Header Ads

Kolak Nipah, Minuman Berkhasiat Untuk Kesehatan Merupakan Khas Kuliner Aceh Selatan

Terinspirasi dari pekerjaan orangtua sehari-hari yang mengupas daun nipah muda untuk rokok pucuk dan menu sonack (kolak) dari buah Nipah untuk sajian buka puasa. Akhirnya, Rustam Efendi (32), mencoba racik juice dan kolak berbahan buah nipah sebagai minuman dan makanan khas Aceh Selatan.

Kuliner Aceh - Keuletan dan kepiawaian warga Pasie Lembang, Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan ini ternyata membawa keberuntungan. Saban hari cafe ala manda tempat ia mengais rezeki disesaki pengunjung. Mulai masyarakat biasa, pejabat, hartawan hingga wisatawan mancanegara menyukai minuman favorit yang satu-satunya terdapat di kabupaten ini.

“Sejak pertengahan tahun 2014 mulai saya produksikan juice dan kolak nipah. Setiap orang yang pernah menikmati minuman dan makanan ini, pasti berminat mencoba lagi, baik warga Aceh Selatan maupun luar Aceh dan luar negeri,” kata Rustam Efendi, Kamis (27/4/2016).

Kepadatan yang memuncak, ulasnya terjadi pada sore dan hari libur. Satu gelas juice nipah dibandrol Rp 8.000, sedangkan kolak nipah seharga Rp 10.000 per mangkok. Ada khasiat tersendiri dibalik kesegaran dan kenikmatan minuman dan makanan ini, yakni faedah kesehatan bagi tubuh. Barangkali faktor inilah membuat konsumen rela antrian, akunya.

Menurut generasi pendahulu dan ahli pengobatan tradisional, isi buah nipah memiliki khasiat dan kaya protein, diantaranya terang Rustam Efendi, bisa menambah hormon, anti kanker, mengatasi penyakit hati, pengakit gondok, penawar racun, mengurangi panas dalam, tenggorokan dan pengumpalan darah.

“Manfaat yang sangat potensial, buah nipah mengandung anti oksida yang berfungsi untuk mencegah dan memperlambat pertumbuhan penyakit didalam tumbuh. Selain untuk menangkal dahaga, juice nipah digandrungi penikmat untuk kesehatan tubuh, baik lelaki maupun perempuan,” ucap pemilik cafe sembari melayani pengunjung.

Salah seorang pengunjung, Suhaimi (45) yang diwawancarai media ini mengakui pihaknya sering datang ke Pasie Lembang bukan sekedar menikamati keindahan alam tetapi khusus mengkosumsi juice atau kolak nipah. Bukan hanya kita, orang lain juga kecantol dengan sajian menu isi buah nipah.

“Saya sudah menjadi langganan rutin di sini. Paling tidak seminggu sekali pasti datang untuk menikmati kesegaran dan enaknya juice dan kolak nipah. Soalnya, ditempat lain tidak ada persediaan ciri khas ini. Pokoknya juice dan kolak nipah menjadi menu favorit dan oke punya barang,” tandas Suhaimi sambil tersipu.

Penulis: Alfahd radi Fahlefi
Diberdayakan oleh Blogger.