Header Ads

12 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Ketika Berwisata Ke Pulau Sabang

Keindahan alam di Indonesia tersebar merata di seluruh penjuru Nusantara, salah satunya di Sabang, Kota yang terletak di bagian Utara Kota Banda Aceh ini terletak di Pulau Weh, Untuk menuju Sabang kita bisa menggunakan kapal ferry atau speed boat dari Banda Aceh. Jika kamu menggunakan Ferry, bisa menghabiskan waktu 1,5 Jam. Namun jika menggunakan speed boat, maka cukup 45 Menit saja.

Pesona Indonesia - Sabang merupakan tempat yang sangat cocok bagi kamu yang ingin melepas segala lelah dan penat untuk mendapat kebahagiaan yang luar biasa saat menikmati keindahaan alam di tanah Serambi Mekkah ini.

Berikut adalah 12 hal yang wajib kamu lakukan saat travelling atau wisata ke Sabang agar jalan-jalanmu berkesan!

Diving dan Snorkling di Pantai Iboih
Iboih menjadi tempat yang banyak dituju untuk snorkeling dan diving. Butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan darat dari Pelabuhan Balohan, Sabang, menuju Iboih. Pantai ini dijuluki sebagai surga tersembunyi di Pulau Weh dengan ketenangan, keindahan alam dan bawah lautnya yang menawan. Tanpa harus snorkling pun kamu juga sudah bisa melihat indahnya pemandangan bawah laut beserta ikan-ikan yang berenang.

Oleskan Wajahmu dengan Lumpur di MudSpa!
Berjarak sekitar 15 menit naik kapal dari Iboih, Mud Spa adalah satu spot semburan udara panas bercampur belerang dari dalam tanah yang membuat kubangan lumpur alami. Konon mengandung belerang yang berkhasiat untuk membuat kulit wajah jadi mulus, lebih berkhasiat daripada olesan Ce fuk. Namun apabila kamu datang bersama teman-teman, lumpur ini lebih berkhasiat sebagai bahan guyonan daripada obat kulit. Dimana lagi kita bisa menemukan pemandian air laut hangat yang tepat di pesisir pantai dengan panorama pantai yang indah? Makannya, Kesiniaja!

Meneguk Vitamin Sea di Pantai Gapang
Kamu dapat melihat birunya air laut yang disinari matahari, dengan hamparan pasir putih bertekstur lembut dan pohon besar yang teduh serta angin sepoi-sepoi akan membuat kamu betah untuk berlama-lama tidur santai di Pantai Gapang ini.

Rasakan Sensasi Gelembung-Gelembung Hangat di dasar Laut
Gunung berapi bawah laut ini menjadi salah satu spot diving populer di Provinsi Aceh. Ya, gelembung udara yang keluar dari dasar laut tanpa henti akan membuat kamu kegirangan. Gelembung yang keluar dikarenakan adanya fumarol di dasar laut yaitu celah yang mengeluarkan gas seperti dioksida dan Hidrogen sulfat.

Menyusuri Keunikan Pantai Anoi Itam
Pantai anoi hitam atau anoe itam adalah pantai dengan pasir yang berwarna hitam. Inilah keunikan dari pantai ini dibandingkan pantai yang lain. Kemungkinan pasir ini berasal dari gunung berapi di Pulau Weh yang masih aktif. Teman-teman yang suka mengunjungi tempat-tempat unik, pantai anoe itam bisa menjadi tempat yang cocok.

Memanjakan Mata dan Jiwa di Pulau Rubiah
Pulau Rubiah adalah bagian dari Kota Sabang, tepatnya berada di sebelah barat laut Pulau Weh. Pulau ini hanya berjarak sekitar 250 meter dari Pantai Iboih Aceh, Di pulau ini terdapat situs makam Cut Nyak Rubiah yang kemudian menjadi asal-usul penamaan pulau ini. Di sekitaran makan Cut Nyak Rubiah juga terdapat banyak makam lainnya yang konon katanya makam anak-anaknya beliau. Kamu tidak perlu takut, karna Pulau Rubiah siap memanjakan kamu dengan keindahan bawah lautnya.

Menikmati Kopi Khas Aceh di Pulau Rubiah
Kamu dapat bersantai-santai di Pulau Rubiah tanpa perlu khawatir kelaparan, karena ada beberapa warung yang dikelola penduduk setempat untuk sekadar menahan perut lapar. Di sini pun kamu bisa menyeruput kopi hitam khas Aceh untuk menghangatkan diri setelah berenang di laut.

Merasakan Nikmatnya Rujak Pulau Klah!
Kuliner Rujak dapat kamu temui di Pulau Weh. Salah satu yang terbaik diantara rujak lainya mungkin adalah rujak Pulau Klah. Dari pulau rubiah kamu bisa ke pulau klah dengan menggunakan perahu. Pada saat kamu menikmati rujak di pulau Klah kamu akan disuguhi pemandangan pantai yang indah.

Nol Kilometer, Menjangkau Sisi Terbarat Indonesia
Tugu Kilometer Nol merupakan penanda geografis ujung paling barat wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Kamu bisa habiskan senja di Tugu Nol Kilometer. Jarak Iboih-Tugu Nol Kilometer hanya sekitar 8 kilometer. Pemandangan menuju laut lepas ini pun mengantar turunnya matahari di balik ufuk, menjadi suguhan apik melepas hari di Pulau Weh.

Nikmati Sunrise Terbaik Sabang di Pantai Sumur Tiga
Pantai Sumur Tiga menghadap ke arah timur. Sehingga di sini kamu bisa melihat sunrise yang cantik karena pantulan matahari yang mengenai air laut akan membuatmu semakin terhipnotis. Selain itu, Pantai Sumur Tiga didukung dengan putihnya pasir pantai serta laut yang berwarna biru kehijauan, keindahan alam di Pantai ini semakin sempurna. Jadi ga heran kalau pantai ini dijuluki sebagai Hawaii-nya Sabang. Jadi, di Sabang ini kamu bisa menikmati Sunrise dan Sunset! Keren bukan?

Rasakan Geli-Geli Fish Teraphy di Kolam Air Terjun Pria Laot
Tidak hanya pantai yang bisa kamu nikmati di pulau Weh ini, namun kamu bisa menikmati indahnya Air Terjun Pria Laot, berjarak  sekitar 12 km dari Pusat Kota Sabang. Wisata air terjun ini berada di desa Pria Laot, Kelurahan Iboih, Sabang. Air terjun ini memiliki tantangan tersendiri sehingga bagi kamu pecinta rintangan dan tantangan tidak salah menjatuhkan pilihan untuk air terjun air pria laot.  Sepanjang perjalanan, kamu akan melewati bebatuan yang terjal dan beberapa kali harus menyebrangi sungai. Tenang, perjalanan ini akan terbayar dengan keindahan Air Terjun Pria Laot.

Di lokasi wisata air terjun Pria Laot ini memiliki kolam berukuran sekitar 10 meter persegi dengan kedalaman antara 1 hingga 1,5 meter. Ketinggian air terjun pria laot berkisar hanya sekitar 15 meter sehingga tumpahan  airnya tak terlalu deras. Kamu bisa bersantai-santai melepaskan lelah sambil duduk dipinggir kolam dengan kaki masuk air lalu biarkan ikan-ikan garrarufa memakan kulit matimu, rasanya akan sangat geli-geli nikmat!

Ingin Jodohmu di Aminkan? Pergi ke Pantai Kasih
Berjarak 2 km dari pusat kota Sabang. Pantai Kasih adalah pantai berbatu dengan banyak pohon kelapa di sepanjang semenanjung. Disini akan terlihat hamparan laut luas dengan keindahan sunsetnya, lalu lintas pelayaran kapal barang ataupun perahu nelayan. Hembusan angin laut yang sejuk yang dilengkapi dengan keindahan pepohonan serta pasir putih menjadikan pantai ini sangat cocok bagi orang-orang yang ingin bersantai.

Menurut mitos yang beredar dimasyarakat setempat, jika anda berdoa dengan orang terkasih, pacar, istri ataupun suami maka doa anda akan terkabul. Di pantai ini juga terdapat beberapa benteng-benteng tempat senjata berat seperti meriam, peninggalan sejarah Perang dunia II. Selain itu terdapat pula area wisata kuliner yang menyediakan berbagai masakan khas setempat.

Nah, itulah 12 Hal Wajib yang perlu kamu lakukan jika sedang berwisata ke Sabang, Pulau Weh di Aceh! Tertarik untuk segera berlibur ke Pulau Weh? Let’s Travel!

Penulis: Yaya Art | Kesini Aja
Diberdayakan oleh Blogger.