Header Ads

Pemerintah Indonesia Bakal Mendirikan Wisata Unik 'Taman Vulkano' di Tanah Karo

Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menyiapkan "Taman Vulkano" agar masyarakat dan wisatawan dapat menyaksikan erupsi Gunung Sinabung sebagai bagian wisata alam.

Wisata Sumatera Utara - Menjawab Antara di Berastagi, baru-baru ini, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan erupsi Gunung Sinabung memang bencana alam yang telah menyebabkan ribuan warga mengungsi.

Namun sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Sumut, pihaknya berkeinginan untuk menjadikan erupsi Gunung Sinabung sebagai bagian dari wisata yang ada di Karo.

Karena itu, pihaknya sedang menjajaki kemungkinan untuk membuat Taman Vulkano (Vulcano Park) agar wisatawan dapat menyaksikan Gunung Sinabung yang sedang mengalami erupsi.

Taman tersebut akan dibuat dibuat di daerah yang berada diluar zona merah sehingga wisatawan yang menyaksikan tetap aman jika erupsi berlangsung.

Keberadaan taman untuk menonton erupsi tersebut diperkirakan dapat menambah nilai lebih dalam sektor kepariwisataan di Kabupaten Karo.

"Mudah-mudahan, selain Geopak Toba, ada juga Vulcano Park. Itu kelebihan Karo dibandingkan dengan tempat lain," katanya.

Area lain yang berpeluang menajdi kawasan wisata adalah lokasi hinan tetap di kawasan Siosar, Kecamatan Merek yang telah ditempati pengungsi.

Kawasan tersebut berada di dataran tinggi sehingga dapat melihat keindahan alam area yang berada di bawahnya, termasuk menyaksikan keindaha Danau Toba.

Namun, kata Bupati, karena berada di dataran tinggi, kawasan Siosar sering diterpa angin yang cukup kencang.

Pihaknya masih menanti kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan potensi yang ada. "Harus didukung kesiapan masyarakat juga, tidak bisa pemerintah sendiri, namun Pemkab Karo siap memfasilitasi," ujar Bupati.

Penulis: Fatih | Dokumentasi: Antara
Diberdayakan oleh Blogger.