Header Ads

Menikmati Pesona Alam Danau Tempe Di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di Sulawesi Selatan adalah Danau Tempe. Danau Tempe menjadi salah satu obyek wisata favorit wisatawan yang berlokasi di kecamatan Tempe, kabupaten Wajo (Sengkang), Sulawesi Selatan. Danau ini merupakan salah satu danau yang terbentuk dari aktifitas tektonik bumi.

Wisata Populer di kabupaten Wajo - Jika anda start dari pusat Kota Makassar, anda hanya butuh waktu kurang lebih 6 jam untuk sampai ke Danau Tempe menggunakan kendaraan roda empat.

Senja di Danau Tempe
Selain sebagai obyek wisata yang mempesona, Danau Tempe juga dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai lahan mata pencaharian mereka. Di Danau Tempe hidup berbagai macam spesies ikan air tawar yang mungkin tidak anda jumpai di tempat lain. Bahkan spesies ikan air tawar paling banyak di dunia ini diklaim berada di Danau Tempe. Selain itu, penduduk juga memanfaatkan Danau Tempe untuk minum, mandi, ataupun mencuci.

Baca Juga: Pantai Pa’badilang Merupakan Pesona Alami Dari Pantai Utara Pulau Selayar

Selain banyak terdapat spesies ikan air tawar, di Danau Tempe juga bisa anda temui keunikan yang lain. Di sini anda bisa jumpai puluhan rumah terapung yang ditinggali penduduk setempat. Anda bisa berkeliling danau menggunakan perahu yang tersedia di sana untuk bisa lebih jelas melihat langsung bagaimana rumah apung itu. Menggunakan perahu kurang lebih selama 50 menit anda bisa sampai ke rumah apung ini. Rumah apung ini dibangun mengunakan bambu dan tanpa sekat, jadi hanya ada satu ruangan untuk berbagai aktifitas. Untuk dapur dan kamar kecil biasanya ditempatkan di bagian belakang rumah apung. Waktu yang tepat untuk berkeliling Danau Tempe sebaiknya di pagi hari atau sore hari.

Rumah Apung di Danau Tempe Sulawesi Selatan
Selama berkeliling danau, anda bisa menyaksikan aktifitas penduduk setempat sebagai nelayan yang sedang mencari ikan. Banyak jaring ikan yang dipasang oleh nelayan di sini. Tanaman enceng gondok juga menghiasi di sebagian kawasan Danau Tempe. Di sini, berbagai spesies burung seperti burung bangau atau belibis banyak tersebar di kawasan danau.

Lomba Perahu di Danau Tempe Kabupaten Wajo
Jika anda berniat berlibur ke Danau Tempe saya sarankan untuk berangkat sebelum tanggal 23 Agustus karena tiap setahun sekali tepatnya pada tanggal 23 Agustus di Danau Tempe biasanya diadakan ritual upacara adat yang bertujuan untuk mensucikan Danau Tempe yang diberi nama ritual Maccera Tappareng. Upacara adat ini dilakukan dengan pemotongan sapi yang dipimpin langsung oleh ketua nelayan setempat. Selain bisa menyaksikan ritual adat ini, anda juga akan disuguhi berbagai kegiatan selama ritual berlangsung seperti lomba perahu tradisional, lomba perahu hias, pemilihan ana atau dara (gadis) dan kallolona (pemuda) Tanah Wajo, padendang (menabuh lesung). Ada pula acara pagelaran musik tradisional yang sangat unik yaitu tari Bissu yang dimainkan oleh para waria.

Memang Danau Tempe menjadi salah satu obyek wisata yang cukup unik yang dimiliki Bangsa Indonesia. Selain anda bisa menimati keindahan alamnya, anda juga bisa mengetahui lebih jauh tentang adat istiadat penduduk setempat, yang tentunya akan menambah pengetahuan akan kekayaan alam Indonesia.

Penulis: Tempat Wisata
Diberdayakan oleh Blogger.