Header Ads

12 Destinasi Wisata Populer di Kepulauan Rote, Pulau Paling Selatan di Indonesia

Pulau Rote, siapa yang tidak kenal dengan pulau paling selatan Indonesia ini? selain menjadi perbatasan NKRI, pulau yang satu ini juga menyimpan beragam kecantikan alam yang patut Kamu saksikan.


Wisata Populer di Pulau Rote - Bagiamana tidak, dengan pantai yang bersih, tenang, dan ombak yang menantang, sudah sangat pantas jika pulau ini dijadikan sebagai destinasi wisata kelas internasional.

Oh ya, tidak hanya itu, di pulau ini juga sering sekali diadakan beberapa even internasional. Tapi untuk event yang paling sering diadakan sendiri adalah even surfing atau berselancar. Pasalnya, seperti yang sudah Kita bahas di atas. Ombak di pulau ini sangat mendukung kegiatan selancar ombak.

Nah, bagaimana? Kamu ingin merasakan keasyikan berselancar pada ombak pulau ini? Atau Kamu ingin menikmati tempat wisata di Pulau Rote saja?

Tempat Wisata Yang Menarik Di Pulau Rote
Asal Kamu tahu saja, di pulau ini selain ombaknya yang memancing adrenalin, ada beberapa tempat wisata yang seru dan menarik untuk dikunjungi. Wah apa saja tempat wisata tersebut? dan dimana letaknya? Nah, berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang wajib Kamu kunjungi di pulau paling selatan Indonesia ini:

1. Pantai Nembrala
Pantai yang satu ini adalah pantai yang wajib Kamu kunjungi. Karena selain indah, pantai ini juga memiliki gelombang ombak yang menantang. Selain itu, susana di pantai ini pun masih lengang. Kendati demikian, jangan berpikir bahwa fasilitas dan akomodasi disini tidak tertata dengan rapih dan lengkap yah.

Pasalnya, selain memiliki kecantikan yang luar biasa, pantai ini pun dikelola dengan baik oleh pemerintah dan pihak swasta. Sedangkan untuk penginapan dan akomodasi segala macam, Kamu bisa kok menyewa penginapan di sekitar pantai ini.

2. Pantai Bo’A
Selain Pantai Nembrala, tempat wisata pantai yang di Pulau Rote yang paling populer adalah Pantai Bo’A. Pasalnya, disamping indah dan cantik, pantai ini pun memiliki ombak yang tidak kalah menantangnya dengan Pantai Nirbralla atau pun pantai lain di Pulau Bali.

Tidak hanya itu, pantai ini pun terbentang luas dengan pasirnya yang cantik. Oh ya, selain itu, Kamu juga bisa loh menikmati berlibur bersama keluarga, pasangan, dan teman Kamu dengan tenang dan damai. Asal Kamu Tahu aja, selain pantainya yang cantik dan gulungan ombaknya yang menantang, pantai ini pun masih sepi dan belum ramai pengunjung. Dengan kata lain, Kamu pun bisa tenang dan damai dalam menikmati pantai ini.

3. Bukit Mando’o
Selain pantai, ternyata Pulau Rote juga menyempan keindahan lain. wah dimanakah itu? Tempat tersebut adalah Bukit Mando’o. Bukit yang terletak di pualu ini adalah bukit yang akan membawa Kamu menyaksikan keindahan Pulau Rote yang indah dan eksotis. Tapi, untuk mendapatkan keindahan tersebut, Kamu harus menaiki sedikitnya 300 anak tangga.

Wah banyak juga yah? Tapi tenang, perjuangan yang Kamu lakuin ini tidak akan sia-sia. Karena setelah Kamu mencapai puncak bukit, Kamu akan menyaksikan keindahan pulau yang indah, cantik, dan eksotis ini.

4. Pantai Oeseli
Tempat wisata cantik di Pulau Rote ini wajib Kamu datangi. Pasalnya, Selain cantik, pantai ini juga memiliki ombak yang ramah dan tidak terlalu besar. Jadi, sangat ramah untuk orang-orang yang tidak bisa bermain selancar atau pun orang yang kurang pandai berenang.

Disamping itu, pantai ini juga masih memiliki air yang sangat jernih dan pasir yang bersih. Oh ya, selain itu, jika Kamu berkunujung ke pantai ini, Kamu akan menyaksikan petani rumput laut yang sedang bekerja, wah asyik yah. Tunggu apalagi? Yuk berkunjung ke pantai ini, jika Kamu mengenadari mobil dari Nembrala, Kamu Cuma menempuh jarak 20 km saja kok untuk menuju Pantai Oeseli ini.

5. Pantai Laviti
Jika Kamu mencari pantai yang tenang dan sepi pengunjung, Kamu bisa mengunjungi Pantai Laviti yang terletak di Pulau Rote. Selain sepi dan tenang, pantai ini pun akan menyuguhkan pemandangan pantai yang indah. Tidak hanya itu, pantai ini juga air yang jernih dan pasir putih yang bersih. Wah pokoknya sangat cocok bagi Kamu yang ingin mengahabiskan masa liburan bersama teman dan keluarga.

6. Danau Laut Mati
Danau yang terletak di Desa Sitomori Kecamtan Rote Timur, Kabupaten Rode Ndao ini menyimpan kecantik yang tidak dimiliki oleh kebanyak tempat wisata lain di Pulau Rote. Pasalnya, jika Kamu berkunjung ke sini, Kamu akan menyaksikan danau dengan keindahan yang luar biasa cantik.

Bagaimana tidak, pasir dari danau ini terbuat dari kulir keong, air yang jernih, dan ikan yang mendiami danau ini menjadikan danau yang berjarak sekitar 65 km dari Kota Ba’a terlihat cantik, indah, dan eksosotis.

7. Tiang Bendera
Tiang bendera ini adalah tiang bendera yang dibangung sejak zaman kolonial Belanda menduduki Indonesia. Kendati demikian, tiang ini masih tetap berdiri kokoh dan kuat sampai sekarang loh. Selain itu, objek wisata yang terletak di Desa Baadale Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao ini bisa dibilang mirip dengan Tanah Lot di Bali.

Pasalnya, tempat wisata bersejarah di Pulau Rote ini dibanguna di atas batu karang. Sehingga saat air laut surut, Kamu bisa berjalan dan melihat benda bersejarah ini secara dekat.

8. Batu Termanu
Batu termanu terdiri dari dua bongkahan batu yang menjulang di pesisir pantai di Kecamatan Rote Tengah. Konon, menurut legenda masyarakat setempat, dulu kedua batu yang merupakan perwujudan pasangan ini sering berpindah-pindah mengelilingi Pulau Rote.

Terlepas dari legendanya, sekarang Batu Termanu merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Rote yang cukup menarik untuk anda datangi. Pemandangan yang unik memukau sudah jelas menjadi daya tarik utamanya.

Berwisata ke Kabupaten Rote Ndao takan lengkap jika kamu tak membeli salah satu dari oleh-oleh yang merupakan warisan budaya Rote yang masih terpelihara sampai saat ini.

9. Gula Rote
Di NTT, gula ini secara umum dikenal dengan nama gula air. Gula Rote merupakan sebutan untuk gula air yang berasal dari pulau Rote. Teksturnya kental dan lengket. Menurut penelitian, gula air dapat mencegah penyakit maag. Gula ini aktif diproduksi secara tradisional di seluruh pelosok Rote, tentu kamu takan sulit menemukan oleh-oleh khas Rote dan NTT ini. harganya sekitar Rp. 40.000-60.000,- per jerigen 5 liter.

10. Tenun Ikat Rote
Seperti kebayakan daerah di NTT, Rote juga memiliki tenun ikat khasnya sendiri. Diproduksi dengan cara manual dan memiliki motif yang berbeda dibanding tenun ikat lainnya di Nusa Tenggara Timur. Harganya tergantung jenis, berkisar antara Rp. 40.000-500.000.

11. Topi Ti’i Langga
Bersama alat musik Sasando, Topi Ti’i Langga adalah warisan budaya yang paling khas dari Pulau Rote. Sekarang Topi tradisional yang sekilas mirip dengan topi sambrero dari Meksiko ini dapat secara mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh baik yang ada di Kota kupang maupun di Kabupaten Rote Ndao.

Harganya pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 100.000-200.000. Tergantung dimana dan siapa yang menjualnya, jika membeli di Rote tentu kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah. Oh ya, untuk kamu ketahui, kantor bupati Rote Ndao arsitekturnya terinspirasi dari bentuk topi unik ini.

12. Alat Musik Sasando
Pernah diabadikan di mata uang pecahan Rp. 5.000,- bersama tenun ikat Rote dan Danau Kelimutu Berikut penampakannya:

Peta Lokasi dan Akses Ke Pulau Rote – NTT
Untuk mencapai pulau ini, cara sangat mudah. Jadi, jika Kamu ingin berkunjung ke pulau ini, Kamu tidak perlu lagi takut dan khawatir untuk melakukan perjalanan ke sana. Lalu, bagaimana caranya Kita sampai ke Pulau Rote? Nah, adapun akses atau cara yang bisa ditempuh untuk mencapai pulau cantik ini adalah sebagai berikut:
  • Jika Kamu adalah wisatawan dari luar daerah atau pun luar pulau, Kamu harus melakukan transit dulu ke Kupang.
  • Jika sudah, Kamu langsung cari feri cepat yang menuju ke Pulau Rote. Untuk biayanya sendiri, untuk satu orang penumpang akan dikenakan biaya sekitar Rp 120.000,- per orang.
  • Jika sudah menaiki kapal cepat tersebut, Kamu akan langsung dibawa ke pulau indah di ujung Indonesia tersebut.
Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata terpopuler di Pulau Rote. Jika Kamu ingin menghabiskan masa berliburan bersama teman dan keluarga, Kamu bisa menjadikan pulau cantik ini untuk berlibur Kamu. Untuk urusan akomodasi Kamu tidak usah khawatir, karena di pulau ini sudah banyak akomodasi seperti; T-Land Resort dan lainnya, yang bisa Kamu sewa dengan harga yang relatif murah dan terjangkau.

Penulis: J.F. Rudi Sera
Diberdayakan oleh Blogger.