Header Ads

10 Daerah Di Indonesia, Surganya Kopi Hingga Ke Mancanegara

Siapa yang suka minum kopi? Adakah satu jenis kopi yang menjadi favoritmu karena rasanya yang enak? Pernahkah kamu penasaran dengan asal muasal bubuk kopi yang kamu nikmati?

Wisata Kopi - Ternyata, banyak juga kopi-kopi ternama di dunia yang bahan baku dan proses produksinya ada di Indonesia lho. Bagi kamu yang pecinta kopi sejati pasti mengenal betul kopi Indonesia apa saja yang terkenal sampai ke mancanegara.

Tak hanya menanam dan mengolah saja, kamu bahkan bisa menikmati langsung secangkir kopi di dekat perkebunanya yang indah dan luas.

1. Kopi Arabika Gayo
Produksi kopi di Aceh memang sudah sangat terkenal, khususnya di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Konon katanya, daerah tersebut memiliki lahan produksi terbesar se-Asia.

Baca Juga: Wisata Alam Populer di Tanoh Gayo

Total luas lahannya lebih dari 95 ribu hektar dengan produksi rata-rata kopi per-tahun mencapai 750 kg. Wah, banyak sekali ya. Pantas saja kopi arabika gayo ini tersohor hingga Eropa dan Amerika.

2. Robusta Sidikalang
Sidikalang merupakan Ibukota Kabupaten Dairi yang terletak di barat laut Sumatera Utara. Sudah banyak orang tahu bahwa Sidikalang termasuk tempat terbaik bagi tanaman kopi. Lokasi ini berada pada tanah yang subur di ketinggian 1.066 mdpl.

Sidikalang bahkan bisa menghasilkan kopi-kopi yang menyaingi kopi terbaik asal Brazil. Kopi robusta inilah ikon kebanggaan Sidikalang.

Baca Juga: Wisata Populer Di Sumatera Utara

Buatmu yang ingin mencicip kopi robusta sidikalang, hati-hati ya. Kalau tidak terbiasa, jantungmu bisa berdebar-debar dan sulit tidur semalaman.

3. Kopi Lampung - Desa Karangrejo, Lereng Gunung Tanggamus, Lampung
Wow! Ternyata ekspor kopi terbesar di Indonesia berasal dari Lampung lho. Daerah Lampung memang termasuk jajaran penghasil kopi terbaik di Indonesia. Lahan perkebunan kopi di Kabupaten Lampung Barat sudah mencapai lebih dari 59 hektar. Hebat!

Baca Juga: Wisata Populer di Lampung

Sebagian besar lahan tersebut merupakan perkebunan rakyat pusatnya ada di wilayah Lampung Tengah, Lampung Barat, dan Tanggamus.

Salah satu lokasi kebun kopi yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi yaitu terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Ulubelu, masih di sekitar kawasan Gunung Tanggamus.

4. Kopi Garut, Jawa Barat.
Ternyata Jawa Barat punya sejarah tersendiri soal kopi. Kolonial Belanda pernah mengeksploitasi daerah ini selama dua abad lho. Daerah tersebut berada di wilayah Priangan.

Karena pengaruh belanda, maka nama kopinya juga berbau asing, yaitu Java Preanger. Nama ini sebetulnya berasal dari dua kata: Java (Jawa) dan Preanger (Priangan).

Baca Juga: Lokasi Wisata - Wisata Populer di Jawa Barat

Kopi Priangan ini kopi asli Jawa Barat yang dihasilkan oleh perkebunan-perkebunan kopi lokal di Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Garut, Sumedang, dan sekitarnya. Keren!

5. Kampung Kopi Banaran Ambarawa
Selain di Jawa Barat, ada juga daerah penghasil biji kopi yang tak kalah lezat di Jawa Tengah, yaitu di daerah Ambarawa. Namanya Kampung Kopi Banaran yang juga merupakan kawasan agrowisata dengan pengelolaan yang baik sekali.

Baca Juga: Lokasi Wisata - Wisata Populer di Jawa Tengah

Di sini juga ada penginapan lho. Kamu tidak hanya bisa menikmati kopinya saja, tapi juga berlibur menikmati udara segar di sini.

6. Kebun Kopi di Kalisat Bondowoso
Jika Jawa Barat dan jawa Tengah sudah, maka sekarang saatnya Jawa Timur menunjukkan kebolehannya juga. Ada sebuah perkebunan kopi yang lokasinya tak jauh dari Kawah Ijen.

Baca Juga: Lokasi Wisata - Wisata Populer di Jawa Timur

Perkebunan kopi itu ada di daerah Kalisat, Bondowoso. Berbeda dengan kebun-kebun kopi di Aceh dan Sumatera yang dikelola perorangan, rata-rata perkebunan kopi di Jawa dikelola oleh negara atau Perhutani.

7. Kopi Bangli, Kintamani
Tak hanya wisata pantainya saja yang terkenal di Bali. Ada juga salah satu kawasan di Kintamani yang terkenal menghasilkan bubuk kopi Bali dan kopi Luwak terbaik.

Wilayah ini terletak di Bangli, Kintamani, dan biasa diserbu wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran dengan proses memanen kopi serta pengolahannya.

Baca Juga: Lokasi Wisata Populer di Pulau Dewata

Di sini, yang terkenal adalah proses pengolahan kopinya. Proses roasting dengan tungku api dan kayu bakar ini sudah sangat langka. Sekarang sudah zamannya menggunakan teknologi industri atau mesin.

Di Bangli, kamu tak hanya melihat kopi dikonsumsi sebagai minuman saja. Bubuk kopi juga digunakan sebagai bahan kosmetik dan aromatherapy.

8. Arabika Bajawa
Kopi yang satu ini, namanya sudah terkenal di luar negeri. AFB (Arabica From Bajawa) berasal dari wilayah dataran tinggi Ngada di Pulau Flores.

Baca Juga: Wisata Populer di Pulau Flores

Masyarakat Ngada sering disebut sebagai orang Bajawa. Mereka sudah membudidayakan kopi secara turun-temurun. Orang-orang Bajawa menanam kopi Arabika di bawah pohon penaung.

Pohon tersebut juga berfungsi sebagai sumber pupuk organik. Selama penanaman kopi bajawa, para petaninya tidak menggunakan pestisida sama sekali. Pantas saja rasanya enak sekali ya.

9. Agrowisata Kopi di Toraja
Sekarang waktunya kita jalan-jalan ke pulau Sulawesi. Di sini ada juga wilayah penghasil kopi terbaik. Namanya kopi Toraja. Pemerintah sangat antusias membangun ikon kopi toraja agar semakin menarik minat wisatawan.

Baca Juga: Wisata Populer di Pulau Sulawesi

Bahkan para pecinta kopi asal Jepang sudah membuat paket tur perjalanan ke kebun-kebun kopi di Toraja, sejak tahun 2005. Wah, ayo kita atur jadwal untuk mengunjungi Toraja!

10. Kopi Wamena, Lembah Baliem
Jangan salah. Papua tak hanya punya keindahan alam yang asri dan menawan. Potensi alamnya juga tak kalah hebat dibandingkan dengan pulau lain di Indonesia.

Baca Juga: Wisata Populer di Tanah Papua

Papua punya Lembah Baliem di Wamena yang merupakan salah satu wilayah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Kopi Wamena punya rasa yang kuat namun tak terlalu pahit. Kalau ada kesempatan ke Wamena, cobalah kopi asli Lembah Baliem.

Penulis: Tanda Pagar
Diberdayakan oleh Blogger.