Header Ads

10 Lokasi Wisata Alam Murah Meriah Di Pulau Dewata Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Untuk menyegarkan pikiran dan melepas penat, tak ada salahnya kalian berlibur ke suatu tempat yang dapat memanjakan mata kalian, dan memberi energi baru kepada kalian yang baru saja merasa stress menghadapi ujian.

Wisata Pulau DewataMaka beberapa tempat wisata di Bali ini bisa menjadi tujuan kalian berlibur bersama teman ataupun keluarga. Penasaran dimana saja tempat-tempat tersebut? Yuk kita simak!

1. Tukad Melangit, Antugan
Tempat wisata ini terletak di banjar Antugan, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli. Tempat wisata ini memberikan kalian suasana alam yang sangat indah dengan hijaunya pepohonan dari tebing-tebing yang menjulang indah dan birunya langit.

Untuk bisa menikmati keindahan alamnya, pengunjung disediakan semacam rumah panggung dari bambu dengan landasan memanjang sekitar 5 meter dari bibir tebing di ketinggian sekitar 300 meter!

Dan di sinilah lokasi incaran para pengunjung yang ingin ber-selfie ria sambil menguji adrenalin. Bagi kalian yang ingin kesana jangan khawatir dengan tiket masuk yang mahal, karena tiket masuk ke tempat wisata ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Hanya tersedia kotak untuk donasi sukarela saja. Hmmm menarik bukan?

2. Ngarai Rahasia di Sukawati
Terletak di dekat Pura Beji Guwang di daerah Sukawati terdapat sebuah ngarai keramat yang menakjubkan namun belum banyak diketahui orang. Bagi para seniman, fotografer, pekerja kreatif, atau siapapun yang ingin mencari inspirasi langsung dari keajaiban alam yang begitu indah, maka ngarai tersembunyi ini adalah solusi terbaiknya.

Susunan tebing yang membentuk ngarai ini sangat indah, tak kalah dengan ngarai-ngarai yang ada di luar negeri sana. Dan uniknya, komposisi warna bebatuan yang ada di ngarai ini semakin menambah kesan fantasi dan pastinya akan jadi sajian menarik bagi mata Anda.

Untuk menuju ngarai ini, Anda perlu ekstra hati-hati karena harus melalui beberapa anak sungai yang berlumpur, serta mendaki bebatuan yang licin. Kalau yakin bisa melakukannya, maka kunjungilah tempat rahasia yang spektakuler ini!

3. Kolam tersembunyi di Angel’s Billabong
Terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, kolam indah ini terbentuk dengan sendirinya alias alami. Untuk menuju Pulau Nusa Penida, kalian harus naik kapal dari Sanur. Lokasi Angel’s Billabong tidak terlalu jauh dari Pasih Uwug, sekitar setengah kilometer dari Manta Point ke karang di sekitarnya, lalu turuni salah satu dinding karang untuk menjumpai kolam rahasia yang super unik dan indah ini.

Yang bikin ‘kolam’ ini tambah menarik adalah air sejernih kristal sehingga kalian dapat melihat dasarnya yang memancarkan semburat warna kehijauan layaknya zamrud. Rupanya, warna tersebut berasal dari dasar ‘kolam’ di mana Anda bisa melangkah di atasnya tanpa khawatir akan terpeleset, karena tidak licin dan begitu nyaman seolah sedang berjalan di hamparan permadani nan hijau. Wow sungguh menyenangkan bukan?

4. Pantai Atuh di Nusa Penida
Di Nusa Penida kalian dapat menemukan beberapa pantai terpencil paling indah di Bali, salah satunya adalah Pantai Atuh yang terletak di pesisir timur pulau ini.

Dilihat dari kejauhan, pantai berpasir putih di sebuah teluk ini tampak begitu memukau, diapit oleh Tanjung Juntil yang menjorok ke laut di sebelah kiri, serta pulau karang nan curam Labuan Ampuak di sebelah kanannya.

Pemandangan Pantai Atuh akan lebih spektakuler lagi pada saat permukaan air laut sedang surut, karena kalian akan dapat melihat batu-batu karang di sekitarnya dengan lebih jelas, sehingga menambah kesan dramatis.

Jika kalian ingin berkunjung kesana, maka kalian harus memulai perjalanan dari Pantai Sanur, ada beberapa kapal menuju ke Pulau Nusa Penida. Ongkosnya berkisar antara Rp 40.000,- hingga Rp 350.000,- tergantung jenis kapal yang kalian pilih. kalian juga dapat menyeberang ke Nusa Penida menggunakan angkutan feri yang tersedia di pelabuhan Padang Bai, dengan tarif Rp 31.000,- sekali jalan.

Setibanya di Nusa Penida, Pantai Atuh dapat dicapai melalui dua arah yaitu Banjar Pelilit (20 km dari pelabuhan Buyuk) dan dilanjutkan dengan jalan tanah kurang lebih 2 km. Alternatif lainnya dari Banjar Kelodan (17 km dari Buyuk) dilanjutkan dengan kurang lebih 5 km jalan tanah. Agar lebih mudah, selain menyewa sepeda motor, kalian juga dapat menyewa mobil plus supir. Namun usaha kalian untuk bisa kesana tak akan sia-sia karena tergantikan dengan pemandangan yang “Wow” dan tak bisa terlupakan.

5. Tujuh Air Terjun spektakuler di Secret Gardens of Sambangan
Tempat rekreasi alami ini berada di wilayah Desa Sambangan, Singaraja. Tempat rekreasi alami ini bukan hanya terdapat satu, dua, atau tiga, melainkan tujuh buah air terjun yang masing-masing memiliki keindahan dan tersendiri!

Ketujuh air terjun tersebut antara lain Air Terjun Pucuk, Air Terjun Kembar, Air Terjun Aling-Aling, Air Terjun Canging, Air Terjun Kroya, Air Terjun Dedari dan Air Terjun Cemara. Untuk bisa melihat semuanya, dibutuhkan waktu sekitar tiga jam trekking di tengah hutan dengan pemandangan sekitar yang begitu alami.

Di tiap air terjun terdapat kolam dengan air pegunungan yang bersih dan bening, pas untuk beristirahat sejenak melepas lelah setelah melakukan perjalanan panjang. Kalian bahkan dapat memacu adrenalin dengan melompat atau meluncur di beberapa air terjun tersebut!

Jika kalian berkunjung kesini, maka datanglah ke resort terdekat yang berda di Lovina dan disarankan agar Kalian bermalam di sini sebelum melakukan trekking ke tengah hutan. Untuk mendapatkan spot-spot terbaik, ada baiknya jika Kalian menyewa jasa pemandu. Dari Lovina Kalian bisa bertanya mengenai paket tur ke Desa Sambangan, yang jaraknya sekitar 20 menit berkendara.

6. Air Terjun Peguyangan, Nusa Penida
Berbeda dengan kebanyakan air terjun di Bali yang mencurahkan air dari ketinggian vertikal, Air Terjun Peguyangan merupakan mata air yang mengalir menyusuri lereng bertingkat yang tidak terlalu tinggi sebelum akhirnya menuju ke laut.

Di lereng bertingkat sebelum menuju laut tersebut Kalian dapat menikmati ‘spa alami’, dan merasakan sensasi dipijat oleh air yang mengalir deras melalui celah-celah bebatuan dan birai yang dangkal.

Untuk mencapai mata air tersebut kalian harus menuruni tangga yang cukup curam di dinding tebing. Setelah sekitar 460 anak tangga, barulah kalian dapat melihat pemandangan aliran air bertingkat yang indah sekaligus menyegarkan tersebut.

Ini nih Blog Unik bagi caranya kesana bagi kalian yang berminat berkunjung kesana, namun jangan heran karena belum banyak penduduk lokal yang tau tempat wisata ini ya, karena memang masih sangat alami dan tersembunyi. Untuk menuju Peguyangan, rencanakan perjalanan Anda bersama tour operator yang berpengalaman, atau sewa kendaraan pribadi dengan pengemudi yang tahu cara ke Air terjun tersembunyi ini.

7. Panorama Magis Gunung Batur Dilihat dari Desa Pinggan
Gunung Batur adalah gunung berapi aktif yang paling sering dikunjungi. Namun biasanya para turis lebih memilih menikmati kemegahan gunung ini dari Desa Batur yang sama-sama berada di Kecamatan Kintamani ini.

Kali ini cobalah kalian melihat panorama Gunung Batur dari sebuah desa yang lebih terpencil, Desa Pinggan. Dijamin akan jauh lebih elok dan anggun. Suasananya yang sunyi dan tenang bakal menyihir kalian dan semakin mendapatkan panorama magis gunung setinggi 1.717m ini.
Saat matahari menyingsing di ufuk timur dan terbenam di barat merupakan momen yang paling pas untuk menikmati keindahan Gunung Batur. Pemandangan di waktu malam pun tak kalah mempesona, dengan pendaran lampu dari Desa Pinggan di kaki gunung, serta siluet gunung dengan latar belakang cahaya bintang di langit kelam.

Untuk bisa sampai ketempat ini kalian tidak perlu menggunakan paket tur wisata Gunung Batur, karena mereka tidak akan singgah di desa Pinggan. Lebih baik kalian merencanakan perjalanan ke sana sendiri. Kawasan wisata terdekat dari desa ini adalah Ubud, yang berjarak sekitar 45Km atau satu jam perjalanan.

8. Menyaksikan Water Blow yang Memukau di Nusa Dua
Jika kalian ingin melihat dan menikmati rasanya terkena semburan air laut yang spektakuler. Maka kunjungilah tebing karang tersembunyi di kawasan Nusa Dua ini untuk menyaksikan keajaiban alam ini dengan mata kepala Anda sendiri!

Fenomena alam ini terbentuk dari gelombang ombak Samudera Hindia berkecepatan tinggi yang menghantam celah sempit di antara tebing karang, sehingga menghasilkan hempasan air yang luar biasa hingga tersembur tinggi ke atas!

Namun kalian harus tetap berhati-hati ya dan ingat untuk menjaga jarak saat melihatnya.

Lokasi Water Blow Nusa Dua ini berada tepat di belakang area Hotel Grand Hyatt, kawasan terpadu BTDC Nusa Dua. Di situ Anda akan menemukan gerbang bertuliskan Water Blow, dan tinggal ikuti saja jalan setapak yang ada.

9. Harta Terpendam di Pantai Suluban
Bagi banyak orang, Pantai Suluban dikenal sebagai surganya para peselancar. Tapi tahukah kalian kalau pantai ini menyimpan harta terpendam yang sangat unik, yaitu Gua Pantai Suluban.

Sekilas gua ini terlihat seperti latar film Pirates of the Carribbean yang menyiratkan kesan mistis dan misterius.

Terletak tepat di bawah Uluwatu, kalau disusuri gua ini akan membawa Anda menuju pantai dekat Pura Uluwatu, sebuah pura di tepi laut yang juga layak untuk Anda kunjungi!

Berlokasi di Desa Pecatu, Kuta Selatan, dari Pantai Padang-Padang, jika kalian ingin berkunjung kesana, kalian tinggal mengikuti jalan menuju arah selatan, melewati sebuah jembatan di atas Pantai Padang Padang. Ketika bertemu pertigaan, belok ke kanan hingga akhirnya kalian menjumpai tempat parkir Pantai Suluban.

10. Piknik Asyik di Bukit Asah
Ini nih tempat paling asyik bagi kalian yang ingin menikmati masa liburan dengan piknik atau kemah dengan teman atau keluarga.

Di atas bukit ini Anda dapat berkemah sambil melihat panorama laut Bali yang indah, batu-batu karang, serta pulau-pulau kecil.

Di sini juga terdapat lereng yang bisa dijadikan spot romantis untuk menikmati pemandangan matahari terbit bersama pasangan.

Berlokasi di Desa Bugbug, Karangasem. Untuk menuju kesana, Dari kawasan Bandara Ngurah Rai atau Pantai Kuta hanya butuh sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Dari obyek wisata populer di Karangasem, Pantai Candidasa untuk menuju Bukit Asah memerlukan waktu kurang lebih 30 menit. Setibanya di Desa Bugbug maka Anda tinggal mengikuti papan petunjuk arah menuju Bukit Asah. Kalian hanya memerlukan uang dua ribu rupiah untuk masuk ke tempat indah ini.

Penulis: Wisata Unik
Diberdayakan oleh Blogger.