Header Ads

Danau Gunung Tujuh Merupakan Danau Tertinggi Di Asia Tenggara

Indonesia memang kaya akan tempat wisata alam yang memukau dan mengundang decak kagum, salah satu yang akan dibahas kali ini adalah Danau Gunung Tujuh Kerinci yang dikelilingi oleh tujuh gunung, letaknya yang berada di ketinggian 1.950 mdpl membuat danau yang dijuluki “Danau Para Dewa” tersebut menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara dan danau terbesar kedua setelah Danau Toba.

Wisata Populer di Jambi - Danau Gunung Tujuh tepatnya berada di Kabupaten Kerinci, Jambi, bagi para pendaki danau ini menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai para pendaki yang berniat menaklukan Gunung Kerinci.

Menurut mitos dan legenda, danau ini dihuni oleh makhluk halus yang berwujud harimau dan sepasang naga, namun terlepas benar atau tidaknya legenda tersebut, danau ini menyimpan sejuta keindahan yang pastinya akan membuatmu terpesona dan betah berlama-lama menikmati keindahan panorama di sekeliling danau tersebut. Karena letaknya yang tinggi, maka tidak heran jika air danau ini terasa sangat dingin di pagi hari namun jika kamu adalah pecinta alam sejati, berendam di dalam Danau Gunung Tujuh pastinya akan memberikan kepuasan dan kebanggaan tersendiri bagi karena bisa mengalahkan tantangan dari dinginnya air danau.

Danau Gunung Tujuh Kerinci
Selain danau, panorama alam yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke sini adalah air terjun Gunung Tujuh yang bersumber dari Danau Gunung Tujuh itu sendiri, untuk sampai ke air terjun tersebut harus melalui jalan setapak yang dekat dari pos penjagaan. Kamu juga bisa menemukan beragam flora dan fauna di sekitar danau seperti harimau, beruang madu, babi hutan, burung, kupu-kupu dan flora seperti bunga Anggrek dan Kantong Semar.

Danau Gunung Tujuh berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat tepatnya berada di puncak gunung Kerinci, Jambi. Taman Nasional ini merupakan wilayah flora dan fauna yang terbesar di Sumatera dan merupakan wilayah yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Danau Gunung Tujuh Kerinci
Jika kamu berangkat dari pusat kota Jambi, kurang lebih memakan waktu 3,5 jam perjalanan, rute yang harus ditempuh adalah menuju Desa Pelompek, di desa inilah kamu bisa menemukan Gerbang Masuk Taman Nasional Kerinci, sesampainya di depan pintu gerbang kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi. Biasanya danau ini ramai dikunjungi di akhir pekan oleh para rombongan pendaki, peneliti dan wisatawan, di sini juga disediakan tempat menginap atau homestay yang dapat dipesan sebelum pendakian.

Penulis: Bocah Petualang
Diberdayakan oleh Blogger.