Header Ads

Pesona Keindahan Bukit Serelo Di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan

Bukit Serelo, atau bisa disebut Bukit Telunjuk atau Bukit  Jempol merupakan ikon dari Kota Lahat, sumatera selatan, indonesia, terbukti dengan dibakukannya gambar Bukit Serelo pada lambang Pemerintah Kabupaten Lahat.

Wisata Alam - Bukit Telunjuk adalah nama yang paling dikenal oleh masyarakat, hal ini memang tertuju pada bentuk dari bukit itu sendiri yang bila kita perhatikan berbentuk menyerupai bentuk telunjuk. Ketika memasuki Kota Lahat dari arah Muara Enim, dari Kejauhan keindahan Bentuk Bukit Serelo sudah tampak saat  memasuki Kecamatan Merapi Barat.

Bukit Serelo yang berlokasi di Desa Perangai Kecamatan Merapi Selatan Kabuaten Lahat sering dijadikan warga terutama luar Lahat sebagai lokasi wisata dan berlibur. Bukit dengan ketinggian 900 meter diatas permukaan laut (MDPL) menyajikan pesona alam yang begitu indah dan kesejukan udara ala pegunungan bagi pengunjung nya.  Bukit yang juga dikenal dengan sebutan Bukit Telunjuk atau Bukit Jempol terletak kurang lebih 20 km dari Kota Lahat atau sekitar 90 menit perjalanan dengan kendaraan umum menuju Desa Perangai yang menjadi kaki dari Bukit tersebut.


Untuk menempuh puncak nya bukit, terbagi menjadi 2 pendakian yang dikenal dengan istilah Kedaton I dan Kedaton II dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Tetapi untuk menempuh puncak dari bukit ini, atau dari Kedaton I ke Kedaton II, pengunjung akan dihadapakan pada tantangan keterjalan tebing . Kebanyakan bagi orang awam hanya mencapai pada Kedaton I atau pundak dari Puncaknya bukit Serelo, namun bagi pengunjung yang senang dengan olahraga tantangan, hal ini dijadikan sebagai lokasi pelatihan Panjat Tebing.


Keindahan bukit Serelo yang memang terbentuk oleh alam yang hingga saat ini selalu menjadi objek wisata pencinta alam. Terutama setiap hari libur, objek wisata yang satu ini menjadi tempat yang bisa kita jadikan pilihan untuk berkema menikmati keindahan alam, maupun penaklukan terjalnya puncak Serelo bagi pecinta olahraga pendaki gunung.

Penulis: Wisata Lahat
Diberdayakan oleh Blogger.