Header Ads

Pulau Mutiara (Malangke) Merupakan Salah Satu Icon Wisata dari Bombana

Pulau Malangke (Mutiara) terletak sebelah Tenggara pelabuhan Kasipute Kabupaten Bombana Sultra. Bisa dicapai hanya 15 menit dengan speedboat atau 30 menit menggunakan perahu kayu (tentunya yang mempunyai mesin).

Wisata Populer di Bombana - Kalau dayung, sekalian olahraga (silahkan hitung sendiri waktu tempuhnya). Hampir setiap hari libur (Sabtu/Minggu) pulau ini ramai dikunjungi oleh masyarakat. Pulau ini mulai dipromosikan oleh Pemda Kabupaten Bombana sekitar pertengahan tahun 2007.

Pulau Malangke sudah dilengkapi gazebo/saung dan fasilitas wc umum. Potensi yang baru dikembangkan adalah bagian sisi Barat dengan garis pantai yang datar serta hamparan pasir putihnya. Pulau Malangke tidak terlalu luas, tetapi sebagai tempat rekreasi pulau ini dapat dipilih sebagai alternatif tempat wisata.

By the way, Pulau Malangke artinya adalah Pulau Mutiara karena dulunya dipulau ini pernah dibudidayakan mutiara laut oleh investor Jepang, namun karena sesuatu hal investor jepang ini mengalihkan invenstasinya ke Nusa Tenggara Barat. Disekitar pulau Malangke masih terdapat beberapa pulau kecil yang cukup indah yang kondisi pantainya sama dengan Pulau Malangke, seperti Pulau Maginti, Pulau Cang Goreng, Pulau Masaloka. Diperairan keempat pulau tersebut sering digunakan oleh orang-orang yang hobi memancing, dikarenakan lautnya yang tidak terlalu berombak serta banyaknya jenis ikan-ikan yang bagus untuk dipancing (tentunya enak juga untuk di bakar dan dimakan).

Namun sayang, saat ini potensi Pulau Malangke belum diolah/dikelola secara maksimal oleh Pemda setempat. Andaikan saya punya modal yang cukup, saya akan kelola secara optimal dan bisa menjadi juragan pulau.

Info:
Dari Kendari menempuh waktu 3,5 jam perjalanan darat menuju Kota Kasipute (Bombana) dengan mobil umum, rute Kendari-Kasipute Rp50.000,00.

Dari pelabuhan Kasipute bisa carter perahu atau speedboat nelayan harga nego Rp150.000,00–RpRp300.000,00.

Untuk penginapan bisa bermalam di Hotel yang terdapat di Kota Kasipute tarif permalam Rp100.000,00-Rp300.000,00 dengan fasilitas Kamar mandi, TV Kabel, Kipas Angin, Sarapan, Double Bed.

Untuk makan banyak tersedia warung makan ikan bakar, ayam goreng, nasi padang dan makanan lainnya.

Jika malam hari, silahkan coba hidangan minuman saraba (campuran jahe,gula aren) – kalau di bandung sejenis bajigur-yang menghangatkan badan ,dijual sepanjang pelabuhan Kasipute disertai dengan aneka jus dan aneka gorengan.

Penulis: Budhi Permana
Diberdayakan oleh Blogger.