi Riau Yang Sering Dijadikan Buah Tangan

Berikut ini jenis makanan Oleh-oleh ciri khas riau yang bisa anda jadikan buah tangan yang dapat dibawa pulang dari kota Pekanbaru - Riau. Sudah menjadi hal biasa, setiap orang yang melakukan liburan kesuatu tempat, biasanya menyempatkan diri mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang ketempat asal mereka supaya bisa dibagikan baik itu untuk keluarga, sanak saudara, teman maupun tetangga dekat rumah.

Kuliner Riau - Tak Heran, jika setiap kota mempunya oleh-oleh ciri khas nya masing-masing, termasuk kota Pekanbaru Riau. Untuk membantu anda dalam memilih oleh-oleh khas riau, Info Aneka Wisata menyiapkan 5 Makanan Khas Riau Yang Dapat Dijadikan Oleh oleh, Berikut Jenis Makanan dan Penjelasanya:

1.Kacang Pukul Bagansiapiapi
Kacang Pukul adalah salah satu oleh-oleh yang cukup dikenal dan banyak dijadikan buah tangan, terutama Kacang Pukul bermerek HH.

Kacang khas Bagansiapiapi, kota yang juga terkenal dengan wisata budaya berupa ritual Bakar Tongkang ini banyak diproduksi di Jalan Perdagangan No. 45 B, Kelurahan Bagan Kota, Kecamatan Bangko. Industri berskala rumah tangga yang memproduksi makanan ringan ini sudah ada sejak 1950-an.

2. Bolu Kemojo
Bolu Kemojo adalah panganan khas Melayu dari Riau. Kue ini sering disajikan pada hajatan, buka puasa, atau perayaan-perayaan hari besar seperti lebaran.

Pada umumnya kue ini berwarna hijau kecoklatan. Kue ini memiliki berbagai variant rasa, mulai dari keju, coklat, kacang merah, pandan dan yang paling populer adalah rasa durian.

3. Keripik Nanas
Lempuk durian ini merupakan makanan olahan tradisional andalan masyarakat Riau dan sekitarnya.. Lempuk durian ini dibuat dengan bahan dasar Durian pilihan yang diperoleh ketika musim durian datang dan durian tersebut langsung diperoleh dari pohonnya. Lempuk durian ini juga tidak menggunakan pemanis buatan melainkan menggunakan gula pasir murni.

4. Dodol Kedondong
Kedondong adalah buah yang mudah didapatkan di Kota Rengat, sehingga Rengat dijuluki dengan Kota Kedondong. Dodol Kedondong adalah makanan khas Riau yang berasal dari Rengat, makanan ini terbuat dari tepung beras ketan, gula pasir, kelapa dan buah kedondong.

Dodol kedondong berwarna cokelat  kehitaman, aromanya harum, dan rasanya tidak terlalu manis dan juga tidak terlalu asam. Harga Dodol Kedondong dari Rp.15.000,- sampai Rp.20.000,-/Kotak.

5. Kue Bangkit
Kue Bangkit merupakan salah satu masakan kue yang biasanya dihidangkan pada saat momen-momen tertentu seperti hari raya lebaran. Resep kue bangkit ini menggunakan bahan dasar tepung kanji dan campuran beberapa bahan lainnya.

Bagi anda yang mempunya info aneka oleh-oleh khas Riau lainya, bisa share melalui kolom komentar di bawah ini. semoga bermanfaat!!

Penulis: Prihati Ningsih
Diberdayakan oleh Blogger.