Header Ads

Danau Situ Patenggang Merupakan Destinasi Wisata Paling Romantis di Bandung

Danau ini bertempat di Ciwidey Bandung yang mempunyai keindahan dan pesona romantis. Namanya diambil dari bahasa suda yang terdiri dari dua kata pertama Situ berarti danau dan kata kedua Patenggang berarti saling cari. Letaknya sekitar 45 km dari Kota Bandung dan dapat ditempuh dengan kurang lebih selama 2 jam.

Wisata Bandung - Luas dari Danau Situ Patenggang berkisar 47 hektar, semantara untuk luas keseluruhan lahan area wisata tercatat memiliki luas hingga 124.000 hektar. Masyarakat sekitar lebih mengenal tempat ini dengan sebutan Batu Cinta atau Pulau Asmara. Tempat ini bersuasana tenang dan berudara sejuk sekali sehingga cocok untuk dikunjungi pada saat Anda jenuh merasa jenuh setelah berhari-hari bekerja.

Danau Situ Patenggang
Danau ini diyakini warga sekitar berkaitan dengan legenda ki Santang dan Dewi Rengganis. Singkat ceritanya seperti ini: Dahulu ki Santang dan Dewi Rengganis merupakan satu pasangan yang terpisah dalam waktu cukup lama. Tetapi mereka selalu berusaha mencari satu sama lain dan ketemulah di suatu tempat yang saat ini diyakini sebagai letak batu cinta. Setelah itu si Dewi Rengganis meminta dibuatkan danau dan perahu, dan perahu itu diyakini sebagai pulaunya.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi ke tempat wisata ini Anda bisa berada di jalur Jalan Kopo – Soreang – Ciwidey – Situ Patenggang. Apabila Anda mengunakan angkutan umum Anda cukup ke terminal bis Leuwi Panjang menuju Ciwidey dan cari angkutan kota menuju ke gerbang Situ Patenggang.

Tempat ini buka pada jam 8 pagi sampai 5 sore. Biaya masuk sebesar Rp 20.000. Di area danau pengunjung dapat mencing, naik perahu, camping, piknik atau hanya sekedar jalan kaki. Fasilitas juga terbilang lengkap sekali seperti penginapan, rumah makan, penitipan kendaraan, toilet umum dan toko oleh-oleh.

Kami himbau untuk Anda yang berminat ingin ke wisata ini untuk membawa pakaian tebal karena udara di danau ini dingin sekali jika pagi dan sore hari. Dan bagi Anda yang ingin naik wahana perahu supanya terlebih dahulu melakukan negisiasi.

Penulis: Pesona Indonesia
Diberdayakan oleh Blogger.