Header Ads

Bukit Jalin Merupakan Destinasi Wisata Yang Penuh Hamparan Perbukitan Hijau di Aceh

Wisata alam Aceh tak selalu tentang pantai. Wisata perbukitan di Aceh juga sangat menyenangkan. Seperti di Bukit Jalin yang terletak di Desa Jalin, Kecamatan Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Rerumputan yang hijau di bukit ini terlihat bak permadani raksasa yang akan membuat Anda takjub.
Bukit Jalin, demikian orang-orang menyebutnya. Bukit Jalin merupakan sebuah bukit yang menyuguhkan pemandangan luar biasa dengan hamparan padang rumput yang memeluk Bukit Jalin dan dibelah aliran sungai yang bergemericik di bawahnya. Tidak salah bila bukit ini menjadi pilihan destinasi liburan di akhir pekan bersama teman atau sahabat anda.
Bukit Jalin sangat sering terdengar pada tahun 2010. Bukit Jalin sangat terkenal luas kala itu dan menjadi pemberitaan di media cetak dan elektronik yang sangat hangat dikarenakan menjadi sarang dan tempat latihan bibit teroris. Kesan negatif pun sangat erat dengan bukit yang indah ini. Kini kesan negatif itu sudah hilang digantikan dengan kesan positif dan menjadikan tempat salah satu tempat wisata baru yang menyajikan keindahan.
Untuk menuju ke Bukit Jalin dari arah Banda Aceh membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Sampai di simpang Jantho belok ke arah gerbang masuk ke Kota Jantho. Dari gerbang “Selamat Datang di Kota Jantho” terus saja kira-kira 10 KM sampai Bundaran Sp. 5 Kota Jantho. Dari situ terus saja kira-kira 5 KM dan berbelok kanan setelah Kantor Bupati Jantho. Anda terus saja kira-kira 10 KM nanti akan banyak petunjuk arah yang akan ditemui hingga Anda menemukan sebuah jembatan baja. Disinilah pemberhentian terakhir untuk parkir kendaraan bermotor.
Sebelum masuk ke area bukit, terdapat petugas yang meminta retribusi. Di tempat parkir ini anda bisa sekalian melepas lelah sekaligus mengisi perut dengan melahap makanan dan minuman yang dijajakan pedagang. Setelah itu Anda bisa mendaki ke puncak Bukit Jalin. Siapkan fisik karena mendaki bukit ini cukup menguras tenaga. Pendakian dimulai dengan bukit yang sangat menanjak. Untuk menuju puncak Anda harus melewati sekitar 5 anak bukit hingga ke Puncak Bukit Jalin.
Mendaki Puncak Bukit Jalin harus dilakukan dengan super hati-hati. Mengingat kondisi bukit yang sangat terjal. Rasa sangat lelah Anda akan  terbayarkan dengan pemandangan dari atas Puncak Bukit Jalin ini. Tempat ini sangat tepat untuk menghabiskan waktu weekend anda dan untuk yang hobi dengan photografi sangat cocok pemandangan dari atas bukit ini menjadi objek foto Anda.
Penulis: KSM Tour
Diberdayakan oleh Blogger.