Header Ads

Pantai Batu Lamampu Merupakan Pesona Ambalat di Kalimantan Utara

Pulau Sebatik memiliki objek wisata salah satunya adalah Pantai Batu Lamampu. Pantai ini merupakan salah satu icon di Pulau Sebatik yang dapat mendatangkan turis asing maupun turis domestik. Pantai Batu Lamampu terletak di Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Wisata Kalimantan - Pantai ini menawarkan pesona Ambalat, perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Keindahan daerah perbatasan antara Indonesia dan negeri jiran ini akan tampak memesona saat anda amati dari Pantai Batu Lamampu karena letaknya yang menghadap langsung ke perbatasan dengan garis pantai yang menakjubkan.

Istilah Batu Lamampu berasal dari bahasa Tidung yang artinya batu yang timbul dan tersusun ke arah laut. Menurut masyarakat setempat, batu ini selalu muncul ke atas permukaan dan tak pernah tenggelam meskipun air laut pasang.

Batu keramat di Batu Lamampu kerap menjadi tempat persinggahan para wisatawan. Di atas tumpukan batu karang itu terdapat pohon beringin. Warga mempercayainya, dengan mengikatkan seutas tali pada pohon dan menyebutkan nama orang yang diinginkan menjadi pendamping hidup, pasti niat tersebut akan terkabulkan.

Pantai ini mempunyai panorama laut yang indah, pasir putih yang indah, tumpukan karang, dan tumpukan batu yang menuju arah laut lepas. Pantai ini biasa juga digunakan untuk champing, membuat ivent, pengibaran bendera 1000 meter dan kegiatan yang lainnya.

Berbagai aktivitas dapat dilakukan wisatawan di Pantai Batu Lamampu. Mulai dari bakar-bakar ikan, sekadar berfoto dengan pemandangan pasir putih, serta ada pula yang berenang.

Untuk berwisata ke Pantai Batu Lamampu, Anda harus menyeberang laut terlebih dahulu ke Dermaga Mantikas Kecamatan Sebatik Barat. Untuk warga Nunukan bisa melalui perahu dan feri, untuk transportasi perahu melalui rute Pelabuhan Sungai Jepun - Pelabuhan Binalawan sedangkan untuk transportasi feri melalui rute Pelabuhan Sungai Jepun-Pelabuhan Feri Liang Bunyu.

Untuk warga Malaysia biasanya melalui pelabuhan Tawau (Malaysia) - Pelabuhan Sungai Nyamuk sedangkan untuk warga Tarakan biasa melalui trasportasi speedboat dan feri.

Penulis: KSM Tour
Diberdayakan oleh Blogger.