Header Ads

Inilah Beberapa Alasan Wisatawan Mancanegara Mengincar Wisata Halal Indonesia

Memasuki pertengahan 2017, perkembangan wisata halal Indonesia semakin menggeliat. Jumlah kunjungan wisatawan Muslim dari berbagai negara pun semakin meningkat pesat.

Wisata Halal - Dalam periode tahun 2015-2016 peningkatan kunjungan wisman muslim ke Indonesia mencapai 50% atau sebanyak 2.7 juta wisman.

Indonesia bahkan menargetkan di 2019 nanti, total kunjungan wisman muslim sebanyak 5 juta atau 25% dari target kedatangan 20 juta wisman.

Lantas, apa yang membuat wisman muslim tertarik mengunjungi Tanah Air?

Berdasarkan pernyataan Ketua Percepatan Wisata Halal Indonesia Kemenpar, Riyanto Sofyan. Setidaknya ada 3 faktor utama yang membuat wisman tertarik berlibur ke Indonesia.

Mulai dari adventure, shopping, hingga heritage. "Contoh paling nyata adalah wisatawan dari Timur tengah.

Paling besar itu datang dari Saudi Arabia, UAE, Qatar dan Kuwait. Mereka preferensinya lebih ke wisata alam entah itu pantai atau gunung.

Mereka juga suka spa, shopping, dan kongkow-kongkow hingga dini hari atau night life. Makanya kemarin rombongan Raja Salman betah di Bali," tutur Riyanto, dalam acara Temu Bisnis Wisata Halal ke-2, di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (10/6/2017). 

Lain halnya dengan wisatawan muslim asal Eropa. Mereka cenderung menyukai hal-hal yang berbau adventure dan heritage (sejarah). Paling banyak berasal dari Rusia, Inggris, Jerman, dan Prancis.

Totalnya ada 60 juta potensi wisatawan muslim yang berasal dari negara-negara tersebut. "Preferensi mereka sama seperti wisatawan Eropa pada umumnya.

Mereka suka adventure dan heritage. Jadi situs-situs budaya dan sejarah mereka sangat suka,” tukas Riyanto.

Penulis: Dimas Andhika Fikri
Diberdayakan oleh Blogger.