Header Ads

Inilah Tempat Wisata Bunga Paling Populer Di Sulawesi Utara

Kota Bunga Tomohon Sulawesi Utara - Setiap Dua Tahun Sekali Diadakan Festival Bunga. Selain dikenal dengan wisata alam bawah lautnya, Sulawesi Utara juga memiliki sebuah Kota Bunga bernama Tomohon. Saking terkenalnya, kota cantik ini juga memiliki acara pameran berkelas internasional bertajuk Tomohon International Flower Festival. Kota Tomohon terletak 22 km di sisi timur kota Manado.


Wisata Bunga - Dari Manado, Kota Bunga ini dapat diakses dengan perjalanan darat dengan waktu tempuh  sekitar 1 jam saja dengan menggunakan motor dari kota manado dan dapat lebih lama ketika Anda mengendarai mobil.

Kota Bunga Tomohon adalah salah satu tempat wisata yang ada di Sulawesi Utara. Tempat wisata ini sangat disarankan untuk Anda yang mencari tempat wisata yang tergolong itu itu saja. Tomohon terdiri dari 35 desa di 5 sub distrik yaitu Barat, Timur, Tengah, Selatan dan Utara Tomohon. Di sepanjang jalan Tomohon baik sisi kanan mau pun kiri terdapat rumah makan dan penginapan. Pemandangan di sini didominasi oleh pohon kelapa.

Kota Bunga Tomohon ini mempunyai koleksi bunga yang sangat beragam. Kondisi tanahnya yang subur dan udaranya yang sejuk membuat tempat ini cocok untuk menanam segala jenis bunga. Tak heran jika kita dapat menjumpai banyak bunga dari tempat ini. Selain itu juga ada festival bunga yang biasanya diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Jika festival ini tiba, kota Tomohon bak hamparan bunga beraneka warna.

Baca Juga: Daftar Wisata Populer di Kota Manado

Buat Anda yang senang dengan bunga, sempatkan ke Tomohon untuk dapat melihat beberapa macam jenis bunga dan Anda juga dapat membelinya di tempat ini. Tomohon merupakan kota wisata dan tidak menerapkan biaya masuk pada wisatawan yang ingin berkunjung. Salah satu cara terbaik menikmati Tomohon adalah berkeliling menggunakan mobil. Atau Anda lebih baik berjalan kaki saja sambil menikmati udara Tomohon yang segar.

Pada Tahun 2015 lalu, Tomohon International Flower Festival dihelat pada tanggal 8 hingga 12 Agustus. Aneka jenis bunga krisan merupakan salah satu bunga yang mendominasi di kota cantik ini. Umumnya jenis bunga krisan yang sering terlihat adalah krisan putih dan kuning saja. Namun dalam festival bunga tahun lalu, Tomohon memperkenalkan 8 jenis varietas krisan baru yang tentunya akan semakin menambah daya tarik kota wisata bunga ini. Jadi selain menggerakkan roda perekonomian berbasis agrobisnis dan pariwisata, melalui festival bunga ini juga mendongkrak kemajuan teknologi, khususnya di bidang teknologi pertanian. Menariknya, Tomohon International Flower Festival akan dimeriahkan pula dengan hadirnya ratu bunga serta alunan orkes musik bambu  khas Minahasa. Tidak hanya itu, Anda juga akan disuguhi dengan tarian khas Maengket serta pawai warga yang menggunakan Jazirah Perang Cakalele.

Sebutan untuk baju adat khas Tomohon yang digunakan untuk berperang berwarna merah, lengkap dengan aksesoris tengkorak kera dan bulu burung rongkang.

Ketika Anda berkunjung ke kota ini selama musim berbunga maka Anda akan melihat pemandangan bunga berwarna warni yang menawan di kaki bukit yang indah. Pemandangan ini terlihat sempurna ketika matahari terbit dan embun muncul di pagi hari. Taman  Bunga Tomohon berada di kaki Gunung Lokon sekaligus menjadikan gunung ini sebagai latar belakang bunga-bunga yang terlihat sangat indah. Anda juga bisa berjalan di sepanjang jalan utama kota yang di penuhi toko-toko bunga. Sejumlah  pemilik taman bunga juga ada yang mengizinkan Anda untuk memetik dan memilih bunga yang Anda sukai.

Di Kota Bunga Tomohon Anda dapat menikmati fasilitas penginapan dengan mudah dan Anda dapat memilih penginapan seperti apa yang Anda butuhkan. Ada beberapa penginapan yang tersedia di permukiman warga, tempat ini biasanya dipilih sebagai alternatif untuk tetap dapat menikmati keindahan taman bunga di sekitar tempat ini. Di Kota ini juga terdapat pasar, di sini Anda dapat menjumpai banyak sekali kegiatan seperti penjual bunga, penjual makanan ekstrim seperti tikus, kelelawar, anjing, dsb. Jangan khawatir, tikus yang dimasak juga bukan tikus yang sering berkeliaran di dalam rumah. Namun, jenis tikus sawah atau tikus hutan yang bentuknya lebih besar.

Mungkin buat Anda tidak terbiasa untuk memakan makanan tersebut, tetapi untuk penduduk daerah sana, makanan tersebut adalah makanan yang sangat lezat. Makanan di sini semuanya menarik untuk dicoba. Cobalah untuk memakan sup brenebon. Sup yang berisi kacang merah ini memang sangat cocok dimakan selagi hangat di tengah dinginnya udara Tomohon. Selamat berkunjung.

Penulis: KSM Tour
Diberdayakan oleh Blogger.