Header Ads

Pesona Keindahan Alam Air Terjun Ceuracau Di Krueng Ayon, Sampoiniet - Aceh Jaya

Daerah pedalaman Aceh menyimpan banyak sekali keindahan alam. Salah satunya Air Terjun Ceuraceu Krueng Ayon di Desa Krueng Ayon, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya. Aku berkesempatan mengunjunginya bersama teman-teman dari Aceh Backpacker.


Perjalanan ke Air Terjun Ceuraceu
Perjalanan panjang harus ditempuh untuk mencapai tempat ini. Sekitar 2,5 jam berkendara dari Banda Aceh ke Sampoiniet. Jalan sampai ke sini beraspal, relatif bagus, cuma di beberapa bagian sedikit rusak. Kemudian sekitar 1 jam melewati jalan tanah berbatu sampai ujung Desa Krueng Ayon.

Welcome to Ceuraceu Krueng Ayon Waterfall
Dari sini kita masih harus tracking sekitar 2 jam. Berjalan kaki, kita melewati perkebunan sawit yang sudah tidak produktif, hutan dan sungai. Jaraknya cukup jauh, tapi medannya tidak terlalu berat. Jalan yang harus dilewati cukup datar. Cuma harus sedikit bersusah-payah sewaktu turun dan naik menyeberangi sungai.

Air Terjun Ceuraceu Krueng Ayon
Di sepanjang perjalanan kita bisa melihat jejak dan kotoran gajah liar. Di ujung perjalanan kita disambut aliran deras air terjun setinggi sekitar 20 meter. Inilah Air Terjun Ceuraceu Krueng Ayon.

Sebelum ke Air Terjun Ceuraceu Krueng Ayon, kami sempat singgah ke CRU Gajah Sampoiniet. Letaknya sekitar 5 km dari ujung Desa Krueng Ayon. Sayangnya, kami tidak bertemu dengan gajah di sana. Gajah-gajah itu sedang dibawa mencari makan di tengah hutan.

Waktu yang ada tidak cukup untuk ke Air Terjun Ceuraceu Krueng Ayon kalau harus menunggu gajah-gajah itu kembali. Akhirnya, kami singgah sebentar ke Sungai Sarah Dheu di dekat CRU sebelum melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Ceuraceu.

Penulis: Ahmad Zaki | Dokumentasi: Wisata Aceh
Diberdayakan oleh Blogger.