Header Ads

Keindahan Air Terjun Weh Hilang Merupakan Destinasi Wisata Di Pedalaman Aceh Timur Yang Mengagumkan

Air Terjun Weh Hilang, begitu nama lokasi objek wisata yang saat ini belum banyak diketahui masyarakat Aceh Timur. Lokasi air terjun itu lumayan jauh dari perkotaan. Terletak di kawasan pedalaman, tepatnya di Gampong Terujak, Kecamatan Serba Jadi, Aceh Timur.

Wisata Aceh Timur - Menuju ke lokasi Air Terjun Weh Hilang butuh waktu tiga jam jika menggunakan sepeda motor. Medan jalan sulit dilintasi lantaran kondisi infrastruktur belum begitu mendukung.

Jika ingin ke sana, Anda harus melewati beberapa gampoeng/desa. Di antaranya, melewati Jalur Simpang Gampong Beusa, Kecamatan Peureulak Barat dari jalan lintas Medan- Banda Aceh menuju kawasan Lokop.

Tiba di Gampoeng Lokop, butuh waktu sekitar 30 menit lagi dengan berjalan kaki menyusuri bibir sungai.

“Memang lokasi yang kita tempuh seperti ini, bang. Tidak ada jalan khusus di sini, kita harus melewati kebun orang dan pinggir sungai yang berbatu,” ujar Abdurrahman, warga setempat saat menemani tim portalsatu menuju lokasi itu, Minggu, 17 Januari 2016.

Sepanjang bibir sungai itu terdengar kicauan burung beriringan gemercik air yang menghempas bebatuan hingga tiba di lokasi tujuan.

Selain itu, sepanjang kawasan menuju Air Terjun Weh Hilang juga tampak panorama alam yang memesona. Air terjun di lokasi itu setinggi lebih kurang 15 meter. Airnya pun sejuk. Belum lengkap rasanya jika tidak berenang atau mandi di lokasi itu.

“Kalau sudah sampai ke sini tidak enak kalau tidak mandi, bang. Apalagi capek-capek setelah kita jalan kaki,” kata Abdurrahman.

Menurut Abdurrahman, lokasi air terjun tersebut hanya dikunjungi sebagian warga yang sudah pernah menikmati pesona tersembunyi di daerah pedalaman Aceh Timur itu. Mayoritas pengunjung dari kawasan Peureulak. ”Yang datang hanya orang-orang yang sudah tahu jalannya saja, dan orang dekat lokasi ini saja,” katanya.

Lokasi Air Terjun Weh Hilang masih alami, belum ada sentuhan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Timur untuk ditata dengan fasilitas pendukung objek wisata. Warga setempat berharap pemerintah mengembangan lokasi wisata itu untuk menarik kunjungan wisatawan sehingga akan menunjang ekonomi masyarakat.

“Kalau ini diberdayakan saya rasa menguntungkan semua pihak. Tapi sampai saat ini tidak ada yang peduli, lihat saja lokasinya seperti apa. Kita sangat yakin jika ini dibuka masyarakat Aceh Timur ramai yang datang ke sini,” ucap Abdurrahman.

Penulis: Irmansyah D Guci
Diberdayakan oleh Blogger.