Header Ads

Melirik Pesona Keindahan Alami Pantai Melur di Pulau Batam

Batam merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang mempunyai cuaca gersang dan panas, Tapi hal itu akan berubah sesudah Anda mengetahui bahwasanya Batam mempunyai banyak tempat wisata indah yang sangat menawan.

Melirik Keindahan Pantai Melur Di Pulau Batam

Tidak heran, seiring pesatnya pertumbuhan kota Batam, para wisatawan mulai melirik potensi wisata yang ada di Kota ini. Salah satunya ialah Pantai Melur, Pantai cantik yang mempunyai nilai historis tinggi yang sudah terbukti membuat wisatawan jatuh hati karena keeksotisannya.

Berikut ini 5 alasan yang membuat Anda memilih Pantai Melur sebagai destinasi wisata:

1. Lokasi Pantai Melur yang strategis
Saat Anda mengunjungi kota Batam, sangatlah mudah untuk menemukan keberadaan Pantai Melur yang terkenal akan keindahannya. Pantai ini berada sekitar 45 Km dari bagian selatan Pulau Batam atau berada di sebelah barat Pulau Galang. Tepatnya persis berada di kawasan Jembatan Balerang. Jembatan Balerang merupakan sebuah jembatan yang sangat populer di Batam. Untuk sampai di Pantai Melur, Anda bisa menggunakan jasa Taxi, sewa mobil ataupun Anda dapat menggunakan transportasi umum. Jarak tempuh menuju Pulau Galang membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 60 menit perjalanan dari Bandara Hang Adim.

2. Memiliki panorama yang cantik
Bayangkan, betapa asiknya duduk santai di pinggir pantai dengan hamparan pasir putih, birunya air laut, ombak yang menenangkan, serta sambil menikmati desaran angin sepoi – sepoi. Tidak hanya indah, Pantai Melur ini juga masih sangat terjaga kebersihannya. Tidak heran, pantai ini sangat pas menjadi tempat persinggahan bagi Anda yang mencoba melupakan hiruk – pikuk rutinitas sehari – hari terutama bagi beberapa orang yang hidup di daerah perkotaan.

3. Memiliki beragam aktivitas yang dapat dilakukan
Ombak pantai yang tenang dan laut yang tidak memiliki karang membuat Pantai Melur menjadi tempat yang pas bagi Anda yang mempunyai hobi berenang. Kondisi seperti ini sangat jarang Anda temui di pantai – pantai lain di Indonesia. Selain aktivitas berenang, mengajak keluarga atau teman untuk bermain sepakbola, voli pantai atau banana boat dapat Anda lakukan disini. Hal ini dapat membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Untuk Anda yang ingin bermalas – malasan, Anda bisa berjemur di tepian pantai sambil menikmati udara pantai yang begitu segara

4. Tersedia berbagai olahan seafood
Setelah puas bermain rasanya tidak lengkap jika belum memanjakan perut dengan berbagai macam masakan seafood yang tersedia di berbagai warung yang berada di pinggir pantai. Anda bisa menikmati berbagai macam hidangan laut seperti cumi – cumi, ikan bakar, kepiting, ikan kakap, dan lain – lain.

5. Merupakan wisata sejarah
Keberadaan Pantai Melur ini letaknya sangat berdekatan dengan pengungsian “manusia perahu” asal Vietnam. Mengacu dari informasi sejarah, tepatnya ketika terjadinya perang saudara pada tahun 1970-an, orang Vietnam beramai – ramai mengungsi dan mereka melewati Pantai Melur. Karena dirasa aman, maka mereka akhirnya membangun sebuah perkampungan yang jaraknya kurang lebih 1 kilometer dari pantai. Sampai sekarang, Kampung Vietnam menjadi saksi bisu dari peristiwa tersebut dan sangat populer sebagai wisata sejarah yang ada di Pulau Batam.

Penulis: Wisata Batam
Diberdayakan oleh Blogger.