Header Ads

Objek Wisata Sejarah Gua Belanda Di Kabupaten Bireun Dipenuhi Sampah

Gua Belanda merupakan bukti sejarah dari penjajahan Belanda. Gua tersebut sudah lama diketahui oleh masyarakat di sekitaran Bukit Glee Glok. Gua tersebut terletak di KM 2 Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen

Wisata Bireuen - Jarak tempuh dari pusat Kota Bireuen hanya berkisar 5 KM dengan menggunakan kendaraan roda dua. Setiap hari minggunya banyak pengguna sepeda gunung menjadikan tempat tersebut sebagai track olahraganya.

Selain itu, hamparan pemandangan sangat memanjakan mata untuk menghilangkan penatnya pikiran. Dimulai dengan suguhan pemandangan sawah, hingga bukit-bukit kecil lainnya. Kota Bireuen juga ikut terpampang dari atas puncak Glee Glok. Begitu juga dengan malam hari, lampu-lampu kota Bireuen ikut mewarnai keindahan dari atas puncak bukit tersebut.

Mulanya hanya diketahui ada 5 gua di tempat tersebut, setelah dilakukan perbuatan jalan untuk petani ditemukan lagi 4 gua yang tidak jauh jaraknya dari 5 gua semula. Banyak remaja dan keluarga datang kesana untuk hunting dan menikmati keindahan alam di Kecamatan Juli.

Masyarakat setempat sangat mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah terutama dari Kabid Kepariwisataan sendiri. Salah satu pemuda di Desa Setempat yang sedang berada di atas Puncak Glee Glok saat dijumpai habarakyat menyampaikan, tempat ini adalah aset wisata Kabupaten Bireuen namun sampai saat ini belum ada pengelolaan yang tepat.

Sampah-sampah makanan ringan berserakan dimana-mana bakhan sampai magrib masih ada pengunjung di atas puncak tersebut. Kami sangat mengharapkan adanya kebijakan dari pemerintah untuk mengelola objek wisata tersebut. (MR91)

Penulis: Haba Rakyat
Diberdayakan oleh Blogger.