Header Ads

Istana Benua Raja Merupakan Situs Cagar Budaya Yang Penuh Kesederhanaan

Istana biasanya dibangun dengan megah. Tapi ada yang berbeda di Aceh. Di sana terdapat Istana Benua Raja yang dibangun dengan sederhana, mirip seperti rumah biasa.

Wisata Aceh Tamiang - Istana Benua Raja adalah sebuah bangunan istana peninggalan Kerajaan Benua Tunu yang berada di Aceh Tamiang. Istana ini bisa ditemukan di Desa Benua Raja, Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang, tidak begitu jauh dari Kuala Simpang.

Kerajaan Benua Tunu sendiri masih memiliki hubungan dengan Kerajaan Karang yang sama-sama di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang. Pada masa lalu, Tamiang terbagi menjadi dua kerajaan yaitu Kerajaan Karang dan Kerajaan Benua Tunu. Tapi kedua kerajaan itu tetap tunduk pada Negeri Karang.

Baca Juga: Asal Muasal Kuala Simpang Yang Berasal Dari Nama Sungai Besar Yang Bersimpangan

Arsitektur Istana Benua Raja sendiri terlihat seperti rumah peninggalan zaman Belanda. Hal ini mungkin terjadi karena Aceh Tamiang mendapat pengaruh kebudayan dari Belanda saat pembangunan istana.

Berbeda dengan Istana Karang yang tidak terawat di Kecamatan Karang, Istana Benua Raja masih terawat dengan baik hingga saat ini. Istana itu masih dihuni juga oleh ahli waris.

Istana Benua Raja pun telah dijadikan sebagai situs atau cagar budaya. Akan tetapi istana ini tidak dikelola oleh pihak Pemerintah Aceh Tamiang. Melainkan dikelola oleh para ahli waris keturunan Kerajaan Tamiang yang masih ada sampai saat ini.

Penulis: Indra Kariadi
Diberdayakan oleh Blogger.