Header Ads

Inilah 5 Destinasi Wisata Favorit Bagi Masyarakat Jakarta Pada Libur Lebaran

Ancol, TMII, Ragunan, Kepulauan Seribu, dan Monas selalu menjadi destinasi wisata favorit di Jakarta.

Wisata Populer di Jakarta - Saat Libur panjang Lebaran biasanya warga Jakarta selalu memenuhi sejumlah lokasi wisata di Ibu Kota. Para wisatawan biasanya memadati tempat hiburan di Jakarta.

Setidaknya ada lima lokasi wisata yang selalu dikunjungi warga saat musim libur Lebaran tiba. Kelima tempat tersebut selalu diserbu oleh ribuan orang yang hendak berwisata. Berikut kelima lokasi yang kerap didatangi warga selama musim libur Lebaran.

Taman Impian Jaya Ancol
Tempat rekreasi di utara Jakarta ini selalu menjadi tempat favorit warga DKI karena lokasinya yang strategis dan indah karena menjorok ke lau. Dengan luas wilayah 80 hektar tempat hiburan ini mencakup garis pantai sekaligus memiliki wahana terlengkap.

Anda dan keluarga akan dimanjakan area olahraga pantai dan air, kolam renang, hingga pertunjukkan spektakuler artis-artis mancanegara.

Di Ancol juga terdapat Dunia Fantasi atau Dufan yang menawarkan 27 wahana menantang adrenalin mulai dari roller coaster raksasa, halilintar, niagara, tornado, hysteria, dan kicir-kicir.

Untuk menikmati wahana air, anda dan sekeluarga bisa mengunjungi Atlantis Water Adventure yang memiliki delapan (8) kolam besar berombak dan seluncuran.

Di sini juga terdapat Pasar Seni, Eco-Park dan Ocean Park yang kerap ramai dikunjungi apalagi pada musim Liburan.

Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) cocok bagi anda yang ingin liburan sambil mengenal budaya Indonesia. Terletak di Jalan Pinang Ranti, Jakarta Timur ini menawarkan anda untuk mengetahui kebudayaan 34 provinsi Indonesia sekaligus mengetahui tentang keanekaragaman budaya dan tradisi Indonesia.

Luas tanah yang mencapai 100 hektar membuat TMII dijuluki "negara dalam satu taman" karena di sini anda pun dapat menemukan beragam museum, flora dan fauna hingga pusat IPTEK.

Untuk anak-anak dan rekreasi keluarga, TMII juga memiliki Teater IMAX Keong Mas, Istana Boneka, dan Snowbay yang menawarkan wahana air dengan beragam jenis kolam renang. Jika Anda tidak punya waktu untuk menjelajahi Indonesia, TMII mampu mengupas Indonesia secara komprehensif.

Kebun Binatang Ragunan
Wisata fauna di kawasan Jakarta Selatan ini menjadi salah satu tempat yang paling digemari oleh anak-anak. Dibangun di atas tanah seluas 140 hektar di Jalan R.M. Harsono No.1, Ragunan, Jakarta Selatan, Kebun Binatang Ragunan mengoleksi 295 spesies binatang termasuk komodo.

Di sini anda dapat melihat gorila Afrika dan juga primata lain seperti orangutan Kalimantan, owa Jawa, siamang, kera, dan simpanse. Salah satu yang paling menarik bagi pengunjung adalah Pusat Primata Schmutzer yang bertujuan sebagai pusat penelitian dan pendidikan.

Anda pun dapat terhibur dengan menyaksikan atraksi burung-burung, gajah, unta maupun kuda poni yang akan memperlihatkan keperkasaan luar biasa mereka.

Kepulauan Seribu
Destinasi kepulauan di Jakarta ini tercatat sebagai kesatuan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Meski jumlah pulaunya tidak sampai seribu hanya 110 pulau besar dan kecil, namun karena jumlahnya yang banyak dan tidak berjauhan, maka disebut Kepulauan Seribu.

Di Kepulauan Seribu wisatwan akan disuguhkan keanekaragaman flora dan fauna bawah laut yang terdiri dari terumbu karang, bintang laut, ikan betok, dan ikan ornamental. Jika ingin menuju ke sana, kapal penumpang yang bisa anda naiki, berangkat dari Pelabuhan Marina Ancol mulai pukul 08.00 WIB dan 09.00 WIB lalu kembali pukul 13.00 WIB atau 14.00 WIB.

Kapal-kapal tersebut dapat mengantar anda ke berbagai pulau, tetapi bila ingin transportasi eksklusif untuk pergi ke resor, bisa menyewa speedboat.

Monumen Nasional
Monumen Nasional (Monas) menjadi ikon Ibu Kota yang berdiri megah dan tinggi menjulang di tengah-tengah Lapangan Merdeka atau tepatnya di Jalan Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat. Monas menjadi salah satu tempat yang akan menjadi incaran para wisatawan dari dalam kota maupun luar kota.

Bangunan ini merupakan simbol perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Di dalamnya, terdapat museum dan diorama yang menggambarkan sejarah Republik Indonesia. Monumen ini menyerupai tugu dengan tinggi 132 meter dengan sekujur tubuhnya dilapisi marmer Italia.

Nyala lidah api pada pucuk monumen terbuat dari 14,5 ton perunggu yang dibalut 50 kilogram emas murni. Anda dapat berkunjung hingga ke ketinggian 115 meter dengan menggunakan lift. Dari ketinggian inilah panorama Kota Jakarta bakal terlihat jelas khususnya di wilayah pusat Jakarta.

Sekililing monumen dibuatkan taman hijau yang menjadi tempat tinggal beberapa kota ekor rusa. Terdapat pula air mancur yang bisa dinikmati dengan iringan musik orkestra pada setiap malam Minggunya.

Penulis: Dany Putra
Diberdayakan oleh Blogger.