Header Ads

Desa Wisata Ugimba di Lereng Carstensz Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Baru Di Papua

Kemenparekraf meresmikan Desa Wisata Ugimba yang berada di Kab Intan Jaya, Papua. Inilah destinasi baru untuk wisatawan, dekat dengan Puncak Carstensz, satu-satunya tempat bersalju di Indonesia.


Wisata Papua - "Tanah Papua itu masih banyak yang alami dan harus kita jaga, seperti ada salju di sana," ujar Menparekraf Mari Elka Pangestu dalam acara jumpa pers Penandatanganan Prasasti Peresmian Desa Wisata Ugimba dan Daerah Wisata Carstensz Pyramid di Lantai 16, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Acara tersebut juga dihadiri oleh mantan Kapolda Papua, Irjen Pol Tito Karnavian dan Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni. Dengan peresmian ini, diharapkan wisatawan makin mudah untuk mendaki Carstensz dan mengunjungi tempat-tempat yang cantik di sekitarnya.


"Kami (Intan Jaya) baru membangun diri untuk pariwisata baik dari infrastruktur dan homestay. Kami bersyukur atas peresmian Desa Wisata Ugimba yang juga yang bisa mengangkat potensi pariwisata di sana," ujar Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni.

Baca Juga: Tips Mudah dan Nyaman Berlibur Ke Indonesia Bagian Timur

Desa Wisata Ugimba merupakan bagian dari Kabupaten Intan Jaya. Dari Jakarta, wisatawan bisa naik pesawat ke Timika atau ke Nabire dan lanjut menuju Intan Jaya. Perjalanan dari Sugapa, ibukota Kabupaten Intan Jaya ke Desa Wisata Ugimba memakan waktu sekitar 8 jam.


Lalu, di Desa Wisata Ugimba terdapat banyak kebudayaan seperti ukiran dan masyarakat yang tinggal di dalam hutan masih ada yang menggenakan koteka. Panorama alamnya juga cantik.

Desa Wisata Ugimba pun dekat dengan Puncak Carstensz, hanya dua hari perjalanan mendaki. Selanjutnya, Desa Wisata Ugimba bakal membenah diri untuk bisa mendatangkan banyak wisatawan dalam dan luar negeri.

"Keamanan di Desa Wisata Ugimba terjamin karena bukan daerah konflik, tapi toh Papua kini semakin aman untuk turis. Ke depannya, kami juga berencana membangun honai (rumah adat papua) sebagai penginapan di sana," tandas Natalis.

Penulis: Afif Farhan
Diberdayakan oleh Blogger.