Header Ads

Pesona Keindahan Air Asinahu Sawai Bagaikan di Pemandian Kolam Renang

Air Asinahu Sawai menjadi fenomena menarik yang bisa disaksikan pada saat berkunjung ke Pulau Seram di Maluku. Air Asinahu merupakan sebuah sungai yang terletak di Desa Sawai. Air sungai ini bersumber dari bebatuan yang ada di bawah tebing dan berbatasan dengan hutan. Dan dari penampilannya, sungai ini pun lebih cocok untuk disebut dengan kolam renang.

Wisata Unik Indonesia - Air Asinahu Sawai ini memang sangat unik. Sungai ini lokasinya berbatasan langsung dengan rumah warga Desa Sawai. Berbeda dengan kondisi di bantaran sungai yang ada di Jakarta ataupun kota-kota besar lain, sungai Air Asinahu ini jauh dari kata kumuh. Terlebih lagi, pada bagian tepi sungai telah dipasangi ubin keramik untuk mempercantik penampilannya. Sekilas, tempat ini pun mempunyai penampilan yang mirip dengan suasana di Venezia Itali.

Baca Juga: Silsilah Suku Bati di Pedalaman Pulau Seram Maluku

Selain itu, Air Asinahu Sawai ini juga sangat jernih lho. Berbeda dengan kondisi sungai yang ada di tempat lain. Bahkan masyarakat setempat pun menjadikan kolam di Desa Sawai ini sebagai sumber penghidupan. Setiap harinya, masyarakat pun melakukan berbagai aktivitas di sungai ini. Mulai dari mandi, mencuci baju, sikat gigi dan lain-lain.

Asal Usul Sungai Air Asinahu Maluku
Penasaran kenapa air di Sungai Desa Sawai ini disebut dengan nama Air Asinahu? Konon ada cerita tersendiri terkait keberadaan Air Asinahu Sawai ini. Dulunya, sungai kecil yang ada di Desa Sawai ini merupakan sungai dengan air tawar. Namun pada saat terjadi air pasang, air laut pun masuk ke sungai dan membanjirinya.

Air Asinahu Sawai
Sejak itu, masyarakat sekitar pun menyebut air di sungai itu dengan nama Air Asinahu yang artinya adalah air tawar yang rasanya asin seperti air laut. Keberadaan Air Asinahu ini pun sudah sangat lama. Bahkan sungai kecil di Desa Sawai ini tidak pernah surut lho dan kondisi airnya juga sangat jernih, meski dipakai oleh masyarakat sekitar untuk berbagai aktivitas.

Lokasi Air Asinahu Sawai Maluku
Kolam Air Asinahu Sawai ini terletak di Desa Sawai, sebuah desa yang berada di Teluk Sawai, Pulau Seram. Teluk Sawai ini adalah sebuah teluk kecil yang terletak di wilayah pesisir utara Pulau Seram, Provinsi Maluku. Teluk Sawai pun dikenal luas sebagai destinasi wisata yang sangat indah. Mereka yang datang ke Teluk Sawai tak hanya pelancong domestik, tapi juga para wisatawan asing.

Baca Juga: Budaya Adat Masyarakat Maluku Secara Turun Temurun

Cara Mudah Menuju Air Asinahu Sawai Maluku
Untuk menuju ke Desa Sawai, para traveler bisa memulainya dari Kota Ambon yang merupakan ibukota Provinsi Maluku. Dari Ambon, traveler bisa pergi ke Pelabuhan Tuleha untuk naik kapal Ferry ke Pelabuhan Amahai di Pulau Seram yang merupakan pulau terbesar di Provinsi Maluku.

Tiket kapal ferry dari Pelabuhan Tuleha menuju Amahai tersedia untuk kelas ekonomi ataupun kelas VIP. Untuk kelas ekonomi, tiketnya bisa diperoleh dengan harga sebesar Rp125.000,00*. Sementara untuk tiket VIP, dipatok dengan banderol sebesar Rp225.000,00*. Perjalanan dari Tuleha menuju Amahai memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Perjalanan berikutnya dilakukan dari Pelabuhan Amahai menuju ke Sawai. Tersedia transportasi umum yang melayani perjalanan dari Amahai menuju ke Sawai. Atau bisa juga memilih untuk menggunakan rental mobil. Perjalanan darat dari Amahai menuju ke Sawai butuh waktu cukup lama, kurang lebih 3 jam perjalanan.

Penginapan di Desa Sawai Maluku
Untuk penginapan, jangan khawatir. Desa Sawai merupakan desa indah yang banyak dikunjungi wisatawan. Penginapan pun bisa diperoleh dengan tarif mulai dari Rp250.000,00 per malam.

*) harga bisa berubah sewaktu-waktu

Penulis: Wisata Indonesia
Diberdayakan oleh Blogger.