Header Ads

Menelusuri Wisata Khas Hutan Rawa Gambut di Kabupaten Siak Provinsi Riau

Kemolekan alam semulajadi dengan air khas rawa gambut (black water) di Riau khsususnya di Kabupaten Siak bisa dijadikan salah satu wisata alternatif yang layak dan patut dikembangkangkan. Menyusuri sungai dan melihat kehidupan masyarakat tempatan dan satwa khas hutan Riau cukup mengasyikkan. Cukup banyak objek wisata seperti ini di Riau, tinggal kita, mau atau tidak melakukan perjalanan itu.


Wisata Siak - Kami tidak menawarkan anda melihat keramaian kota, karena di situlah letak keangkuhan dan kesombongan dunia, kami hanya mengajak anda melihat kesunyian belantara rimba, tasik dan sungai karena disinilah tempat untuk saling menghargai sesama. Inilah ekowisata yang sebenarnya, dimana kita sebagai khalifah bumi wajib menjaga kelestarian alamnya, Welcome To The Jungle, selamat datang di hutan belantara.

Suaka Margasatwa (SM) danau Pulau Besar danau Pulau Bawah atau dikenal dengan SM Zamrud berada di wilayah administratif Kabupaten Siak dengan tiga wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Dayun pada wilayah barat, Kecamatan Sei Apit pada wilayah timur, dan Kecamatan Mempura pada wilayah utara menjadi salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi.


Tidak hanya SM Zamrud yang patut dijelajahi, sejumlah tasik yang cukup molek bisa menjadi destinasi anda untuk mengunjunginya. Tasik-tasik dengan air khas rawa gambut akan memberi pengalaman tersendiri bagi wisatawan, terlebih ketika kita mau berinteraksi dengan masyarakat yang bermukim di sepanjang sungai.

Baca Juga: Asal Muasal Suku - Suku Yang Terdapat Di Provinsi Riau

Posisi Objek Wisata Alam Kabupaten Siak yang sangat strategis karena berada di segitiga emas antara Kabupaten Bengkalis, Kota Pekanbaru dan Dumai yang rata-rata bisa ditempuh hanya sekitar 30 Menit sampai satu jam dari Ibukota Kabupaten Siak dengan mengunakan perjalanan darat.


Tasik-tasik (sebutan untuk Danau Rawa Gambut,red) yang menjadi daerah resapan air sangat menarik karena keunikannya yang memiliki Kekayaan alam melimpah baik flora maupun fauna khas air hitam seperti adalah pinang merah, kempas, jelutung, meranti, pisang-pisang, ramin, punak, pulai, bungur dan sebagainya.

Untuk jenis hewan dan binatang yang ada berupa beruang, harimau, kucing hutan , rusa, kancil, tapir, gajah, musang, kelelawar, kukang, ular, dan masih banyak yang lain selain jenis ikan seperti toman, lompong, tuakang, selais, tapah, sekepar, sepat, udang kokol, tepalo dan ikan lainnya.

Sejumlah kegiatan bisa dilakukan saat melakukan perjalanan ekowisata di perairan khas rawa gambut ini, di antaranya fotografi alam, jungle track, mancing dan lain-lain menjadi kegiatan yang mengasyikan dan menyenangkan.


Kegiatan seperti ini mungkin masih ekstrim bagi sebagian orang, namun bagi mereka pecinta alam kegiatan ini sangat mengasyikkan. Selain bisa mengobati rasa rindu terhadap bebunyian khas alam juga mendekatkan dan mencintai alam Riau yang sangat rupawan. Tidak salah rasanya, sekali-kali berwisata dengan menyusuri sungai-sungai dilakukan.

Untuk melakukan kegiatan seperti ini hendaknya kita menyiapkan semua peralatan yang diperlukan, terutama untuk keperluan logistik dan obat-obatan. Sementara untuk sarana transportasi bisa menyewa pompon atau speed boat masyarakat. Untuk harganya, tergantung negosiasi kita di lapangan.****

Penulis: Gema Setara
Diberdayakan oleh Blogger.