Header Ads

Ayo Nikmati Wisata Alam Hutan Hujan Tropis Bangkirai di Kalimantan Timur

Sebagai bagian dari paru-paru dunia, Kalimantan Timur menawarkan pesona wisata alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah Bukit Bangkirai, sebuah hutan hujan tropis seluas 1.500 hektar yang begitu langka.

Wisata Alam - Salah satu pemandangan unik khas Bukit Bangkirai adalah terdapatnya kawasan pohon Bangkirai. Jenis pohon langka yang bisa memiliki ketinggian hingga 50 meter dengan diameter sekitar 2,3 meter. Karena banyaknya pohon Bangkirai di hutan inilah akhirnya hutan hujan tropis di sini dikenal dnegan nama Bukit Bangkirai.

Menariknya lagi pohon Bangkirai yang ada di Bukit Bangkirai ini ternyata sudah berusia lebih dari 150 tahun.

Selain panorama alam yang masih begitu alami, keunikan lain di Bukit Bangkirai terletak pada jembatan gantung atau canopy bridge yang begitu memukau. Jembatan gantung di Bukit Bangkirai merupakan jembatan gantung pertama di Indonesia yang dikenal di dunia.

Selain kontruksi jembatan gantung yang dibuat di Amerika, jembatan gantung berketinggian 30 hingga 40 meter ini ternyata menghubungkan 5 pohon Bangkirai sekaligus.

Melewati jembatan gantung sepanjang 64 meter tentu menjadi daya tarik tersendiri, utamanya bagi wisatawan pemburu wisata alam yang menantang. Untuk menyeberangi jembatan ini, wisatawan harus menyusuri beberapa track tertentu terlebih dahulu.

Selain menikmati sejuknya udara hutan, di atas canopy bridge Anda dapat menikmati kesejukan serta kekhasan formasi tegakan khas hutan, dimana pepohonan akan terlihat sambung menyambung satu sama lain.

Untuk sampai di Bukit Bangkirai Anda harus menempuh jarak sekitar 58 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam melalui perjalanan darat dari Kota Balikpapan.

Wisata alam unggulan Kalimantan Timur ini dapat diakses menggunakan sepeda motor ataupin mobil. Selain wisata alam, tempat ini juga dilengkapi dnegan gedung pertemuan, restoran hingga penginapan. Di sini Anda juga dapat menyewa penginapan alami di sekitar bukit yan.

Penulis: Ethnic Travel
Diberdayakan oleh Blogger.