Header Ads

Pesona Keindahan Pantai Goyang dan Bukit Cinta Di Lawe Alas

Berbicara keunikan nama tempat, tentu bukan lagi sesuatu yang baru di kalangan pencinta wisata, panorama keindahan alam yang di tawarkan untuk kalangan yang hobinya arung jeram, Lawe Alas (Dalam bahasa Alas Air=Lawe) merupakan salah satu tempat yang rugi apabila di lewatkan, di Lawe Alas ini banyak objek wisata yang bisa di nikmati, Lawe Alas berada di Kota Cane,  Aceh Tenggara.

Wisata Alam - Di Aceh Tenggara terdapat objek wisata yang namanya cukup unik, nama objek wisata ini ataupun nama tempat ini adalah Pantai Goyang dan Bukit Cinta. Bercerita mengenai asal muasal nama yang unik ini, nama yang terjual mahal ini bukan merupakan suatu ilusi juga bukan merupakan suatu nama tanpa alasan.

Berawal dari Bukit Cinta yang bukan lagi suatu tempat yang langka di kalangan anak muda Kota Cane (Kocan, Nama keren dari kota penghasil coklat dan kolam ikan air tawar jenis ikan Mujahir dan Bawal ini), konon berdasarkan cerita yang  tersebar dimasyarakat sekitar, perbukitan yang dipenuhi oleh touris lokal dan touris asing sekarang ini, dahulu merupakan tempat bagi kaum muda guna untuk melihat keindahan kota  yang menawarkan keindahan perbukitan dan sungai yang mengalir di pinggiran dan tengah kota.

Dikarenakan perbukitan yang acap kali di kunjungi oleh kaum muda ini kemudian mereka menyebut tempat yang selalu di penuhi remaja-remaja yang hampir dewasa ini dengan nama “Bukit Cinta”.

Pemandangan alam dari Bukit Cinta
Sedangkan nama lain yang juga nama objek wisata yang unik adalah Pantai Goyang. Pantai Goyang nama tempat yang apabila kita mendengar namanya seakan kita teringat dengan musik yang di rajai oleh bung  Rhoma Irama yaitu musik dangdut, dimana musik ini tidak asyik tanpa dilengkapi dengan goyang.

Pohon Waru ( Jenis pohon ini tumbuh di pinggiran sungai Lawe Alas ) yang menjadi alasan yang sangat berpengaruh dalam pemberian nama pantai yang tak akan di lewatkan oleh wisatawan ketika melepas dahaga ke kota yang di kenal dengan kemajmukan suku, agama, dan bahasa ini.

Diceritakan masyarakat setempat, Pantai Goyang ini bermula bersal dari goyangan cabag kayu yang dihantam arus air sungai,  pohon itu bernama pohon Waru,  dari goyangan cabang pohon Waru tersebut maka pantai ini disebut warga dengan Pantai Goyang.
Pantai yang sering di manfaatkan oleh wisatawan untuk memanggang ikan dan ayam ini yang paling ramai di kunjungi saat hari libur, pengunjung bukan hanya dari sekitar Aceh Tenggara bahkan Touris Asing menyempatkan diri menikmati kesejukan Sungai Lawe Alas kebanggaan warga kota Cane ini.

Perjalan menuju kedua distinasi wisata Kocan ini  tidak jauh hanya setengah jam perjalan mengendarai speda motor dari pusat Kota Cane,  ibu kota Aceh Tenggara,  inilah yang membuat tempat ini selalu di penuhi kunjungan wisatawan.

Selaian Pantai Goyang dan Bukit Cinta Aceh Tenggara masih punya banyak tempat yang wajib untuk di kunjungi, diantaranya Pantai Barat, Pantai Timur, wisata international Ketambe, Cagar Alam Gunung Lauser, Jamur Mamang, Air Panas, Lawe Gerger, Air Terjun Lawe Dua, Air Panas Uning Segurgur, Taman Islamic Center, Pantai Dona. dan wisata Religi yaitu Masjid Agung At-Taqwa.

So, menabunglah untuk berkunjung ke Kota Cane, dijamin tidak sia-sia karena semua penat dan beban hidup anda akan terlepas bila berkunjung dan menikmati obejek wisata alam yang ada di Kota Cane, Aceh Tengga,  bumi Sepakat Segenep, tanah Gayo Alas yang kaya ini.

Penulis: Sadra Munawar
Diberdayakan oleh Blogger.