Header Ads

Masjid Ramlie Musofa Merupakan Mimpi Warga Tionghua Asal Aceh Selama 40 Tahun Akhirnya Telah Berdiri Kokoh Di Jakarta Utara

Sekilas masjid ini tampak seperti Taj Mahal di India. Arsitekturnya yang unik serta keindahan ornamen dengan kombinasi tiga budaya yaitu Melayu, Arab dan Cina terpampang jelas di setiap sudut bangunannya.


Inspirasi - Pendirinya, Haji Ramli Rasidin ternyata merupakan warga keturunan Tionghua asal Aceh yang merantau ke Jakarta pada awal 1970-an. Sejak memeluk agama Islam, Haji Ramli bermimpi pada satu saat untuk mendirikan sebuah masjid yang indah dengan unsur percampuran budaya serta ornamen yang megah.

Mimpinya selama lebih kurang 40 tahun itu akhirnya terwujud pada 15 Mei 2016 lalu ketika Masjid Ramlie Musofa diresmikan oleh Ramli Rasidin dan Imam Besar Masjid Istiqlal di Jakarta Utara. Masjid yang terletak di tengah-tengah kawasan pemukiman elit itu sangat diminati oleh para pengunjung luar Jakarta karena bentuknya yang unik.

Menurut pengurus masjid, Sofyan yang merupakan anak dari Ramli Rasidin, nama masjid ini diambil dari potongan nama anggota keluarganya yang terdiri dari Ram singkatan dari Ramli Rasidin, Lie adalah Lie Njoek Kim, Mu = Muhammad Rasidin, So = Sofyan Rasidin, dan Fa = Fabianto Rasidin.


“Keluarga kami memang dari dulu sudah terbiasa dengan lingkungan yang Islami karena dari ayah, kakek dan buyut kami semuanya lahir di Aceh. Dulu kakek saya punya 13 usaha kemudian bangkrut, setelah itu ayah saya pindah ke Jakarta dan 4 kali juga bangkrut, yang terakhir ini baru ada diberi kemudahan oleh Allah SWT,” ujar Sofyan sekilas tentang sejarah latar belakang keluarganya.

Konsep masjid menurut Sofyan didesain mirip seperti Taj Mahal karena Bapak ingin masjid ini tetap abadi seperti Taj Mahal dan dipenuhi jamaah sepanjang masa.

Suasana di sekitar masjid dipenuhi dengan banyak ukiran dari Bahasa Mandarin, Indonesia dan Arab. Di tempat wudhunya pula terdapat ukiran dinding tentang tatacara mengambil wudhu dengan benar.

“Tujuannya tentu untuk beribadah, yang kedua untuk membimbing mualaf-mualaf yang baru masuk islam. Lalu yang ketiga ya insya Allah sebagai tujuan wisata religi,” ujar Sofyan.


Masjid ini juga dilengkapi dengan lift untuk memudahkan para penyandang disabilitas melaksanakan ibadahnya dengan aman.

Bagi anda yang penasaran dapat langsung meninjau ke lokasi masjid yang terletak di alamat Jl. Danau Sunter Selatan 1 Blok 1 10 nomor 12 C – 14 A, Sunter Jakarta Utara.

Penulis: Husaini
Diberdayakan oleh Blogger.