Header Ads

Menikmati Pesona Keindahan Panorama Alam Gunung Mambuliling di Kabupaten Mamasa

Gunung Mambulilling dengan ketinggian 2.741 meter dari permukaan  laut terletak di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, saat ini menjadi salah satu destinasi wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Pesona Alam - Gunung Mambulilling memiliki panorama pemandangan yang indah yang menjadi salah satu daya tariknya.

Saat ini banyak wisatawan yang datang untuk menikmati pemandangan sekaligus menguji adrenalin dengan melakukan pendakian di obyek wisata Gunung Mambuliling.

Di salah satu lembah Gunung Mambuliling kita bisa menyaksikan keindahan air terjun Sarambu Mambuliling yang sangat indah banyak pengunjung yang melakukan aksi melompat di Sarambu Mambulilling ini dengan berbagai macam gaya.

Sebenarnya masih banyak potensi wisata lainnya di Mamasa.  dan saat ini pemerintah daerah sedang berusaha menjadikan Mamasa sebagai salah satu destinasi wisata Sulawesi Barat dimana nantinya diharapkan pariwisata akan menjadi tumpuan penyumbang pendapatan asli daerah untuk memajukan pembangunan di Mamasa yang kini masih sangat tertinggal dari lima kabupaten di Sulbar lainnya.

Selain gunung Mambulilling, obyek wisata lain yang berpotensi untuk dikembangkan adalah rumah perkampungan tradisional “Balla Peu” yang dibangun secara berderet. Disana terdapat rumah yang terdiri dari sekitar 100 unit masing-masing dilengkapi lumbung padinya yang terletak di atas bukit dengan ketinggian 1.400 meter dari permukaan air laut,”.

Rumah perkampungan tradisional tersebut terdapat di Desa Balla Tamuka, Kecamatan Balla, yang kini juga banyak didatangi oleh wisatawan. Sehingga desa ini diberi gelar desa Wisata Balla Peu, yang berarti wilayah yang dibuka dengan membakar, yang kemudian secara alami ditumbuhi sayur-sayuran.

“Pada prinsipnya masih banyak potensi sumber daya budaya dan sumber daya alam yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan PAD Mamasa di masa mendatang,” SEMOGA

Penulis: Mamasa News
Diberdayakan oleh Blogger.