Header Ads

Danau Baikal Merupakan Danau Terbesar Dan Terdalam Di Dunia

Berdasarkan volume airnya, Danau Baikal adalah danau air tawar terbesar di dunia dan danau terdalam di dunia. Danau Baikal juga disebut sebagai danau tertua di dunia dan merupakan rumah bagi sekitar 1.800 spesies tanaman dan hewan endemik.

Pesona Alam - Danau Baikal secara historis memainkan peran besar dalam imajinasi orang Rusia. Danau yang menarik lebih dari 500.000 turis per tahun ini memainkan bagian sentral dalam banyak mitos lokal dan muncul di cerita rakyat Rusia, menjadi keindahan alami dari Rusia yang kadang-kadang disebut sebagai Laut Suci.

Ada 27 pulau di Danau ini, sebagian besar tidak berpenghuni. Yang terbesar adalah Pulau Olkhon, 72 km panjangnya. Di Olkhon ini terdapat sebuah desa dengan sekitar 1.500 orang tinggal di sana.

Danau Baikal Rusia
Pada tahun 1996, Danau yang berada di daerah Siberia ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Danau Baikal tepatnya terletak di selatan-tengah Rusia dekat perbatasan Mongolia. Kota terbesar di dekatnya adalah Irkutsk.

Volume air Danaunya mencapai 23.013 kilometer kubik. Kedalaman maksimum berada pada 1.632 meter dengan rata-rata kedalaman 744 m. Sementara titik terendahnya berada pada 1.219 m di bawah permukaan laut. Luas permukaannya sendiri adalah 31.722 km persegi; Panjangnya 640 km, lebar 79,5 km s/d 25 km (lebar rata-rata 47 km).

Meskipun di Siberia selatan, tanah di sekitar Danau Baikal umumnya lebih hangat, tapi di musim dingin masih akan sangat dingin. Suhu udara rata-rata di musim dingin adalah -21 C.

Danau ini membeku di musim dingin dan biasanya mencair pada Mei atau Juni. Di musim panas, suhu udara rata-rata adalah 11 C. Suhu air pada bulan Agustus bisa sekitar 10 C.

Selama musim panas, Danau yang dipenuhi dengan es meleleh dari pegunungan Siberia ini airnya sangat jernih. Kejernihan itu selain hasil dari kemurnian es, juga karena plankton, dan kurangnya garam mineral di danau.

***

Diperkirakan berumur 25 juta tahun, Danau Baikal menjadi salah datu danau tertua di dunia. Bagian dari cekungan Baikal dikembangkan pada waktu yang berbeda sepanjang Periode Tersier (66.000.000-2.600.000 tahun yang lalu) dan sekitar pegunungan itu terbentuk oleh patahan kerak bumi yang bergerak.

Menurut World Heritage Komisi UNESCO, Danau Baikal yang juga disebut “Galapagos Rusia” ini memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa dan penting; Usia, isolasi, dan air beroksigen dalam Danau Baikal telah mengakibatkan salah satu dari ekosistem air tawar terkaya di dunia.

Sekitar 80 persen dari lebih dari 3.700 spesies yang ditemukan di Danau Baikal adalah endemik–artinya mereka tidak ditemukan di tempat lain di Bumi.

Mungkin yang paling terkenal dari spesies ini adalah Nerpa. Spesies endemik lainnya termasuk ikan scaleless golomyanka dan omul; ikan putih yang menjadi salah satu hidangan paling terkenal di tempat ini.

Lebih dari 50 spesies ikan hidup di sini. Spesies invertebrata air meliputi lebih dari 100 spesies cacing datar, lebih dari 700 spesies anthropods (serangga, arakhnida dan krustasea) dan lebih dari 170 jenis moluska.

Spesies darat di sekitar Danau termasuk di antaranya beruang, rusa, rusa, babi hutan, rusa roe Siberia, polecats, cerpelai, musang dan serigala. Minks Amerika juga tinggal di sekitar Danau Baikal.

Puluhan jenis pohon, termasuk cedar dan pohon cemara, tumbuh di wilayah Danau. Beberapa pohon bahkan berusia sampai 800 tahun. Pohon Angara pinus adalah asli daerah ini.

Penulis: Rahayu Mulya
Diberdayakan oleh Blogger.