Header Ads

Destinasi Wisata Mangrove Pandansari Brebes Menjadi Primadona Wisata Edukasi

Berawal dari misi penyelamatan pantai yang tergerus abrasi, Desa Kaliwlingi, Kecamatan/Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat Brebes dan sekitarnya. Yakni, wisata alam hutan mangrove sekarang banyak dikunjungi warga.

Wisata Mangrove di Brebes - Lokasi wisata ini berada di Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, yang berjarak 10 km dari kota. Selain hutan mangrove, keindahan alam juga terpapar dalam deretan pantai di pesisir utara sepanjang 36 kilometer. Masyarakat sekitar menyebutnya pulau pasir.

Pulau pasir merupakan tanah timbul berupa pasir laut dan berjarak sekitar 1,5 Km dari perumahan warga. Layaknya daratan, pantai ini terhampar di tengah-tengah antara tambak warga Pandansari dan Laut Jawa dengan luas hamparan sekitar 10 hektare.

Baca Juga: Wisata Manggrove di Gorontalo

Pengelola wisata alam, Mashadi, 46, mengatakan abrasi yang menggerus 850 Ha daratan pantai di tempat kelahirannya itu terjadi sejak tahun 1985 hingga 2010. Hal itu, membuat efek  domino bagi masyarakat berupa hilangnya mata pencaharian, pengangguran, kemiskinan, dan urbanisasi.

“Saat ini, 25 Hektar tambak yang terancam dapat terlindungi. Sementara sawah yang terkena interusi air laut dapat ditekan dan diolah kembali. Dari 22 Ha terdampak,  dapat dikelola 16 Ha,” kata pria peraih penghargaan Kalpataru tahun 2015 dari Presiden Joko Widodo ini, Sabtu, 1 Juli 2017, di lokasi wisata Mangrove.

Saat ini, dukuh Pandansari telah menjadi destinasi wisata baru yang menjadi primadona Kabupaten Brebes. Selama liburan lebaran, obyek wisata andalan kota bawang ini ramai pengunjung.

Baca Juga: Wisata Mangrove di Jawa Tengah

Untuk menuju lokasi wisatta, pengunjung harus menyewa perahu yang disediakan warga dengan biaya cukup terjangkau, yakni Rp20 ribu rupiah per orang. Perjalanan menuju hutan mangrove dan pulau pasir mebutuhkan waktu 15 menit ini.

Sampai di lokasi, pengunjung bisa menikmati hamparan luas Laut Jawa dengan birunya air laut dan pemandangan kapal-kapal nelayan yang berjalan menyisir pantai. Sementara disekelilingnya, tampak hamparan tambak dan rimbunannya tumbuhan mangrove (bakau).

Mengisi waktu liburan bersama keluarga pada suasana lebaran, destinasi wisata andalan Kabupaten Brebes ramai pengunjung. Salah satunya yakni Wisata Alam Hutan Mangrove yang terletak di Dukuh Pandansari Desa Kaliwlingi Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

Baca Juga: Wisata Mangrove di Sulawesi Tengah

“Sejak libur lebaran pengunjung terus bertambah. Hari pertama lebaran mencapai 2500 orang. Hari kedua meningkat 4.000 orang. Dan terus meningkat, tapi jika sudah mencapai 5000, loket kami tutup karena lokasi tidak muat,” kata Mashadi.

Salah satu pengunjung Bambang, 35, asal Tegal mengaku sangat menikmati wisata hutan mangrove itu. Ia sengaja mengajak keluarga untuk menikmati tracing sepanjang 3 km di hutan mangrove.

Baca Juga: Wisata Mangrove di Pulau Bali

“Selain tracking, kami juga menikmati wahana lain seperti taman kupu – kupu, taman burung, konservasi kepiting soka dan yang lainnya di sekolah alam hutan mangrove,” pungkasnya.

Untuk menjamin keselamatan pengunjung, pengelola wisata bekerjasama dengan petugas keselamatan. Di antaranya petugas keamanan dan kesehatan, seperti Tim SAR, Tim Medis, TNI dan Polri.

Penulis: Kuntoro Tayubi
Diberdayakan oleh Blogger.