Header Ads

10 Rekomendasi Tempat Wisata Alam Populer di Bontang, Kalimantan Timur

Bontang adalah kota yang memiliki segudang keindahan dan pariwisatanya yang sangat indah dan popular di Kalimantan Timur. Sebut saja ada taman, kebun binatang, berbagai gunung dan pegunungan, hutan, dan masih banyak lagi tempat wisata di Bontang paling indah dan populer lainnya.

Wisata Populer di Bontang - Sekarang waktunya menyelusuri apa saja daftar tempat wisata di Bontang paling popular yang sangat sayang untuk ditinggalkan begitu saja.

1. Taman Nasional Kutai (TNK)
Tempat wisata di Bontang pertama yang akan kita bahas adalah Taman Nasional Kutai yang dijadikan salah satu tempat wisata andalan dari Kalimantan TimurTaman ini memiliki tujuan wisata alam sekaligus untuk merehabilitasi kawanan orang utan yang mulai langka. Selain sebagai tempat rehabilitasi, wisata ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk berkemah, penelitian fauna dan flora, dan pendidikan alam. Taman Nasional Kutai ini terdiri dari 200 ribu hektar dengan berbagai vegetasi alam yang tinggal didalmnya.

2. Pulau Beras Basah
Pulau Beras Basah adalah tempat wisata di Bontang paling indah. Tak lengkap rasanya jika kita berkunjung ke Kalimantan Timur jika belum berkunjung ke Pulau Beras Basah ini. Pulau yang  menjadi primadona bagi masyarakat Bontang dan wisatawan dari mancanegara ini adalah tempat yang pas untuk beristirahat sejenak dari segala aktifitas yang menyibukkan.

Pantai Beras Basah adalah pantai yang memiliki pasir putih yang bersih dengan Ombak pantai yang tenag. Sehingga akan membuat kita merasa betah saat berkunjung.Ciri khas yang dimiliki dari pulau Beras Basah adalah mercusuar putih yang belum tahu kapan dibangunnya.

3. Bontang Kuala
Bontang kuala adalah tempat wisata di Bontang yang difungskan sebagai tempat untuk penangkaran koala yang lucu ini. Bontang kuala adalah wisata lain yang sangat diandalkan dari kota Bontang. Bagian yang mengunikkan disini adalah areal perkampungan yang terapung diatas air danau. Bontang kuala adalah pemukiman yang terlihat rapi dan sangat  bersih.

Jika kita berencana berlibur dan menjelajah Bontang Kuala tak ada salhnya jika kita berjalan kaki ataupun kalau terpaksa menggunakan sepeda montor. Karena diwisata ini ada larangan untuk memasukkan kendaraan roda empat ke areal wisata. Untuk mencapai Bontang Koala, kita hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit dari timur kota Bontang.

4. Teluk Kaba
Tempat Wisata di Bontang yang popular selanjutnya adalah Teluk Kaba. Teluk Kaba adalah teluk yang masih masuk kedalam bagian dari Taman Nasional Kutai. Teluk kaba adalah tempat wisata yang dikhususkan untuk mereka yang memiliki jiwa pemberani karena adanya berbagai wahan permainan yang memancing daya andrenalin akut kita. Misalkan saja kegiatan outdoor seperti camping, snorkeling, dan juga trekking, serta bisa juga menjelajah hutan Kaba yang merupakan salah satu pengalaman berwisata yang tak akan pernah disayangkan.

Baca Juga: Inilah 10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia Yang Wajib Untuk Dikunjungi

5. Pantai Marina
Pantai Marina adalah pantai yang berlokasi tak jauh dari Kota Bontang atau berada di selatan Kota Bontang. Pantai Marina selain digunakan sebagai tempat wisata, juga digunakan sebagai  pelabuhan PT Badak NGL untuk berbagai keperluan bongkar maut kapal tanker. Awalnya pantai Marina adalah pantai yang hanya dikususkan oleh karyawan dan keluarha perusahaan terkait. Namun lambat laun wisata ini dibuka untuk umum. Selain memiliki pantai yang bersih, pantai ini juga memiliki banyak pohon cemara yang tumbuh disekitar pantai.

6. Desa Selangan dan Tihi-Tihi
Desa Selangan dan Tihi- tihi adalah tempat wisata di Bontang yang memiliki sejumlah keunikan. Tempat wisata paling indah di Botang ini berada tengah- tengah selat Makassar.

Masyarakat yang tinggal dan mendiami desa ini bermata pencaharian sebagai nelayan tradisional yang sering membudidayakan berbagai jenis rumput laut yang digunakan sebagai bahan dasar ebrbagai makanan pokok Desa Selangan. Dan yang lebh membanggakan lagi, hasil dari budidaya terssebut di eksport ke luar negeri seperti Jepang, Hongkong, China dan ke berbagai daerah lain di nusantara.

7. Pulau Gusung
Pulau Gusung tempat wisata di Bontang yang berlokasi di utara Bontang dengan jarak sekitar 6 mil dari tengah laut. Untuk bisa ke Pulau Gusung, kita perlu menaiki speed boat dengan waktu tempuh sekitar 20 hingga 25 menit.

Pulau Gusung adalah pulau yang didiami sekitar 300 kepala keluarga dengan mata pencaharian utama sebagai nelayan. Aktivitas nelayan tradisional yang ada di Pulau Gusung ini  salah satunya adalah memancing ikan, menjarin berbagai ikan, dan menangkap ikan dengan bubu.

8. Taman Cibodas
Taman Cibodas adalah taman alami yang saat ini berada dalam penguasaan  PT. Pupuk Kaltim. Pada saat musim liburan, taman ini menjadi taman yang sangat ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari local daerah ataupun dari daerah lain sekitar Bontang

Di tempat wisata Bontang paling populer ini, tersedia berbagai fasilitas rekreasi seperti wahana  bermain untuk anak- anak, tempat makan keluarga, cafĂ© mini, tempat duduk yang yang bisa di putar, patung binatang, dan berbagai barang yang dilestarikan dan dijaga oleh LSM setempat.

9. Melbuh Perahu
Melbuh perahu adalah salah satu tempat wisata di Bontang yang sangat unik. Upacara yang dilakukan dengan menggunakan miniatur kapal tersebut, lalu miniatur kapal dihanyutkan. Upacara ini sering diadakan menjelang bulan Mulud atau setelah musim panen. Tujuan utama dari diadakannya upacara ini adalah untuk mengusir berbagai penyakit yang ada di desa ini.

10. Erau Pelas Benua, Guntung
Guntung adalah satu daerah skral yang berada di Kota Bontang. Daerah ini memiliki penduduk yang mayoritas masyarakatnya berbatasan dengan Kutai Timur. Erau Pelas ini adalah tempat wisata di Bontang yang menjadikan upacara tersebut menjadi obyek wisatanya. Erau atau Eroh memiliki arti ramai atau penuh sukacita. Sedangkan Pelas memiliki arti membersihkan wilayah dari hal-hal yang negatif.

Nah itu tadi daftar nama tempat- tempat wisata di Bontang paling indah dan populer. Jadi jika perkunjung ke Kalimantan Timur, maka jangan lewatkan 10 tempat wisata di Kota Bontang yang harus kamu kunjungi.

Penulis: Portal Lihat
Diberdayakan oleh Blogger.